TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Yesaya 44:26--45:1

Konteks
44:26 Akulah yang menguatkan perkataan r  hamba-hamba-Ku dan melaksanakan s  keputusan-keputusan yang diberitakan utusan-utusan-Ku; yang berkata tentang Yerusalem: t  Baiklah ia didiami! dan tentang kota-kota Yehuda: Baiklah ia dibangun, Aku mau mendirikan kembali u  reruntuhannya! v  44:27 Akulah yang berkata kepada tubir lautan: Jadilah kering, Aku mau mengeringkan w  sungai-sungaimu! 44:28 Akulah yang berkata tentang Koresh: x  Dia gembala-Ku; segala kehendak-Ku akan digenapinya dengan mengatakan tentang Yerusalem: y  Baiklah ia dibangun! dan tentang Bait Suci 1 : z  Baiklah diletakkan dasarnya! a "
TUHAN memakai Koresh sebagai alat-Nya
45:1 Beginilah firman TUHAN: "Inilah firman-Ku kepada orang yang Kuurapi, b  kepada Koresh 2  c  yang tangan kanannya Kupegang d  supaya Aku menundukkan bangsa-bangsa e  di depannya dan melucuti raja-raja, supaya Aku membuka pintu-pintu di depannya dan supaya pintu-pintu gerbang tidak tinggal tertutup:

Yesaya 45:13

Konteks
45:13 Akulah yang menggerakkan Koresh m  untuk maksud penyelamatan, dan Aku akan meratakan n  segala jalannya; dialah yang akan membangun kota-Ku o  dan yang akan melepaskan orang-orang-Ku yang ada dalam pembuangan, tanpa bayaran dan tanpa suap, p " firman TUHAN semesta alam.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[44:28]  1 Full Life : KORESY ... BAIT SUCI.

Nas : Yes 44:28

Yesaya menyebut Koresy dengan nama sebagai tokoh yang akan memulai kelepasan orang Yahudi dari penawanan (ayat Yes 44:28). Nubuat ini disampaikan 150 tahun sebelum penggenapannya; pada tahun 538 SM, Koresy mengeluarkan ketetapan yang mengizinkan orang Yahudi kembali ke Yerusalem dan membangun kembali kota dan bait suci mereka (Ezr 1:1-2). Allah mengatur peristiwa kelahiran dan kehidupan Koresy demikian rupa sehingga rencana dan maksud Allah sendiri tergenapi dengan tepat menurut perjanjian-Nya

(lihat cat. --> Yes 41:2).

[atau ref. Yes 41:2]

[45:1]  2 Full Life : KUURAPI ... KORESY.

Nas : Yes 45:1

Sekalipun bukan seorang penyembah Allah (ayat Yes 45:4-5), Koresy disebut "yang diurapi", gelar sama yang kemudian diberikan Allah kepada Anak-Nya (Mesias, atau Kristus). Koresy (550-530 SM) diurapi dalam arti bahwa ia dipakai Allah untuk melaksanakan tugas penting membebaskan Israel dari perhambaan supaya Allah dapat menyelesaikan rencana-Nya memakai Israel untuk mengadakan keselamatan bagi umat manusia. Koresy mendirikan kerajaan Persia yang bertahan selama dua abad. Ia merebut Babel pada tahun 539 SM dan kemudian membiarkan orang Yahudi kembali ke negeri mereka (lih. pasal Ezr 1:11).



TIP #07: Klik ikon untuk mendengarkan pasal yang sedang Anda tampilkan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA