TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Yesaya 2:6-22

Konteks
Hukuman TUHAN terhadap semua orang yang meninggikan diri
2:6 Sungguh, telah Kaubuang w  umat-Mu 1 , yakni kaum keturunan Yakub, x  sebab di mana-mana mereka melakukan tenung seperti yang di Timur dan sihir y  seperti orang Filistin, z  dan orang-orang asing a  di antara mereka terlalu banyak. b  2:7 Negerinya penuh emas c  dan perak dan tak terbatas harta bendanya; d  negerinya penuh kuda e  dan tak terbatas jumlah keretanya. f  2:8 Negerinya penuh berhala-berhala; g  mereka sujud menyembah h  kepada buatan tangannya i  sendiri dan kepada yang dikerjakan oleh tangannya. j  2:9 Maka manusia ditundukkan k  dan orang direndahkan l --janganlah ampuni mereka! m  2:10 Masuklah di sela gunung batu dan bersembunyilah n  di dalam liang tanah terhadap kedahsyatan TUHAN dan terhadap semarak kemegahan-Nya! o  2:11 Manusia yang sombong p  akan direndahkan, q  dan orang yang angkuh r  akan ditundukkan 2 ; s  dan hanya TUHAN sajalah yang maha tinggi t  pada hari u  itu. 2:12 Sebab TUHAN semesta alam menetapkan suatu hari 3  v  untuk menghukum semua yang congkak w  dan angkuh x  serta menghukum semua yang meninggikan diri, y  supaya direndahkan; z  2:13 untuk menghukum semua pohon aras di Libanon a  yang tumbuh meninggi dan tetap menjulang, b  dan menghukum semua pohon tarbantin di Basan; c  2:14 untuk menghukum semua gunung yang tinggi-tinggi dan semua bukit d  yang menjulang ke atas; 2:15 untuk menghukum semua menara e  yang tinggi-tinggi dan semua tembok f  yang berkubu; 2:16 untuk menghukum semua kapal g  Tarsis dan semua kapal yang paling indah. 2:17 Manusia yang sombong akan ditundukkan h  dan orang yang angkuh akan direndahkan; i  hanya TUHAN sajalah yang maha tinggi pada hari j  itu. 2:18 Sedang berhala-berhala k  akan hilang l  sama sekali. 2:19 Maka orang akan masuk ke dalam gua-gua m  di gunung batu dan ke dalam liang-liang di tanah n  terhadap kedahsyatan o  TUHAN dan terhadap semarak kemegahan-Nya, p  pada waktu Ia bangkit menakut-nakuti bumi. q  2:20 Pada hari itu r  berhala-berhala perak dan berhala-berhala emas s  yang dibuat manusia untuk sujud menyembah t  kepadanya akan dilemparkannya kepada tikus dan kelelawar, u  2:21 dan ia akan masuk ke dalam lekuk-lekuk di gunung batu v  dan ke dalam celah-celah di bukit batu terhadap kedahsyatan TUHAN dan terhadap semarak kemegahan-Nya, w  pada waktu Ia bangkit x  menakut-nakuti bumi. y  2:22 Jangan berharap pada manusia, z  sebab ia tidak lebih dari pada embusan nafas, a  dan sebagai apakah ia b  dapat dianggap?
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[2:6]  1 Full Life : TELAH KAUBUANG UMAT-MU.

Nas : Yes 2:6-9

Ayat-ayat ini melukiskan kemurtadan dan keduniawian bangsa Yehuda. Mereka telah menolak Allah, menerima berhala dan ilmu gaib, senang dengan cara-cara fasik orang kafir, dan mencari keamanan di dalam uang, persekutuan dengan orang asing, dan kekuatan militer. Jadi, Yesaya berdoa agar mereka jangan diampuni sampai Allah sudah bertindak terhadap mereka dengan amat keras sehingga mereka sungguh-sungguh bertobat (ayat Yes 2:17-21). Ia tahu bahwa pengampunan dangkal dari ritual keagamaan hanya akan membuat keadaan makin parah. Pertobatan sejati harus mendahului pengampunan (Yes 1:16-20).

[2:11]  2 Full Life : ORANG YANG ANGKUH AKAN DITUNDUKKAN.

Nas : Yes 2:11

Salah satu akibat serius dari kesombongan manusia ialah kepercayaan bahwa terlepas dari Allah, kita dapat memutuskan untuk diri sendiri, bagaimana kita harus hidup dan menentukan mana yang benar dan mana yang salah. Pada hari penghakiman, Allah akan sangat merendahkan sikap congkak ini.

[2:12]  3 Full Life : MENETAPKAN SUATU HARI.

Nas : Yes 2:12

Menurut Yesaya, suatu masa penghukuman akan datang. Penggenapan segera nubuatnya berupa penghancuran negeri Israel oleh Allah melalui pasukan Asyur dan Babel selaku pelaksana murka-Nya (Yes 39:6). Dalam perspektif nubuat yang lebih luas, "hari Tuhan" mengacu kepada waktu ketika Allah akan mengalahkan seluruh kejahatan di muka bumi (bd. Yoel 2:31;

lihat cat. --> 1Tes 5:2;

lihat cat. --> Wahy 4:1 dst. catatan-catatan s/d 19:21;

lihat cat. --> Wahy 19:21;

[atau ref. 1Tes 5:2; Wahy 4:1-19:21]

lihat art. KESENGSARAAN BESAR).



TIP #29: Klik ikon untuk merubah popup menjadi mode sticky, untuk merubah mode sticky menjadi mode popup kembali. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA