TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Hakim-hakim 2:1-6

Konteks
Malaikat TUHAN di Bokhim
2:1 Lalu Malaikat TUHAN 1  pergi o  dari Gilgal p  ke Bokhim q  dan berfirman: "Telah Kutuntun kamu keluar dari Mesir r  dan Kubawa ke negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyangmu, s  dan Aku telah berfirman: Aku tidak akan membatalkan perjanjian-Ku dengan kamu t  untuk selama-lamanya, 2:2 tetapi janganlah kamu mengikat perjanjian dengan penduduk 2  negeri u  ini; mezbah v  mereka haruslah kamu robohkan. Tetapi kamu tidak mendengarkan w  firman-Ku. Mengapa kamu perbuat demikian? 2:3 Lagi Aku telah berfirman: Aku tidak akan menghalau orang-orang itu 3  dari depanmu, x  tetapi mereka akan menjadi musuhmu y  dan segala allah mereka akan menjadi jerat z  bagimu." 2:4 Setelah Malaikat TUHAN mengucapkan firman itu kepada seluruh Israel, menangislah bangsa itu dengan keras. a  2:5 Maka tempat itu dinamai Bokhim. b  Lalu mereka mempersembahkan korban di sana kepada TUHAN.
Orang Israel menyembah berhala pada zaman hakim-hakim
2:6 Setelah Yosua melepas bangsa itu pergi, maka pergilah orang Israel itu, masing-masing ke milik pusakanya, untuk memiliki negeri itu.

Hakim-hakim 3:1-6

Konteks
Bangsa-bangsa asli yang dibiarkan tinggal di Kanaan
3:1 Inilah bangsa-bangsa yang dibiarkan TUHAN tinggal untuk mencobai q  orang Israel itu dengan perantaraan mereka, yakni semua orang Israel yang tidak mengenal perang Kanaan. 3:2 --Maksudnya hanyalah, supaya keturunan-keturunan orang Israel yang tidak mengenal perang yang sudah-sudah, dilatih berperang oleh TUHAN. 3:3 Yang tinggal ialah kelima r  raja kota orang Filistin s  dan semua orang Kanaan, orang Sidon dan orang Hewi, t  yang mendiami pegunungan Libanon, dari gunung Baal-Hermon u  sampai ke jalan yang menuju ke Hamat. v  3:4 Mereka itu ada di sana, supaya Ia mencobai w  orang Israel dengan perantaraan mereka untuk mengetahui, apakah mereka mendengarkan perintah yang diberikan TUHAN kepada nenek moyang mereka dengan perantaraan Musa. 3:5 Demikianlah orang Israel itu diam x  di tengah-tengah orang Kanaan, orang Het, orang Amori, orang Feris, y  orang Hewi dan orang Yebus. z  3:6 Mereka mengambil anak-anak perempuan, a  orang-orang itu 4  menjadi isteri mereka dan memberikan anak-anak perempuan mereka kepada anak-anak lelaki orang-orang itu, serta beribadah kepada allah b  c  orang-orang itu.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[2:1]  1 Full Life : MALAIKAT TUHAN.

Nas : Hak 2:1

Malaikat Tuhan menegur Israel atas kegagalan mereka untuk mengusir orang Kanaan

(lihat cat. --> Kel 3:2;

[atau ref. Kel 3:2]

lihat art. PARA MALAIKAT DAN MALAIKAT TUHAN).

[2:2]  2 Full Life : JANGANLAH KAMU MENGIKAT PERJANJIAN DENGAN PENDUDUK.

Nas : Hak 2:2

Ketidaksediaan Allah untuk membantu orang Israel menghalau musuh itu sama sekali, sebagian besar disebabkan oleh kegagalan mereka untuk menjadi umat yang terpisah dan kudus yang membenci cara hidup jahat masyarakat kafir di sekeliling mereka (bd. Ul 7:2,5,16; 12:3; 30:16)

[2:3]  3 Full Life : AKU TIDAK AKAN MENGHALAU ORANG-ORANG ITU.

Nas : Hak 2:3

Kegagalan kita untuk sungguh-sungguh mencari Allah dan mengikuti jalan-jalan-Nya yang benar akan menyebabkan Dia menarik pertolongan, kuasa, dan perlindungan-Nya dari kehidupan kita.

[3:6]  4 Full Life : MENGAMBIL ANAK-ANAK PEREMPUAN ORANG-ORANG ITU.

Nas : Hak 3:6

Perpaduan Israel dengan kebudayaan Kanaan melalui nikah campur nyaris menghancurkan identitas mereka sebagai umat Allah yang khusus. Pernikahan dengan bangsa kafir sudah dilarang oleh perjanjian Israel dengan Tuhan (Kel 34:15-16; Ul 7:3-4; Yos 23:12-13). Kitab Hakim-Hakim mempertunjukkan dampak yang merusak dari kompromi Israel.



TIP #30: Klik ikon pada popup untuk memperkecil ukuran huruf, ikon pada popup untuk memperbesar ukuran huruf. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA