TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Ulangan 8:1-10

Konteks
Bersyukur kepada Allah karena kebaikan-Nya
8:1 "Segenap perintah, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, haruslah kamu lakukan dengan setia, supaya kamu hidup t  dan bertambah banyak dan kamu memasuki serta menduduki negeri yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah kepada nenek moyangmu. u  8:2 Ingatlah kepada seluruh perjalanan v  yang kaulakukan atas kehendak TUHAN, Allahmu, di padang gurun selama empat puluh tahun ini dengan maksud merendahkan hatimu dan mencobai w  engkau untuk mengetahui apa yang ada dalam hatimu, yakni, apakah engkau berpegang pada perintah-Nya atau tidak. 8:3 Jadi Ia merendahkan x  hatimu, membiarkan engkau lapar dan memberi engkau makan manna, y  yang tidak kaukenal dan yang juga tidak dikenal oleh nenek moyangmu, untuk membuat engkau mengerti, z  bahwa manusia hidup bukan dari roti a  saja 1 , tetapi manusia hidup dari segala yang diucapkan b  TUHAN. c  8:4 Pakaianmu tidaklah menjadi buruk di tubuhmu dan kakimu tidaklah menjadi bengkak selama empat puluh tahun d  ini. 8:5 Maka haruslah engkau insaf, bahwa TUHAN, Allahmu, mengajari engkau e  seperti seseorang mengajari anaknya. 8:6 Oleh sebab itu haruslah engkau berpegang pada perintah TUHAN, Allahmu, dengan hidup menurut jalan f  yang ditunjukkan-Nya dan dengan takut akan Dia. g  8:7 Sebab TUHAN, Allahmu, membawa engkau masuk ke dalam negeri yang baik, h  suatu negeri dengan sungai, mata air dan danau 2 , yang keluar dari lembah-lembah dan gunung-gunung; i  8:8 suatu negeri dengan gandum dan jelainya, j  dengan pohon anggur, k  pohon ara l  dan pohon delimanya; suatu negeri dengan pohon zaitun dan madunya; m  8:9 suatu negeri, di mana engkau akan makan roti n  dengan tidak usah berhemat, di mana engkau tidak akan kekurangan apapun; o  suatu negeri, yang batunya mengandung besi dan dari gunungnya p  akan kaugali tembaga. 8:10 Dan engkau akan makan dan akan kenyang, q  maka engkau akan memuji TUHAN, Allahmu, karena negeri yang baik yang diberikan-Nya kepadamu itu.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[8:3]  1 Full Life : MANUSIA HIDUP BUKAN DARI ROTI SAJA.

Nas : Ul 8:3

Tuhan membiarkan umat-Nya mengalami berbagai ujian dan kesulitan di padang gurun supaya mengajar mereka bahwa kehidupan ini bukan terdiri atas yang jasmaniah saja, tetapi bahwa kesejahteraan (baik jasmaniah maupun rohaniah) tergantung pada hubungan seseorang dengan Allah dan ketaatan kepada firman-Nya. Tuhan Yesus mengutip ayat ini ketika dicobai (Mat 4:4; bd. Kej 3:4). Kadang-kadang Tuhan mengizinkan kesulitan di dalam hidup kita sebagai suatu bentuk disiplin seorang ayah supaya melatih kita untuk makin tabah bergantung pada-Nya dan makin bersedia menerima firman-Nya (ayat Ul 8:4-5; bd. Ibr 12:3-13).

[8:7]  2 Full Life : NEGERI DENGAN SUNGAI, MATA AIR, DAN DANAU.

Nas : Ul 8:7

Pada saat Israel memasuki Kanaan, di negeri itu terdapat banyak sungai, mata air, dan danau. Musibah kekeringan yang diderita Israel pada zaman Elia merupakan hukuman Allah (1Raj 17:1-18:46). Bahkan sekarang ini Allah dapat menggunakan bencana kekeringan untuk merendahkan hati umat-Nya dan menjatuhkan hukuman atas orang berdosa (ayat Ul 8:19-20; lih. Ul 11:17).



TIP #24: Gunakan Studi Kamus untuk mempelajari dan menyelidiki segala aspek dari 20,000+ istilah/kata. [SEMUA]
dibuat dalam 0.05 detik
dipersembahkan oleh YLSA