TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Kejadian 44:1-17

Konteks
Piala Yusuf hilang dan didapati
44:1 Sesudah itu diperintahkannyalah kepada kepala rumahnya: p  "Isilah karung orang-orang itu dengan gandum, seberapa yang dapat dibawa mereka, dan letakkanlah uang masing-masing di dalam mulut karungnya. q  44:2 Dan pialaku, r  piala perak itu, s  taruhlah di dalam mulut karung anak yang bungsu serta uang pembayar gandumnya juga." Maka diperbuatnyalah seperti yang dikatakan Yusuf. 44:3 Ketika paginya hari terang tanah, orang melepas mereka beserta keledai t  mereka. 44:4 Tetapi baru saja mereka keluar dari kota itu, belum lagi jauh jaraknya, berkatalah Yusuf kepada kepala rumahnya: u  "Bersiaplah, kejarlah orang-orang itu, dan apabila engkau sampai kepada mereka, katakanlah kepada mereka: Mengapa kamu membalas yang baik dengan yang jahat? v  44:5 Bukankah ini piala w  yang dipakai tuanku untuk minum dan yang biasa dipakainya untuk menelaah 1 ? x  Kamu berbuat jahat dengan melakukan yang demikian." 44:6 Ketika sampai kepada mereka, diberitakannyalah kepada mereka perkataan Yusuf itu. 44:7 Jawab mereka kepadanya: "Mengapa tuanku mengatakan perkataan yang demikian? Jauhlah dari pada hamba-hambamu ini y  untuk berbuat begitu! z  44:8 Bukankah uang a  yang kami dapati di dalam mulut karung b  kami telah kami bawa kembali kepadamu dari tanah Kanaan? c  Masakan kami mencuri d  emas atau perak dari rumah tuanmu? 44:9 Pada siapa dari hamba-hambamu e  ini kedapatan piala itu, biarlah ia mati, f  juga kami ini akan menjadi budak tuanku. g " 44:10 Sesudah itu berkatalah ia: "Ya, usulmu itu baik; tetapi pada siapa kedapatan piala itu, h  hanya dialah yang akan menjadi budakku i  dan kamu yang lain itu akan bebas dari salah. j " 44:11 Lalu segeralah mereka masing-masing menurunkan karungnya ke tanah dan masing-masing membuka karungnya. 44:12 Dan kepala rumah itu k  memeriksanya l  dengan teliti; ia mulai dengan yang sulung sampai kepada yang bungsu; m  maka kedapatanlah piala itu dalam karung Benyamin. n  44:13 Lalu mereka mengoyakkan jubahnya 2  o  dan masing-masing memuati keledainya, p  dan mereka kembali ke kota. 44:14 Ketika Yehuda q  dan saudara-saudaranya sampai ke dalam rumah Yusuf, Yusuf masih ada di situ, r  sujudlah mereka sampai ke tanah di depannya. s  44:15 Berkatalah Yusuf kepada mereka: "Perbuatan apakah yang kamu lakukan ini? t  Tidakkah kamu tahu, bahwa seorang yang seperti aku ini pasti dapat menelaah 3 ? u " 44:16 Sesudah itu berkatalah Yehuda: v  "Apakah yang akan kami katakan kepada tuanku, w  apakah yang akan kami jawab, dan dengan apakah kami akan membenarkan diri x  kami? Allah telah memperlihatkan kesalahan hamba-hambamu ini. y  Maka kami ini, budak tuankulah z  kami, baik kami maupun orang pada siapa kedapatan piala itu. a " 44:17 Tetapi jawabnya: "Jauhlah dari padaku untuk berbuat demikian! b  Pada siapa kedapatan piala itu, dialah yang akan menjadi budakku, c  tetapi kamu ini, pergilah kembali dengan selamat d  kepada ayahmu."
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[44:5]  1 Full Life : DIPAKAINYA UNTUK MENELAAH

Nas : Kej 44:5

(versi Inggris NIV -- dipakai untuk meramal). Pastilah Yusuf tidak mempraktikkan ramalan karena dilarang oleh Allah. Ada dua penjelasan yang mungkin bagi penyebutannya di sini.

  1. 1) Istilah Ibrani untuk "meramal" juga dapat diterjemahkan "pasti memperhatikan." Jadi ayat ini bisa berarti bahwa Yusuf pasti akan memperhatikan bahwa cawan itu telah hilang.
  2. 2) Juga bisa berarti bahwa Yusuf sekedar menyesuaikan diri dengan citra seorang pemimpin di Mesir yang kira-kira dibayangkan oleh kakak-kakaknya (bd. ayat Kej 44:15).

[44:13]  2 Full Life : MENGOYAKKAN JUBAHNYA.

Nas : Kej 44:13

Mengoyakkan jubah menjadi tanda kesedihan dan kesusahan yang besar. Saudara-saudara itu dapat jalan terus tanpa Benyamin, tetapi ketetapan mereka untuk kembali dan menghadapi akibat apa pun bersamanya menunjukkan bahwa sifat mereka betul-betul telah berubah dan bahwa mereka sungguh-sungguh memperhatikan saudara dan ayah mereka (bd. ayat Kej 44:18-34).

[44:15]  3 Full Life : PASTI DAPAT MENELAAH.

Nas : Kej 44:15

Lihat cat. --> Kej 44:5.

[atau ref. Kej 44:5]



TIP #11: Klik ikon untuk membuka halaman ramah cetak. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA