TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Zakaria 10:2-3

Konteks
10:2 Sebab apa yang dikatakan oleh terafim t  adalah jahat, dan yang dilihat oleh juru-juru tenung u  adalah dusta 1 , dan mimpi-mimpi v  yang disebutkan mereka adalah hampa, serta hiburan yang diberikan mereka adalah kesia-siaan. w  Oleh sebab itu bangsa itu berkeliaran seperti kawanan domba dan menderita sengsara sebab tidak ada gembala. x 
Pembebasan Israel dari kuasa-kuasa asing
10:3 "Terhadap para gembala akan bangkit murka-Ku dan terhadap kepala-kepala y  kawanan kambing Aku akan mengadakan pembalasan, sebab TUHAN semesta alam memperhatikan kawanan ternak-Nya, yakni kaum Yehuda, dan membuat mereka sebagai kuda keagungan-Nya dalam pertempuran. z 

Zakaria 11:3-17

Konteks
11:3 Dengar, para gembala meratap! Sebab kemegahan mereka sudah dirusakkan. Dengar, singa-singa c  mengaum! Sebab sudah dirusakkan d  kebanggaan sungai Yordan.
Dua macam gembala
11:4 Beginilah firman TUHAN Allahku kepadaku: "Gembalakanlah domba-domba 2  sembelihan 3  e  itu! 11:5 Orang-orang yang membelinya menyembelihnya dengan tidak merasa bersalah dan orang-orang yang menjualnya berkata: Terpujilah TUHAN! Aku telah menjadi kaya! Dan orang-orang yang menggembalakannya tidak mengasihaninya. f  11:6 Sebab Aku tidak lagi akan mengasihani penduduk bumi, demikianlah firman TUHAN, melainkan sesungguhnya, Aku akan menyerahkan manusia masing-masing ke dalam tangan gembalanya g  dan ke dalam tangan rajanya; mereka ini akan menghancurkan bumi dan Aku tidak akan melepaskan seorangpun dari tangan h  mereka." 11:7 Maka aku menggembalakan domba-domba sembelihan i  itu untuk pedagang-pedagang domba. Aku mengambil dua tongkat 4 : yang satu kusebutkan "Kemurahan" dan yang lain kusebutkan "Ikatan"; lalu aku menggembalakan domba-domba itu. 11:8 Dalam satu bulan aku melenyapkan ketiga gembala itu. Kemudian aku tidak dapat menahan hati lagi terhadap domba-domba itu, dan merekapun merasa muak j  terhadap aku. 11:9 Lalu aku berkata: "Aku tidak mau lagi menggembalakan kamu 5 ; yang hendak mati, biarlah mati; yang hendak lenyap, biarlah lenyap, k  dan yang masih tinggal itu, biarlah masing-masing memakan l  daging temannya!" 11:10 Aku mengambil tongkatku "Kemurahan m ", lalu mematahkannya untuk membatalkan n  perjanjian 6  yang telah kuikat dengan segala bangsa. 11:11 Jadi dibatalkanlah perjanjian pada hari itu, maka tahulah pedagang-pedagang domba yang sedang mengamat-amati aku, bahwa itu adalah firman TUHAN. 11:12 Lalu aku berkata kepada mereka: "Jika itu kamu anggap baik, berikanlah upahku, dan jika tidak, biarkanlah!" Maka mereka membayar upahku dengan menimbang tiga puluh uang perak 7 . o  11:13 Tetapi berfirmanlah TUHAN kepadaku: "Serahkanlah itu kepada penuang logam!" --nilai tinggi yang ditaksir mereka bagiku. Lalu aku mengambil ketiga puluh uang perak p  itu dan menyerahkannya kepada penuang q  logam di rumah TUHAN. 11:14 Kemudian aku mematahkan tongkat yang kedua, yaitu "Ikatan", untuk meniadakan persaudaraan 8  antara Yehuda dan Israel. 11:15 Sesudah itu berfirmanlah TUHAN kepadaku: "Ambillah sekali lagi perkakas seorang gembala yang pandir 9 ! 11:16 Sebab sesungguhnya, Aku akan membangkitkan di negeri ini seorang gembala yang tidak mengindahkan yang lenyap, yang tidak mencari yang hilang, yang tidak menyembuhkan yang luka, yang tidak memelihara yang sehat, melainkan memakan daging dari yang gemuk dan mencabut kuku mereka. 11:17 Celakalah gembala-Ku r  yang pandir, yang meninggalkan domba-domba! Biarlah pedang menimpa lengannya s  dan menimpa mata kanannya! Biarlah lengannya kering sekering-keringnya, dan mata kanannya menjadi pudar t  sepudar-pudarnya!"
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[10:2]  1 Full Life : YANG DILIHAT OLEH JURU-JURU TENUNG ADALAH DUSTA.

Nas : Za 10:2

Karena umat itu tidak mempunyai gembala sejati untuk menuntun mereka di jalan yang benar, yaitu jalan percaya pada Allah, mereka berbalik dan percaya berhala, peramal dan perbuatan ilmu gaib lainnya. Para gembala sidang dan pengajar yang merusak kepercayaan kepada Alkitab dengan menyangkal pengilhaman ilahi dan infalibilitasnya secara tidak langsung mempengaruhi orang untuk berbalik kepada hal-hal itu.

[11:4]  2 Full Life : GEMBALAKANLAH DOMBA-DOMBA.

Nas : Za 11:4-17

Zakharia diarahkan untuk melambangkan Gembala yang diutus Allah untuk Israel, yaitu Mesias (ayat Za 11:4-14). Kemudian ia disuruh memerankan gembala Israel yang jahat (ayat Za 11:15-17) yang mungkin melambangkan antikristus akhir zaman.

[11:4]  3 Full Life : DOMBA-DOMBA SEMBELIHAN.

Nas : Za 11:4

Domba-domba itu adalah Israel, ditandai untuk dihukum karena mereka akan menolak Mesias; penyembelihan itu akan dilaksanakan orang Romawi pada tahun 70 M.

[11:7]  4 Full Life : DUA TONGKAT.

Nas : Za 11:7

Zakharia, yang melambangkan Mesias, memakai dua tongkat untuk menggembalakan kawanan dombanya. Kedua tongkat itu melambangkan perkenan Allah kepada Israel dan rencana-Nya untuk mempersatukan Israel dan Yehuda sebagai satu bangsa. Berkat-berkat ini akan menjadi kenyataan apabila umat itu bersedia mengikuti Mesias.

[11:9]  5 Full Life : AKU TIDAK MAU LAGI MENGGEMBALAKAN KAMU.

Nas : Za 11:9

Karena domba-domba itu membenci Gembala-Mesias, dia akan berpaling dari peranan-Nya sebagai Gembala dan menyerahkan mereka kepada kehancuran mereka.

[11:10]  6 Full Life : MEMBATALKAN PERJANJIAN.

Nas : Za 11:10

Allah telah mengikat perjanjian untuk menahan bangsa-bangsa menyerbu Israel. Zakharia dengan jelas melukiskan Allah sedang mengangkat perlindungan itu sehingga Israel dibinasakan dan diserakkan; ini terjadi pada tahun 70 M ketika pasukan Roma membinasakan Yerusalem.

[11:12]  7 Full Life : TIGA PULUH UANG PERAK.

Nas : Za 11:12

Zakharia, yang masih melambangkan Mesias, meminta para pemimpin membayarnya sesuai dengan anggapan mereka mengenai harga pelayanannya. Mereka menghina dia dengan memberikan harga seorang budak (Kel 21:32). Tiga puluh uang perak juga adalah uang yang dibayarkan kepada Yudas untuk mengkhianati Yesus (Mat 27:3-10).

[11:14]  8 Full Life : MENIADAKAN PERSAUDARAAN.

Nas : Za 11:14

Sebagian dari hukuman Allah ialah kehancuran persatuan Israel; bangsa perjanjian itu akan pecah belah menjadi kelompok-kelompok yang saling bermusuhan.

[11:15]  9 Full Life : GEMBALA YANG PANDIR.

Nas : Za 11:15-16

Zakharia kini ditugaskan untuk mengambil sekali lagi perkakas seorang gembala dan melakonkan gembala fasik yang memakai perkakas itu untuk menyakiti domba-domba dan bukan menolong mereka

(lihat cat. --> Za 11:4-17).

[atau ref. Za 11:4-17]

Penggenapan terakhir gembala yang pandir akan terjadi di dalam diri antikristus (bd. Yeh 34:2-4; Dan 11:36-39; Yoh 5:43; 2Tes 2:3-10; Wahy 13:1-8).



TIP #12: Klik ikon untuk membuka halaman teks alkitab saja. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA