TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Yesaya 1:1-9

Konteks
Judul
1:1 Penglihatan 1  a  yang telah dilihat b  Yesaya 2  bin Amos tentang Yehuda 3  dan Yerusalem c  dalam zaman Uzia, d  Yotam, e  Ahas f  dan Hizkia, g  raja-raja Yehuda.
Pengaduan tentang bangsa yang tidak setia itu
1:2 Dengarlah, hai langit, dan perhatikanlah, hai bumi, h  sebab TUHAN berfirman: i  "Aku membesarkan anak-anak j  dan mengasuhnya, tetapi mereka memberontak k  terhadap Aku 4 . 1:3 Lembu mengenal l  pemiliknya, tetapi Israel 5  tidak; keledai mengenal palungan m  yang disediakan tuannya, tetapi umat-Ku tidak memahaminya. n  o " 1:4 Celakalah bangsa yang berdosa, kaum yang sarat dengan kesalahan, p  keturunan yang jahat-jahat, q  anak-anak yang berlaku buruk! r  Mereka meninggalkan s  TUHAN, menista Yang t  Mahakudus, Allah Israel 6 , dan berpaling membelakangi u  Dia. 1:5 Di mana kamu mau dipukul v  lagi, kamu yang bertambah w  murtad? x  Seluruh kepala sakit dan seluruh hati y  lemah lesu. z  1:6 Dari telapak kaki sampai kepala a  tidak ada yang sehat: b  bengkak dan bilur c  dan luka baru, tidak dipijit dan tidak dibalut d  dan tidak ditaruh minyak. e  1:7 Negerimu menjadi sunyi sepi 7 , f  kota-kotamu habis terbakar; g  di depan matamu orang-orang asing h  memakan hasil dari tanahmu. Sunyi sepi negeri itu seolah-olah ditunggangbalikkan orang asing. i  1:8 Puteri Sion j  tertinggal k  sendirian seperti pondok l  di kebun anggur, seperti gubuk di kebun mentimun dan seperti kota yang terkepung. 1:9 Seandainya TUHAN semesta alam tidak meninggalkan pada kita sedikit orang yang terlepas, m  kita sudah menjadi seperti Sodom, dan sama seperti Gomora 8 . n 
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[1:1]  1 Full Life : PENGLIHATAN.

Nas : Yes 1:1

Yesaya tidak menubuatkan atau mencatat pikirannya sendiri; sebaliknya, ia menerima berbagai penglihatan dari Allah yang diilhamkan oleh Roh Kudus (bd. 2Pet 1:20-21). Dia diizinkan melihat peristiwa-peristiwa yang akan terjadi di dalam rencana keselamatan Allah melalui komunikasi yang tanpa salah dari Allah sendiri.

[1:1]  2 Full Life : YESAYA.

Nas : Yes 1:1

Nama Yesaya artinya "Tuhan menyelamatkan". Selaku nabi yang ditugaskan Allah, Yesaya memulai pelayanannya pada tahun 740 SM, yaitu tahun wafatnya Raja Uzia

(lihat cat. --> Yes 6:1).

[atau ref. Yes 6:1]

Ia bernubuat selama 40 tahun atau lebih dan mungkin wafat sekitar 680 SM

(lih. Pendahuluan untuk keterangan lebih banyak mengenai Yesaya).

[1:1]  3 Full Life : TENTANG YEHUDA.

Nas : Yes 1:1

Pelayanan nabi Yesaya terjadi selama masa kerajaan yang pecah

(lihat cat. --> 1Raj 12:20;

lihat cat. --> 2Taw 10:1).

[atau ref. 1Raj 12:20; 2Taw 10:1]

Kerajaan utara, disebut sebagai "Israel", "Samaria", atau "Efraim", meliputi sepuluh suku Israel. Kerajaan selatan, yang biasanya disebut "Yehuda" dengan ibu kota Yerusalem, terdiri atas suku Yehuda dan Benyamin. Kedua kerajaan ini telah berpaling dari Allah dan hukum-Nya kepada bangsa-bangsa asing dengan dewa-dewa palsu mereka untuk membebaskan mereka dari musuh. Kerajaan utara dikalahkan dan dimusnahkan oleh Asyur pada tahun 722 SM. Yesaya mengingatkan Yehuda bahwa mereka juga akan dibinasakan karena dosa dan kemurtadan mereka (Yes 39:6).

[1:2]  4 Full Life : MEREKA MEMBERONTAK TERHADAP AKU.

Nas : Yes 1:2

Yehuda dan Israel telah menerima perjanjian Allah, hukum Taurat, Bait Suci, dan banyak janji-Nya, namun, kehidupan mereka penuh dosa, mereka mengabaikan perjanjian itu, dan gagal mengakui Allah sebagai sumber keselamatan dan berkat; oleh karena itu Allah akan menjatuhkan hukuman (ayat Yes 1:5-8).

[1:3]  5 Full Life : ISRAEL.

Nas : Yes 1:3

Di sini "Israel" mengacu kepada ke-12 suku itu, termasuk Yehuda.

[1:4]  6 Full Life : YANG MAHAKUDUS, ALLAH ISRAEL.

Nas : Yes 1:4

Ungkapan ini sebagai gelar untuk Allah terdapat 26 kali dalam kitab ini; lima kali lagi Allah disebutkan hanya sebagai "Yang Mahakudus". Dengan memakai nama ini bagi Allah, yang pasti bersumber dari penglihatan Yesaya yang mengesankan tentang Allah di dalam kekudusan-Nya (pasal Yes 6:1-13), nabi itu bukan hanya menekankan sifat khas Allah yang kudus, tetapi juga bahwa umat Allah harus kudus jikalau mereka ingin terus memiliki suatu hubungan perjanjian dengan Dia.

[1:7]  7 Full Life : NEGERIMU MENJADI SUNYI SEPI.

Nas : Yes 1:7

Dalam usahanya membawa Yehuda kepada pertobatan, Allah membiarkan negeri mereka dijarah oleh orang asing (2Taw 28:5-18). Dosa umat itu telah memisahkan mereka dari berkat dan perlindungan Allah, dan hukuman sudah mulai. Negeri dan umat itu akhirnya akan dibinasakan oleh Nebukadnezar dan bala tentara Babel (605-586 SM). Orang berdosa yang bersikeras dalam dosa dan tidak mau bertobat senantiasa akan mendatangkan hukuman Allah dan akhirnya kehancuran.

[1:9]  8 Full Life : SODOM ... GOMORA.

Nas : Yes 1:9-10

Kota Sodom dan Gomora binasa sama sekali karena dahsyatnya dosa mereka (Kej 19:1-25). Yesaya menyamakan Yehuda dengan kedua kota ini karena ketidaksetiaan mereka yang hebat.



TIP #15: Gunakan tautan Nomor Strong untuk mempelajari teks asli Ibrani dan Yunani. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA