TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Ulangan 16:18--18:22

Konteks
Pengadilan yang adil
16:18 "Hakim-hakim z  dan petugas-petugas haruslah kauangkat di segala tempat yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu, menurut suku-sukumu; mereka harus menghakimi bangsa itu dengan pengadilan yang adil. a  16:19 Janganlah memutarbalikkan keadilan, b  janganlah memandang bulu c  dan janganlah menerima suap, d  sebab suap membuat buta mata orang-orang bijaksana dan memutarbalikkan perkataan orang-orang yang benar. 16:20 Semata-mata keadilan, itulah yang harus kaukejar, supaya engkau hidup dan memiliki negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu."
Larangan terhadap berhala dan terhadap persembahan hewan yang cacat
16:21 "Janganlah engkau menanam sesuatu pohon sebagai tiang e  berhala di samping mezbah TUHAN, Allahmu, f  mezbah yang akan kaubuat bagimu. 16:22 Janganlah juga kaudirikan bagimu tugu g  berhala, yang dibenci oleh TUHAN, Allahmu. 17:1 Janganlah engkau mempersembahkan bagi TUHAN, Allahmu, lembu atau domba, yang ada cacatnya, h  atau sesuatu yang buruk; sebab yang demikian adalah kekejian i  bagi TUHAN, Allahmu. j "
Hukuman mati untuk penyembah berhala
17:2 "Apabila di tengah-tengahmu di salah satu tempatmu yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, ada terdapat seorang laki-laki atau perempuan yang melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, Allahmu, dengan melangkahi perjanjian-Nya, k  17:3 dan yang pergi beribadah kepada allah l  lain dan sujud menyembah kepadanya, atau kepada matahari m  atau bulan atau segenap tentara langit, n  hal yang telah Kularang o  itu; 17:4 dan apabila hal itu diberitahukan atau terdengar kepadamu, maka engkau harus memeriksanya baik-baik. Jikalau ternyata benar p  dan sudah pasti, bahwa kekejian itu dilakukan di antara orang Israel, q  17:5 maka engkau harus membawa laki-laki atau perempuan yang telah melakukan perbuatan jahat itu ke luar ke pintu gerbang, kemudian laki-laki atau perempuan itu harus kaulempari dengan batu sampai mati. r  17:6 Atas keterangan dua atau tiga orang saksi s  haruslah mati dibunuh orang yang dihukum mati; atas keterangan satu orang saksi saja janganlah ia dihukum mati. 17:7 Saksi-saksi itulah yang pertama-tama menggerakkan tangan mereka untuk membunuh t  dia, kemudian seluruh rakyat. u  Demikianlah harus kauhapuskan yang jahat v  itu 1  dari tengah-tengahmu."
Pengadilan tertinggi
17:8 "Apabila sesuatu perkara terlalu sukar bagimu untuk diputuskan, w  misalnya bunuh-membunuh, tuntut-menuntut, atau luka-melukai x --perkara pendakwaan di dalam tempatmu--maka haruslah engkau pergi menghadap ke tempat yang akan dipilih y  TUHAN, Allahmu; 17:9 haruslah engkau pergi kepada imam-imam orang Lewi z  dan kepada hakim a  yang ada pada waktu itu, dan meminta putusan. Mereka akan memberitahukan kepadamu keputusan b  hakim. 17:10 Dan engkau harus berbuat menurut keputusan yang diberitahukan mereka kepadamu dari tempat yang akan dipilih TUHAN; engkau harus melakukan dengan setia segala yang ditunjukkan mereka kepadamu. 17:11 Menurut petunjuk yang diberikan mereka kepadamu dan menurut keputusan yang dikatakan mereka kepadamu haruslah engkau berbuat; janganlah engkau menyimpang ke kanan atau ke kiri c  dari keputusan yang diberitahukan mereka kepadamu. 17:12 Orang yang berlaku terlalu berani d  dengan tidak mendengarkan perkataan imam yang berdiri di sana sebagai pelayan e  TUHAN, Allahmu, ataupun perkataan hakim, maka orang itu harus mati. f  Demikianlah harus kauhapuskan yang jahat itu dari antara orang Israel. g  17:13 Maka seluruh bangsa itu akan mendengar dan menjadi takut dan tidak lagi h  berlaku terlalu berani."
Hukum tentang raja
17:14 "Apabila engkau telah masuk ke negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, dan telah mendudukinya i  dan diam di sana, j  kemudian engkau berkata: Aku mau mengangkat raja atasku, seperti segala bangsa yang di sekelilingku, k  17:15 maka hanyalah raja yang dipilih TUHAN, Allahmu, yang harus kauangkat l  atasmu. Dari tengah-tengah saudara-saudaramu m  haruslah engkau mengangkat seorang raja atasmu; seorang asing yang bukan saudaramu tidaklah boleh kauangkat atasmu. 17:16 Hanya, janganlah ia memelihara banyak kuda n  o  dan janganlah ia mengembalikan bangsa ini ke Mesir p  untuk mendapat banyak kuda, q  sebab TUHAN telah berfirman kepadamu: Janganlah sekali-kali kamu kembali melalui jalan ini lagi. r  17:17 Juga janganlah ia mempunyai banyak isteri, s  supaya hatinya jangan menyimpang; t  emas dan perakpun u  janganlah ia kumpulkan v  terlalu banyak. 17:18 Apabila ia duduk di atas takhta w  kerajaan, maka haruslah ia menyuruh menulis x  baginya salinan y  hukum ini menurut kitab yang ada pada imam-imam orang Lewi. 17:19 Itulah yang harus ada di sampingnya dan haruslah ia membacanya seumur hidupnya z  untuk belajar takut akan TUHAN, Allahnya, dengan berpegang pada segala isi hukum dan ketetapan a  ini untuk dilakukannya, 17:20 supaya jangan ia tinggi hati terhadap saudara-saudaranya, supaya jangan ia menyimpang dari perintah b  itu ke kanan atau ke kiri, c  agar lama ia memerintah, ia dan anak-anaknya di tengah-tengah orang Israel. d "
Penghasilan imam dan orang Lewi
18:1 "Imam-imam orang Lewi, e  seluruh suku Lewi, janganlah mendapat bagian milik pusaka bersama-sama orang Israel; dari korban api-apian f  kepada TUHAN dan apa yang menjadi milik-Nya harus mereka mendapat rezeki. g  18:2 Janganlah ia mempunyai milik pusaka di tengah-tengah saudara-saudaranya; Tuhanlah milik pusakanya, h  seperti yang dijanjikan-Nya kepadanya. i  18:3 Inilah hak imam j  terhadap kaum awam, terhadap mereka yang mempersembahkan korban sembelihan, baik lembu k  maupun domba: kepada imam haruslah diberikan paha depan, kedua rahang dan perut besar. l  18:4 Hasil pertama dari gandummu, dari anggurmu dan minyakmu, dan bulu guntingan pertama dari dombamu m  haruslah kauberikan kepadanya. 18:5 Sebab dialah n  yang dipilih oleh TUHAN, Allahmu, dari segala sukumu, supaya ia senantiasa o  melayani p  TUHAN dan menyelenggarakan kebaktian demi nama-Nya, ia dan anak-anaknya. 18:6 Apabila seorang Lewi datang dari tempat manapun di Israel, di mana ia tinggal sebagai pendatang, dan dengan sepenuh hati masuk ke tempat yang akan dipilih q  TUHAN, 18:7 dan menyelenggarakan kebaktian demi nama r  TUHAN, Allahnya, sama seperti semua saudaranya, orang-orang Lewi, yang melayani TUHAN di sana, 18:8 maka haruslah mereka mendapat rezeki yang sama, dengan tidak terhitung apa yang ia peroleh dengan menjual harta s  nenek moyangnya."
Bertenung dan bernubuat
18:9 "Apabila engkau sudah masuk ke negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, maka janganlah engkau belajar berlaku t  sesuai dengan kekejian u  yang dilakukan bangsa-bangsa itu 2 . 18:10 Di antaramu janganlah didapati seorangpun yang mempersembahkan anaknya laki-laki atau anaknya perempuan sebagai korban dalam api 3 , v  ataupun seorang yang menjadi petenung, w  seorang peramal, x  seorang penelaah 4 , seorang penyihir, y  18:11 seorang pemantera, z  ataupun seorang yang bertanya kepada arwah 5  a  atau kepada roh peramal atau yang meminta petunjuk kepada orang-orang mati. 18:12 Sebab setiap orang yang melakukan hal-hal ini adalah kekejian bagi TUHAN, dan oleh karena kekejian-kekejian inilah TUHAN, Allahmu, menghalau mereka dari hadapanmu. b  18:13 Haruslah engkau hidup dengan tidak bercela c  di hadapan TUHAN, Allahmu. d  18:14 Sebab bangsa-bangsa yang daerahnya akan kaududuki ini mendengarkan kepada peramal atau petenung, e  tetapi engkau ini tidak diizinkan TUHAN, Allahmu, melakukan yang demikian. 18:15 Seorang nabi dari tengah-tengahmu, dari antara saudara-saudaramu, f  sama seperti aku 6 , akan dibangkitkan bagimu oleh TUHAN, Allahmu; dialah yang harus kamu dengarkan. 18:16 Tepat seperti yang kamu minta dahulu kepada TUHAN, Allahmu, di gunung Horeb, pada hari perkumpulan, dengan berkata: Tidak mau aku mendengar lagi suara TUHAN, Allahku, dan api yang besar ini tidak mau aku melihatnya lagi, supaya jangan aku mati. g  18:17 Lalu berkatalah TUHAN kepadaku: Apa yang dikatakan mereka itu baik; 18:18 seorang nabi h  akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku i  dalam mulutnya, j  dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya. k  18:19 Orang yang tidak mendengarkan l  segala firman-Ku yang akan diucapkan nabi itu demi nama-Ku, m  dari padanya akan Kutuntut pertanggungjawaban. n  18:20 Tetapi seorang nabi, yang terlalu berani untuk mengucapkan demi nama-Ku perkataan yang tidak Kuperintahkan untuk dikatakan olehnya, atau yang berkata demi nama allah o  lain, nabi itu harus mati. p  18:21 Jika sekiranya kamu berkata dalam hatimu: Bagaimanakah kami mengetahui perkataan yang tidak difirmankan TUHAN? -- 18:22 apabila seorang nabi berkata demi nama TUHAN dan perkataannya itu tidak terjadi dan tidak sampai, q  maka itulah perkataan yang tidak difirmankan r  TUHAN; dengan terlalu berani s  nabi itu telah mengatakannya, maka janganlah gentar kepadanya."
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[17:7]  1 Full Life : KAU HAPUSKAN YANG JAHAT ITU.

Nas : Ul 17:7

Bangsa Israel diperintahkan untuk memelihara kesucian mereka dengan menyingkirkan dari antara mereka orang-orang yang hidupnya fasik dan melanggar perjanjian. PB juga menuntut bahwa jemaat mendisiplinkan anggotanya yang berdosa dan mengucilkan mereka yang terus hidup di dalam dosa dan kebejatan (bd. Mat 18:15-17; 1Kor 5:1-13; 2Kor 2:6-7).

[18:9]  2 Full Life : KEKEJIAN YANG DILAKUKAN BANGSA-BANGSA ITU.

Nas : Ul 18:9-11

Ayat-ayat ini menyebutkan berbagai kegiatan okultisme yang umum dipakai dalam agama bangsa-bangsa Kanaan, yang merupakan kekejian bagi Allah dan dilarang oleh-Nya. Orang-orang di antara umat Allah yang melakukan hal-hal itu dibunuh (Im 20:27). Demikian pula, PB menyatakan bahwa orang yang melakukan hal-hal itu tidak akan masuk kerajaan Allah (Gal 5:20-21; Wahy 22:15).

[18:10]  3 Full Life : MEMPERSEMBAHKAN ... SEBAGAI KORBAN DALAM API.

Nas : Ul 18:10

Musa mengingatkan orang Israel untuk tidak meniru kebiasaan di Kanaan untuk mengorbankan anak kepada dewa-dewa kafir, yang dilaksanakan supaya berusaha mempengaruhi jalannya peristiwa-peristiwa di masa depan (bd. Im 20:2-5).

[18:10]  4 Full Life : PETENUNG ... PENELAAH.

Nas : Ul 18:10

Mereka yang menjadi petenung berusaha untuk meramal masa depan atau menyingkap rahasia-rahasia dengan bantuan roh-roh jahat atau aneka cara yang dipakai manusia

(lihat cat. --> Wahy 9:21).

[atau ref. Wahy 9:21]

Sebaliknya, cara yang disediakan Allah bagi kita untuk memperoleh kebenaran ialah mendengarkan para nabi setia yang memberitakan firman-Nya (ayat Ul 18:14-22).

[18:11]  5 Full Life : SEORANG PEMANTERA ... YANG BERTANYA KEPADA ARWAH.

Nas : Ul 18:11

Daftar ini mencakup para pemantera, orang yang bertanya kepada roh, atau siapapun yang memanggil arwah orang mati atau berhubungan dengan dunia roh jahat untuk menyingkap rahasia-rahasia, meramal masa depan, atau memperoleh kekuasaan. Berhubungan dengan orang mati sesungguhnya berhubungan dengan roh jahat (bd. 1Sam 28:8-14; 2Raj 21:6; Yes 8:19).

[18:15]  6 Full Life : SEORANG NABI ... SEPERTI AKU.

Nas : Ul 18:15

Nabi terakhir seperti Musa (ayat Ul 18:15,18) adalah Yesus Kristus, sang Mesias

(lihat cat. --> Kis 3:22).

[atau ref. Kis 3:22]

Seperti Musa, Nabi ini akan menjadi seorang Israel yang memberitakan firman Allah (ayat Ul 18:18-19). Orang Yahudi pada zaman Yesus menantikan kedatangan Nabi besar ini (Yoh 1:21,45; 4:19,29; 6:14; Kis 3:22-26; Kis 7:37).



TIP #29: Klik ikon untuk merubah popup menjadi mode sticky, untuk merubah mode sticky menjadi mode popup kembali. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA