TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Hakim-hakim 6:1-6

Konteks
Gideon diangkat menjadi hakim
6:1 Tetapi orang Israel melakukan apa yang jahat 1  di mata TUHAN; a  sebab itu TUHAN menyerahkan mereka ke dalam tangan orang Midian, b  tujuh tahun lamanya, 6:2 dan selama itu orang Midian berkuasa atas orang Israel. Karena takutnya c  kepada orang Midian itu, maka orang Israel membuat tempat-tempat perlindungan di pegunungan, yakni gua-gua d  dan kubu-kubu. e  6:3 Setiap kali orang Israel selesai menabur, datanglah orang Midian, orang Amalek f  dan orang-orang g  dari sebelah timur, lalu maju mendatangi mereka; 6:4 berkemahlah orang-orang itu di daerah mereka, dan memusnahkan hasil tanah h  itu sampai ke dekat Gaza, i  dan tidak meninggalkan bahan makanan apapun di Israel, juga domba, atau lembu atau keledaipun tidak. 6:5 Sebab orang-orang itu datang maju dengan ternaknya dan kemahnya, dan datangnya itu berbanyak-banyak seperti belalang. j  Orang-orangnya dan unta-untanya k  tidak terhitung banyaknya, sekaliannya datang ke negeri itu untuk memusnahkannya, 6:6 sehingga orang Israel menjadi sangat melarat oleh perbuatan orang Midian itu. Lalu berserulah l  orang Israel kepada TUHAN 2 .
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[6:1]  1 Full Life : ORANG ISRAEL MELAKUKAN APA YANG JAHAT.

Nas : Hak 6:1

Sekali lagi umat Allah berbalik kepada agama sinkretik yang selaras dengan cara-cara orang Kanaan. Akibatnya, selama tujuh tahun Allah membiarkan suku Midian, yang dibantu oleh suku Amalek dan suku-suku lain dari daerah timur, untuk menyerbu dan menindas Israel (Hak 6:3). Mereka terpaksa bersembunyi di dalam gua dan menyembunyikan hasil panen mereka (ayat Hak 6:2-5); mereka baru berseru kepada Allah ketika situasi sudah tidak dapat ditahan lagi (ayat Hak 6:6).

[6:6]  2 Full Life : BERSERULAH ... KEPADA TUHAN.

Nas : Hak 6:6

Sebagai upaya terakhir, Israel berseru kepada Allah, dan itu pun hanya karena mereka tertindas.

  1. 1) Inti persoalan orang Israel ialah bahwa iman mereka kepada Allah tidak berlandaskan kasih dan rasa syukur kepada-Nya, tetapi pada keinginan dan ambisi yang mementingkan diri sendiri; mereka hanya mencari Allah pada masa-masa krisis apabila mereka memerlukan Dia.
  2. 2) Orang percaya PB juga harus memeriksa jenis imannya. Selaku orang percaya, apakah kita mengikut Tuhan karena kita sungguh-sungguh mengasihi Dia dan menghargai Dia sebagaimana adanya serta apa yang telah dilakukan oleh-Nya? Ataukah kita melayani Dia hanya karena apa yang dapat kita terima dari-Nya? Jikalau iman dan pengabdian kita kepada Allah itu sejati, kita akan tetap mengikut Tuhan sekalipun itu berarti kesulitan, penderitaan, penganiayaan, dan kerugian

    (lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).



TIP #34: Tip apa yang ingin Anda lihat di sini? Beritahu kami dengan klik "Laporan Masalah/Saran" di bagian bawah halaman. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA