TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Yosua 7:1

Konteks
Dosa dan hukuman Akhan
7:1 Tetapi orang Israel berubah setia dengan mengambil barang-barang g  yang dikhususkan itu, karena Akhan h  bin Karmi bin Zabdi bin Zerah, i  dari suku Yehuda, j  mengambil sesuatu dari barang-barang yang dikhususkan itu. Lalu bangkitlah k  murka TUHAN 1  terhadap orang Israel. l 

Yosua 7:11-13

Konteks
7:11 Orang Israel telah berbuat dosa, c  mereka melanggar perjanjian-Ku d  yang Kuperintahkan kepada mereka, mereka mengambil sesuatu dari barang-barang yang dikhususkan itu, mereka mencurinya, mereka menyembunyikannya e  dan mereka menaruhnya di antara barang-barangnya. f  7:12 Sebab itu orang Israel tidak dapat bertahan menghadapi musuhnya 2 . g  Mereka membelakangi h  i  musuhnya, sebab mereka itupun dikhususkan untuk ditumpas. j  Aku tidak akan menyertai kamu lagi k  jika barang-barang yang dikhususkan itu tidak kamu punahkan dari tengah-tengahmu. 7:13 Bangunlah, kuduskanlah bangsa itu dan katakan: Kuduskanlah dirimu l  untuk esok hari, sebab, demikianlah firman TUHAN, Allah Israel: Hai, orang Israel ada barang-barang yang dikhususkan di tengah-tengahmu; kamu tidak akan dapat bertahan menghadapi musuhmu, sebelum barang-barang yang dikhususkan itu kamu jauhkan dari tengah-tengah kamu.

Yosua 7:20-21

Konteks
7:20 Lalu Akhan menjawab Yosua, katanya: "Benar, akulah yang berbuat dosa terhadap TUHAN, Allah Israel, sebab beginilah perbuatanku: 7:21 aku melihat di antara barang-barang jarahan y  itu jubah yang indah, buatan Sinear, dan dua ratus syikal perak dan sebatang emas yang lima puluh syikal beratnya; aku mengingininya, z  maka kuambil; semuanya itu disembunyikan di dalam kemahku dalam tanah, dan perak itu di bawah sekali."

Yosua 7:25

Konteks
7:25 Berkatalah Yosua: "Seperti engkau mencelakakan c  kami, maka TUHAN pun mencelakakan engkau pada hari ini." Lalu seluruh Israel melontari d  dia dengan batu 3 , semuanya e  itu dibakar dengan api dan dilempari dengan batu.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[7:1]  1 Full Life : AKHAN ... MURKA TUHAN.

Nas : Yos 7:1-26

Dosa Akhan, dampaknya bagi Israel, dan hukuman keras atas Akhan dan keluarganya menyatakan berbagai prinsip hukuman ketika umat Allah berbuat dosa dengan terang-terangan.

  1. 1) Apabila terjadi dosa yang hebat, atau sikap membiarkan dosa yang hebat di kalangan umat Allah, maka berkat-Nya dapat berkurang, terhalang, atau hilang sama sekali. Allah tidak akan memberkati umat yang menolak untuk menyingkirkan dosa dari tengah-tengah mereka (ayat Yos 7:1,11-13,20-21,25; bd. 1Kor 5:1-13).
  2. 2) Dosa yang terang-terangan di tengah-tengah jemaat memperhadapkan anggota-anggotanya kepada pengaruh merusak dari musuh di luar (mis. Iblis dan dunia, ayat Yos 7:4-13).
  3. 3) Apabila dosa semacam itu dibiarkan dan tidak ditegur, maka pada akhirnya itu akan mendatangkan hukuman (ayat Yos 7:13). Akan tetapi, jika dosa itu disingkapkan, diakui, dan disingkirkan, maka berkat, kehadiran, dan kasih karunia Allah akan kembali (ayat Yos 7:22-26; Yos 8:1,18-19; bd. Kis 4:31-5:11).
  4. 4) Oleh karena itu, dosa di antara umat Allah harus diperhatikan dengan sungguh-sungguh. Kemurnian harus dijaga dan ketaatan harus dituntut; jikalau tidak, perkembangan rohani jemaat akan terhambat atau terhenti sama sekali (bd. Wahy 3:1-3,14-18).

[7:12]  2 Full Life : TIDAK DAPAT BERTAHAN MENGHADAPI MUSUHNYA.

Nas : Yos 7:12

Kebenaran ayat ini berlaku bukan saja untuk umat Allah secara keseluruhan, tetapi juga untuk masing-masing anggota. Dosa yang terus menerus dan tidak disesali dalam kehidupan seseorang akan memutuskan hubungannya dengan kasih karunia Allah. Orang-orang semacam itu tidak hidup di bawah pertolongan dan perlindungan Allah lagi dan tidak akan mampu bertahan menghadapi musuh-musuh jiwa mereka yang menyerang dan berusaha membinasakan mereka. Perbudakan kepada dosa dan kematian rohani akan menjadi akibatnya kecuali dosa disingkirkan (ayat Yos 7:13).

[7:25]  3 Full Life : MELONTARI DIA DENGAN BATU.

Nas : Yos 7:25

Tujuan abadi dari Akhan dan keluarganya tidak dapat ditentukan dengan mudah. PL menekankan kematian jasmani sebagai hukuman atas dosa, tetapi tidak jelas hubungannya dengan hukuman akhir yang abadi dari setiap orang.



TIP #01: Selamat Datang di Antarmuka dan Sistem Belajar Alkitab SABDA™!! [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA