TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Hosea 13:1-15

Konteks
Murka TUHAN akan menimpa Efraim
13:1 Apabila Efraim berbicara, gemetarlah n  orang; ia diangkat-angkat o  di Israel, tetapi ia bersalah dengan menyembah p  Baal, sehingga matilah ia. 13:2 Sekarangpun mereka terus berdosa 1 , dan membuat q  baginya patung tuangan dari perak r  dan berhala-berhala sesuai dengan kecakapan mereka; semuanya itu buatan tukang-tukang. s  Persembahkanlah korban kepadanya!, kata mereka. Baiklah manusia mencium t  anak-anak lembu! u  13:3 Sebab itu mereka akan seperti kabut pagi atau seperti embun yang hilang v  pagi-pagi benar, seperti debu jerami w  yang diterbangkan badai dari tempat pengirikan x  atau seperti asap y  dari tingkap. 13:4 Tetapi Aku adalah TUHAN, Allahmu sejak di tanah Mesir; z  engkau tidak mengenal a  allah kecuali Aku, b  dan tidak ada juruselamat c  selain dari Aku. 13:5 Akulah yang mengenal engkau di padang gurun, d  di tanah yang gersang. 13:6 Ketika mereka makan rumput, maka mereka kenyang 2 ; setelah mereka kenyang, maka hati mereka meninggi; e  itulah sebabnya mereka melupakan f  Aku. g  13:7 Maka Aku menjadi seperti singa h  bagi mereka, seperti macan tutul Aku mengintip-intip di pinggir jalan. 13:8 Aku mau mendatangi mereka seperti beruang yang kehilangan anak, i  Aku mau mengoyakkan dada mereka. Di sana Aku memakan mereka seperti singa; j  binatang liar di padang akan merobek k  mereka. 13:9 Aku membinasakan engkau, hai Israel, l  siapakah yang dapat menolong m  engkau? 13:10 Di mana gerangan rajamu, n  supaya diselamatkannya engkau, dan semua pemukamu, supaya diberinya engkau keadilan, hai, engkau yang berkata: "Berilah kepadaku seorang raja dan pemuka-pemuka! o " 13:11 Aku memberikan engkau seorang raja p  dalam murka-Ku dan mengambilnya q  dalam gemas-Ku. 13:12 Kesalahan Efraim dibungkus, dosanya disimpan. r  13:13 Sakit beranak s  mendahului kelahirannya, tetapi ia adalah seorang anak yang tidak bijaksana; sebab tidak pada waktunya ia bergerak, bila waktunya t  tiba, ia tidak mau keluar dari kandungan u  ibu. 13:14 Akan Kubebaskankah mereka dari kuasa dunia orang mati, v  akan Kutebuskah mereka dari pada maut 3 ? w  Di manakah penyakit samparmu, hai maut, di manakah tenaga pembinasamu, x  hai dunia orang mati? Mata-Ku tertutup bagi belas kasihan. 13:15 Sekalipun ia tumbuh subur y  di antara rumput-rumput, maka angin timur, z  angin TUHAN, akan datang, bertiup dari padang gurun, mengeringkan a  sumber-sumbernya dan merusakkan mata-mata airnya; dirampasnya b  harta benda, segala barang yang indah-indah.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[13:2]  1 Full Life : MEREKA TERUS BERDOSA.

Nas : Hos 13:2

Orang Israel menderita kematian rohani ketika mereka berpaling kepada penyembahan Baal; karena itu mereka makin terlibat di dalam dosa dan penyembahan berhala. Mencium patung anak lembu itu menggambarkan penyembahan palsu kepada Tuhan yang telah mereka campurkan dengan penyembahan berhala. Gambaran tentang embun, debu jerami dan asap (ayat Hos 13:3) menekankan bahwa hukuman Allah akan segera tiba dan umat itu akan musnah. Mereka yang memutarbalikkan ibadah kepada Tuhan dengan bersumpah setia pada cara-cara dunia menjadikan ibadah mereka tidak berguna, dan mereka tidak dapat mengharapkan Allah membantu mereka.

[13:6]  2 Full Life : MEREKA KENYANG.

Nas : Hos 13:6

Allah telah memberkati negeri itu, dan umat telah mengalami kemakmuran. Karena keberhasilan dan kekayaan mereka, mereka telah menjadi puas dan dapat berdiri sendiri, serta berpikir bahwa mereka tidak memerlukan Allah dan firman-Nya. Demikian pula, apabila kita mengalami berkat berlimpah-limpah, kita sering tergoda untuk merasa bahwa kita tidak perlu mencari Allah dan pertolongan-Nya; hati dan pikiran kita cenderung berpaling pada hal-hal duniawi (bd. Ul 6:10-15; 8:11-20). Tuhan akan menghukum kita sebagaimana Dia menghukum orang Israel jikalau kita melupakan Dia dalam kesombongan kita.

[13:14]  3 Full Life : AKAN KUTEBUSKAH MEREKA DARI PADA MAUT?

Nas : Hos 13:14

Janji Allah untuk menebus bangsa itu dari maut berarti bahwa kaum sisa akan selamat

(lihat cat. --> Hos 11:5).

[atau ref. Hos 11:5]

Maksud Allah tidak berubah. Ia masih Penebus dari maut, kubur dan neraka, dan Ia siap melepaskan sekarang. Puncak penebusan akan terjadi pada hari kebangkitan. Kematian dan kuburan merupakan penguasa yang kejam, tetapi keduanya tidak bisa menggagalkan maksud Allah bagi umat-Nya. PB menunjuk kepada kebangkitan Kristus sebagai jaminan kemenangan Allah (1Kor 15:54-55;

lihat art. KEBANGKITAN TUBUH).



TIP #29: Klik ikon untuk merubah popup menjadi mode sticky, untuk merubah mode sticky menjadi mode popup kembali. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA