TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Yesaya 2:2-21

Konteks
2:2 Akan terjadi pada hari-hari g  yang terakhir 1 : gunung h  tempat rumah TUHAN akan berdiri tegak 2  di hulu gunung-gunung i  dan menjulang tinggi j  di atas bukit-bukit; segala bangsa akan berduyun-duyun ke sana, k  2:3 dan banyak suku bangsa l  akan pergi serta berkata: "Mari, kita naik m  ke gunung n  TUHAN, ke rumah Allah Yakub, supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya 3 , dan supaya kita berjalan menempuhnya; sebab dari Sion akan keluar pengajaran o  dan firman TUHAN dari Yerusalem. p " 2:4 Ia akan menjadi hakim q  antara bangsa-bangsa dan akan menjadi wasit r  bagi banyak suku bangsa; maka mereka akan menempa pedang-pedangnya menjadi mata bajak dan tombak-tombaknya menjadi pisau pemangkas; s  bangsa tidak akan lagi mengangkat pedang terhadap bangsa, t  dan mereka tidak akan lagi belajar perang. 2:5 Hai kaum keturunan Yakub, u  mari kita berjalan di dalam terang v  TUHAN!
Hukuman TUHAN terhadap semua orang yang meninggikan diri
2:6 Sungguh, telah Kaubuang w  umat-Mu 4 , yakni kaum keturunan Yakub, x  sebab di mana-mana mereka melakukan tenung seperti yang di Timur dan sihir y  seperti orang Filistin, z  dan orang-orang asing a  di antara mereka terlalu banyak. b  2:7 Negerinya penuh emas c  dan perak dan tak terbatas harta bendanya; d  negerinya penuh kuda e  dan tak terbatas jumlah keretanya. f  2:8 Negerinya penuh berhala-berhala; g  mereka sujud menyembah h  kepada buatan tangannya i  sendiri dan kepada yang dikerjakan oleh tangannya. j  2:9 Maka manusia ditundukkan k  dan orang direndahkan l --janganlah ampuni mereka! m  2:10 Masuklah di sela gunung batu dan bersembunyilah n  di dalam liang tanah terhadap kedahsyatan TUHAN dan terhadap semarak kemegahan-Nya! o  2:11 Manusia yang sombong p  akan direndahkan, q  dan orang yang angkuh r  akan ditundukkan 5 ; s  dan hanya TUHAN sajalah yang maha tinggi t  pada hari u  itu. 2:12 Sebab TUHAN semesta alam menetapkan suatu hari 6  v  untuk menghukum semua yang congkak w  dan angkuh x  serta menghukum semua yang meninggikan diri, y  supaya direndahkan; z  2:13 untuk menghukum semua pohon aras di Libanon a  yang tumbuh meninggi dan tetap menjulang, b  dan menghukum semua pohon tarbantin di Basan; c  2:14 untuk menghukum semua gunung yang tinggi-tinggi dan semua bukit d  yang menjulang ke atas; 2:15 untuk menghukum semua menara e  yang tinggi-tinggi dan semua tembok f  yang berkubu; 2:16 untuk menghukum semua kapal g  Tarsis dan semua kapal yang paling indah. 2:17 Manusia yang sombong akan ditundukkan h  dan orang yang angkuh akan direndahkan; i  hanya TUHAN sajalah yang maha tinggi pada hari j  itu. 2:18 Sedang berhala-berhala k  akan hilang l  sama sekali. 2:19 Maka orang akan masuk ke dalam gua-gua m  di gunung batu dan ke dalam liang-liang di tanah n  terhadap kedahsyatan o  TUHAN dan terhadap semarak kemegahan-Nya, p  pada waktu Ia bangkit menakut-nakuti bumi. q  2:20 Pada hari itu r  berhala-berhala perak dan berhala-berhala emas s  yang dibuat manusia untuk sujud menyembah t  kepadanya akan dilemparkannya kepada tikus dan kelelawar, u  2:21 dan ia akan masuk ke dalam lekuk-lekuk di gunung batu v  dan ke dalam celah-celah di bukit batu terhadap kedahsyatan TUHAN dan terhadap semarak kemegahan-Nya, w  pada waktu Ia bangkit x  menakut-nakuti bumi. y 

Yesaya 3:18--4:6

Konteks
3:18 Pada waktu itu t  Tuhan akan menjauhkan segala perhiasan mereka: gelang-gelang kaki, jamang-jamang dan bulan-bulanan; u  3:19 perhiasan-perhiasan telinga, pontoh-pontoh v  dan kerudung-kerudung; w  3:20 perhiasan-perhiasan kepala, x  gelang-gelang rantai kaki, tali-tali pinggang, tempat-tempat wewangian dan jimat-jimat; 3:21 cincin meterai dan anting-anting hidung; y  3:22 pakaian-pakaian pesta, jubah-jubah, selendang-selendang z  dan pundi-pundi; 3:23 cermin-cermin, baju-baju a  dalam dari kain lenan, ikat-ikat kepala b  dan baju-baju luar. 3:24 Maka sebagai ganti rempah-rempah harum c  akan ada bau busuk, d  sebagai ganti ikat pinggang e  seutas tali, sebagai ganti selampit rambut kepala yang gundul, f  sebagai ganti pakaian hari raya sehelai kain kabung; g  dan tanda selar h  sebagai ganti kemolekan. i  3:25 Orang-orangmu akan tewas oleh pedang, j  dan pahlawan-pahlawanmu oleh perang. k  3:26 Pintu-pintu gerbang l  Sion akan mengaduh dan berkabung, m  dan kota itu akan seperti perempuan bulus n  yang duduk di bumi. o  4:1 Pada waktu itu p  tujuh orang perempuan q  akan memegang seorang laki-laki, serta berkata: "Kami akan menanggung makanan r  dan pakaian kami sendiri; hanya biarlah namamu dilekatkan kepada nama kami; ambillah aib s  yang ada pada kami!"
Yerusalem disucikan dan dilindungi
4:2 Pada waktu itu t  tunas yang ditumbuhkan TUHAN 7  u  akan menjadi kepermaian v  dan kemuliaan, dan hasil w  tanah menjadi kebanggaan dan kehormatan x  bagi orang-orang Israel yang terluput. y  4:3 Dan orang yang tertinggal di Sion z  dan yang tersisa a  di Yerusalem akan disebut kudus 8 , b  yakni setiap orang di Yerusalem yang tercatat c  untuk beroleh hidup, 4:4 apabila TUHAN telah membersihkan kekotoran d  puteri Sion e  dan menghapuskan f  segala noda darah g  Yerusalem dari tengah-tengahnya dengan roh yang mengadili h  dan yang membakar. i  4:5 Maka TUHAN akan menjadikan j  di atas seluruh wilayah gunung Sion k  dan di atas setiap pertemuan yang diadakan di situ segumpal awan pada waktu siang dan segumpal asap serta sinar api yang menyala-nyala pada waktu malam, l  sebab di atas semuanya itu akan ada kemuliaan m  TUHAN sebagai tudung n  4:6 dan sebagai pondok tempat bernaung o  pada waktu siang terhadap panas terik dan sebagai perlindungan p  dan persembunyian terhadap angin ribut q  dan hujan.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[2:2]  1 Full Life : PADA HARI-HARI YANG TERAKHIR.

Nas : Yes 2:2

PB menerangkan hari-hari terakhir sebagai waktu di antara kedatangan Kristus yang pertama dengan yang kedua

(lihat cat. --> Kis 2:17).

[atau ref. Kis 2:17]

Yang dilukiskan Yesaya dalam ayat Yes 2:1-5 akan tergenapi sepenuhnya pada kedatangan Kristus yang kedua apabila Dia mendirikan kerajaan Allah di bumi.

[2:2]  2 Full Life : GUNUNG ... AKAN BERDIRI TEGAK.

Nas : Yes 2:2-5

Yesaya bernubuat tentang suatu waktu ketika pemerintahan Allah akan ditegakkan di seluruh bumi (bd. Mi 4:1-3). Semua kejahatan, ketidakadilan, dan pemberontakan menentang Allah dan hukum-Nya akan ditumpas dan kebenaran akan memerintah (bd. Yes 59:20-60:3,14; Yer 33:14-16; Za 2:10-12). "Segala bangsa", orang Yahudi dan bukan Yahudi akan beribadah dan melayani Tuhan. Nubuat ini mencerminkan maksud terakhir Allah bagi Israel dan umat manusia; ini digenapi di dalam Yesus Kristus sendiri, Yang menjalankan keadilan dan kebenaran di bumi (Yes 9:1-7; 11:3-5).

[2:3]  3 Full Life : MENGAJAR KITA TENTANG JALAN-JALAN-NYA.

Nas : Yes 2:3

Perhatian utama semua orang yang datang kepada Tuhan haruslah mengenal dan menaati kehendak Allah sebagai warga kerajaan-Nya. Pentinglah bahwa kita yang memberitakan berita Allah sangat berhati-hati bahwa semua khotbah dan ajaran kita adalah firman Allah -- didasarkan pada Alkitab yang terilhamkan sebagaimana dinyatakan melalui Kristus, nabi PL, dan rasul PB

(lihat cat. --> Ef 2:20).

[atau ref. Ef 2:20]

Semua orang, baik yang hilang maupun yang selamat, perlu mendengar kebenaran Allah disampaikan oleh bibir orang yang diurapi Roh Kudus dan mengabdi kepada kebenaran jalan-jalan Allah.

[2:6]  4 Full Life : TELAH KAUBUANG UMAT-MU.

Nas : Yes 2:6-9

Ayat-ayat ini melukiskan kemurtadan dan keduniawian bangsa Yehuda. Mereka telah menolak Allah, menerima berhala dan ilmu gaib, senang dengan cara-cara fasik orang kafir, dan mencari keamanan di dalam uang, persekutuan dengan orang asing, dan kekuatan militer. Jadi, Yesaya berdoa agar mereka jangan diampuni sampai Allah sudah bertindak terhadap mereka dengan amat keras sehingga mereka sungguh-sungguh bertobat (ayat Yes 2:17-21). Ia tahu bahwa pengampunan dangkal dari ritual keagamaan hanya akan membuat keadaan makin parah. Pertobatan sejati harus mendahului pengampunan (Yes 1:16-20).

[2:11]  5 Full Life : ORANG YANG ANGKUH AKAN DITUNDUKKAN.

Nas : Yes 2:11

Salah satu akibat serius dari kesombongan manusia ialah kepercayaan bahwa terlepas dari Allah, kita dapat memutuskan untuk diri sendiri, bagaimana kita harus hidup dan menentukan mana yang benar dan mana yang salah. Pada hari penghakiman, Allah akan sangat merendahkan sikap congkak ini.

[2:12]  6 Full Life : MENETAPKAN SUATU HARI.

Nas : Yes 2:12

Menurut Yesaya, suatu masa penghukuman akan datang. Penggenapan segera nubuatnya berupa penghancuran negeri Israel oleh Allah melalui pasukan Asyur dan Babel selaku pelaksana murka-Nya (Yes 39:6). Dalam perspektif nubuat yang lebih luas, "hari Tuhan" mengacu kepada waktu ketika Allah akan mengalahkan seluruh kejahatan di muka bumi (bd. Yoel 2:31;

lihat cat. --> 1Tes 5:2;

lihat cat. --> Wahy 4:1 dst. catatan-catatan s/d 19:21;

lihat cat. --> Wahy 19:21;

[atau ref. 1Tes 5:2; Wahy 4:1-19:21]

lihat art. KESENGSARAAN BESAR).

[4:2]  7 Full Life : TUNAS YANG DITUMBUHKAN TUHAN.

Nas : Yes 4:2

Inilah sebutan bagi Mesias (yaitu Kristus). Ia akan tampil sebagai Tunas Daud (lih. Yes 11:1; 53:2; Yer 23:5; 33:15; Za 3:8; 6:12; Rom 15:12; Wahy 5:5; 22:16). Ayat Yes 4:2-6 mengacu kepada saat hukuman dan keselamatan, yaitu saat ketika Kristus akan memerintah di atas sisa umat-Nya yang setia di Yerusalem (ayat Yes 4:4) dan memelihara mereka dengan perhatian dan kasih yang besar (bd. Yes 38:5-8,15-17; Yes 65:18).

[4:3]  8 Full Life : AKAN DISEBUT KUDUS.

Nas : Yes 4:3

Mereka yang selamat dari hukuman yang datang akan menjadi "kudus"; yaitu, mereka akan memiliki sifat Allah, yang adalah "Yang Mahakudus, Allah Israel" (Yes 1:4); dengan kata lain, mereka akan dipisahkan dari dunia penuh dosa, dibersihkan dari segala macam pencemaran dengan darah Kristus, dan dibaharui oleh Roh Kudus. Di atas merekalah kemuliaan Allah akan melayang-layang sebagai tudung (ayat Yes 4:5)



TIP #28: Arahkan mouse pada tautan catatan yang terdapat pada teks alkitab untuk melihat catatan ayat tersebut dalam popup. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA