Yesaya 40:9
Konteks40:9 Hai Sion, pembawa kabar t baik, naiklah ke atas gunung yang tinggi! Hai Yerusalem, u pembawa kabar baik, nyaringkanlah suaramu kuat-kuat, nyaringkanlah suaramu, jangan takut! Katakanlah kepada kota-kota Yehuda: "Lihat, itu Allahmu! v "
Yesaya 41:27
Konteks41:27 Sebagai yang pertama Aku memberitahukannya g kepada Sion, dan Aku memberikan orang yang membawa kabar baik h kepada Yerusalem.
Yesaya 52:7
Konteks52:7 Betapa indahnya kelihatan dari puncak bukit-bukit s kedatangan pembawa berita 1 , t yang mengabarkan berita damai u dan memberitakan kabar baik, yang mengabarkan berita selamat dan berkata kepada Sion: "Allahmu itu Raja! v "
Yesaya 60:6
Konteks60:6 Sejumlah besar unta y akan menutupi daerahmu, unta-unta muda dari Midian z dan Efa. a Mereka semua akan datang dari Syeba, b akan membawa emas dan kemenyan, c serta memberitakan perbuatan masyhur d TUHAN.
Yesaya 61:1
Konteks[52:7] 1 Full Life : BETAPA INDAHNYA ... KEDATANGAN PEMBAWA BERITA.
Nas : Yes 52:7
Ayat ini pertama-tama mengacu kepada orang yang memberitakan pembebasan orang tawanan di Babel; ayat ini juga melambangkan pemberitaan keselamatan melalui Mesias yang akan datang (lih. Rom 10:15; Ef 6:15). Fokus berita yang disampaikan ialah, "Allahmu itu Raja!", yaitu: kerajaan Allah telah datang ke bumi (bd. Mr 1:14-15;
lihat art. KERAJAAN ALLAH).
[61:1] 2 Full Life : ROH TUHAN ALLAH ADA PADA-KU.
Nas : Yes 61:1-3
Gambaran Mesias dan pengurapan-Nya ini berhubungan dengan tugas atau pelayanan-Nya
(lihat cat. --> Yes 11:2-3
[atau ref. Yes 11:2-3]
di mana Yesaya melukiskan sifat dan keunggulan rohani-Nya dengan lebih langsung). Ketika Yesus memulai pelayanan-Nya, Ia mengutip ayat-ayat ini dan menerapkannya pada diri-Nya sendiri (Luk 4:18-19). Untuk menunaikan pelayanan-Nya, Yesus diurapi oleh Roh Kudus (bd. Yes 11:2; 42:1). Pelayanan-Nya yang terurapi mencakup
- (1) pemberitaan Injil kepada orang miskin, rendah hati, dan tersiksa;
- (2) menyembuhkan dan merawat mereka yang secara rohani dan jasmaniah sakit dan hancur hati;
- (3) membuka belenggu-belenggu kejahatan dan memberitakan pembebasan dari dosa dan penguasaan Iblis; dan
- (4) membuka mata rohani orang terhilang sehingga mereka dapat melihat terang Injil dan selamat. Tujuan empat ganda ini menandai seluruh pelayanan Yesus Kristus, dan akan terus digenapi oleh gereja selama berada di bumi.
[61:1] 3 Full Life : ROH TUHAN ALLAH ADA PADA-KU.
Nas : Yes 61:1
Ada sekilas petunjuk tentang ajaran Trinitas di dalam ayat ini: Tuhan Allah, Roh, dan Aku (yaitu Yesus;
lihat cat. --> Mr 1:11).
[atau ref. Mr 1:11]