TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Yesaya 10:5-15

Konteks
Tentang celaka yang akan menimpa Asyur
10:5 Celakalah e  Asyur 1 , f  yang menjadi cambuk g  murka-Ku dan yang menjadi tongkat h  amarah-Ku! i  10:6 Aku akan menyuruhnya terhadap bangsa yang murtad, j  dan Aku akan memerintahkannya k  melawan umat sasaran murka-Ku, l  untuk melakukan perampasan dan penjarahan, m  dan untuk menginjak-injak n  mereka seperti lumpur di jalan. 10:7 Tetapi dia sendiri tidak demikian maksudnya o  dan tidak demikian rancangan hatinya, melainkan niat hatinya ialah hendak memunahkan dan hendak melenyapkan tidak sedikit bangsa-bangsa. 10:8 Sebab ia berkata: "Bukankah panglima-panglimaku p  itu raja-raja semua? 10:9 Bukankah Kalno q  sama halnya seperti Karkemis, r  atau bukankah Hamat s  seperti Arpad, t  atau Samaria u  seperti Damsyik? v  10:10 Seperti tanganku telah menyergap kerajaan-kerajaan para berhala, w  padahal patung-patung mereka melebihi yang di Yerusalem dan yang di Samaria, 10:11 masakan tidak akan kulakukan kepada Yerusalem dan patung-patung berhalanya, x  seperti yang telah kulakukan kepada Samaria dan berhala-berhalanya? 10:12 Tetapi apabila Tuhan telah menyelesaikan segala pekerjaan-Nya y  di gunung Sion z  dan di Yerusalem, maka Ia akan menghukum perbuatan ketinggian hati a  raja Asyur b  dan sikapnya yang angkuh c  sombong. 10:13 Sebab ia telah berkata: "Dengan kekuatan tanganku d  aku telah melakukannya e  dan dengan kebijaksanaanku, sebab aku berakal budi; aku telah meniadakan batas-batas antara bangsa, dan telah merampok persediaan-persediaan f  mereka, dengan perkasa aku telah menurunkan orang-orang g  yang duduk di atas takhta. 10:14 Seperti kepada sarang h  burung, demikianlah tanganku telah menjangkau kepada kekayaan i  bangsa-bangsa, dan seperti orang meraup telur-telur yang ditinggalkan induknya, demikianlah aku telah meraup seluruh bumi, j  dan tidak seekorpun yang menggerakkan sayap, yang mengangakan paruh atau yang menciap-ciap. k " 10:15 Adakah kapak memegahkan diri terhadap orang yang memakainya, atau gergaji membesarkan diri terhadap orang yang mempergunakannya? l  seolah-olah gada menggerakkan orang yang mengangkatnya, dan seolah-olah tongkat m  mengangkat orangnya yang bukan kayu!

Yesaya 27:1-13

Konteks
Israel diselamatkan
27:1 Pada waktu itu q  TUHAN akan melaksanakan hukuman dengan pedang-Nya r  yang keras, besar dan kuat atas Lewiatan s , ular 2  t  yang meluncur, atas Lewiatan, ular yang melingkar, dan Ia akan membunuh ular naga u  yang di laut. 27:2 Pada waktu itu v  akan dikatakan: "Bernyanyilah w  tentang kebun anggur x  yang elok 3 ! 27:3 Aku, TUHAN, penjaganya; setiap saat Aku menyiraminya. y  Supaya jangan orang mengganggunya, z  siang malam Aku menjaganya; a  27:4 kehangatan murka tiada pada-Ku. Sekiranya tampak kepada-Ku puteri malu dan rumput, Aku akan bertindak memeranginya dan akan membakarnya b  sekaligus, 27:5 kecuali kalau mereka mencari perlindungan c  kepada-Ku dan mencari damai d  dengan Aku, ya mencari damai dengan Aku!" 27:6 Pada hari-hari yang akan datang, Yakub akan berakar, e  Israel akan berkembang dan bertunas f  dan memenuhi muka bumi dengan hasilnya. g  27:7 Apakah TUHAN memusnahkan umat-Nya 4  seperti Ia memusnahkan h  orang yang memusnahkan mereka? Atau apakah Ia membunuh umat-Nya seperti Ia membunuh orang yang membunuh mereka? 27:8 Dengan menghalau dan dengan mengusir i  mereka Engkau telah melawan mereka. Ia telah menyisihkan mereka dengan angin-Nya yang keras di waktu angin timur. j  27:9 Maka beginilah akan dihapuskan k  kesalahan Yakub dan inilah buahnya kalau ia menjauhkan dosanya: l  ia akan membuat segala batu m  mezbah seperti batu-batu kapur yang dipecah-pecahkan, sehingga tiada lagi tiang-tiang n  berhala dan pedupaan-pedupaan o  yang tinggal berdiri. 27:10 Sebab kota yang berkubu itu terpencil, suatu tempat kediaman yang dikosongkan p  dan ditinggalkan q  seperti padang gurun; anak lembu akan makan r  rumput dan berbaring s  di situ menghabiskan dahan-dahan pohon. 27:11 Apabila ranting-rantingnya sudah kering, maka akan dipatahkan; t  perempuan-perempuan akan datang dan menyalakannya. u  Sebab inilah suatu bangsa yang tidak berakal budi, v  itulah sebabnya dia tidak disayangi oleh Dia yang menjadikannya dan tidak dikasihi w  oleh Dia yang membentuknya. x  27:12 Maka pada waktu itu TUHAN akan mengirik y  mulai dari sungai Efrat sampai sungai Mesir, z  dan kamu ini akan dikumpulkan 5  a  satu demi satu, hai orang Israel! 27:13 Pada waktu itu b  sangkakala c  besar akan ditiup, dan akan datang mereka yang hilang di tanah Asyur serta mereka yang terbuang d  ke tanah Mesir e  untuk sujud menyembah f  kepada TUHAN di gunung g  yang kudus, di Yerusalem.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[10:5]  1 Full Life : ASYUR.

Nas : Yes 10:5

Allah telah memakai pasukan Asyur untuk menghukum umat-Nya yang fasik. Kini Dia akan menghukum Asyur karena kesombongan dan kecongkakan mereka (ayat Yes 10:8-14). Jadi Yesaya sedang menubuatkan kebinasaan untuk Asyur (ayat Yes 10:16-19). Nubuat khusus ini digenapi ketika malaikat Allah membunuh 185.000 tentara Asyur di perkemahan sekeliling Yerusalem (lih. pasal Yes 37:1-38).

[27:1]  2 Full Life : LEWIATAN, ULAR.

Nas : Yes 27:1

Gambaran ini melambangkan kejahatan dan dunia penuh dosa dalam pemberontakan terhadap Allah. Pada akhir zaman, semua yang menentang Allah akan dibinasakan

(lihat cat. --> Wahy 19:11;

lihat cat. --> Wahy 19:14;

lihat cat. --> Wahy 19:15;

lihat cat. --> Wahy 19:17;

lihat cat. --> Wahy 19:19;

lihat cat. --> Wahy 19:20).

[atau ref. Wahy 19:11-20]

[27:2]  3 Full Life : KEBUN ANGGUR YANG ELOK

Nas : Yes 27:2-6

(versi Inggris NIV -- yang subur). Nyanyian nubuat ini menekankan keinginan Allah untuk menjadikan Israel kebun anggur yang berbuah lebat. Pada zaman kerajaan, Israel akan mempengaruhi seluruh bumi bagi Allah dan kebenaran-Nya (ayat Yes 27:6).

[27:7]  4 Full Life : MEMUSNAHKAN UMAT-NYA.

Nas : Yes 27:7-11

Allah berjanji tidak akan membinasakan Israel sama sekali sebagaimana akan dilakukan kepada banyak musuh mereka; namun hukuman pasti akan menimpa banyak orang Israel karena dosa mereka dan karena mereka perlu dibersihkan untuk dapat berbuah lagi.

[27:12]  5 Full Life : AKAN DIKUMPULKAN.

Nas : Yes 27:12-13

Pada akhir zaman, suatu kaum sisa orang Yahudi akan menerima Kristus sebagai Mesias dan berkumpul di Yerusalem untuk menyembah Tuhan (bd. Yes 11:11-16;

lihat cat. --> Mat 23:39;

lihat cat. --> Rom 11:1;

lihat cat. --> Rom 11:26;

lihat cat. --> Wahy 12:6).

[atau ref. Mat 23:39; Rom 11:1,26; Wahy 12:6]



TIP #12: Klik ikon untuk membuka halaman teks alkitab saja. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA