TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Obaja 1:1-21

Konteks
Nubuat tentang Edom
1:1 Penglihatan a  Obaja 1 . Beginilah firman Tuhan ALLAH tentang Edom 2  b --suatu kabar telah kami dengar dari TUHAN, seorang utusan c  telah disuruh ke tengah bangsa-bangsa: "Bangunlah, marilah kita bangkit memeranginya! d " -- 1:2 Sesungguhnya, Aku membuat engkau kecil e  di antara bangsa-bangsa, engkau dihinakan sangat. 1:3 Keangkuhan f  hatimu 3  telah memperdayakan engkau, ya engkau yang tinggal di liang-liang batu, g  di tempat kediamanmu yang tinggi; engkau yang berkata dalam hatimu: "Siapakah yang sanggup menurunkan aku ke bumi? h " 1:4 Sekalipun engkau terbang tinggi seperti burung rajawali, bahkan, sekalipun sarangmu i  ditempatkan di antara bintang-bintang, dari sanapun Aku akan menurunkan j  engkau, --demikianlah firman TUHAN. k  1:5 Jika malam-malam pencuri atau perampok datang kepadamu--betapa engkau dibinasakannya--bukankah mereka akan mencuri seberapa yang diperlukannya? Jika pemetik buah anggur datang kepadamu 4 , bukankah mereka akan meninggalkan sisa-sisa pemetikannya? l  1:6 Betapa kaum Esau digeledah, betapa harta bendanya yang tersembunyi dicari-cari! 1:7 Sampai ke tapal batas engkau diusir oleh semua teman sekutumu; m  engkau diperdayakan, dikalahkan oleh sahabat-sahabatmu. Siapa yang makan sehidangan n  dengan engkau memasang jerat terhadap engkau. --Tidak ada pengertian padanya. 1:8 Bukankah pada waktu itu, demikianlah firman TUHAN, Aku akan melenyapkan o  orang-orang bijaksana dari Edom, dan pengertian dari pegunungan Esau? 1:9 Juga para pahlawanmu, hai Teman, p  akan tertegun, supaya semua orang di pegunungan Esau lenyap terbunuh. 1:10 Karena kekerasan q  terhadap saudaramu Yakub, r  maka cela akan meliputi engkau, dan engkau akan dilenyapkan untuk selama-lamanya 5 . s  1:11 Pada waktu engkau berdiri di kejauhan 6 , sedang orang-orang luar mengangkut kekayaan Yerusalem dan orang-orang asing memasuki pintu gerbangnya dan membuang undi t  atasnya, engkaupun seperti salah seorang dari mereka u  itu. 1:12 Janganlah memandang rendah v  saudaramu, pada hari kemalangannya, w  dan janganlah bersukacita x  atas keturunan Yehuda pada hari kebinasaannya; y  dan janganlah membual z  pada hari kesusahannya. a  1:13 Janganlah masuk ke pintu gerbang umat-Ku pada hari sialnya, bahkan janganlah memandang ringan malapetaka b  yang menimpanya pada hari sialnya; dan janganlah merenggut kekayaannya pada hari sialnya. 1:14 Janganlah berdiri di persimpangan untuk melenyapkan orang-orangnya yang luput, c  dan janganlah serahkan orang-orangnya yang terlepas pada hari kesusahan. 1:15 Sebab telah dekat d  hari TUHAN menimpa segala bangsa. Seperti yang engkau lakukan, demikianlah akan dilakukan kepadamu 7 , perbuatanmu e  akan kembali menimpa kepalamu sendiri. 1:16 Sesungguhnya, seperti kamu telah minum f  di atas gunung-Ku g  yang kudus, segala bangsapun akan minum h  dengan tidak henti-hentinya; bahkan, mereka akan minum dengan lahap, dan mereka akan menjadi seakan-akan mereka tidak pernah ada. i 
Keluputan hanya di Sion
1:17 Tetapi di gunung Sion akan ada orang-orang yang terluput 8 , j  dan gunung itu akan menjadi tempat kudus; k  dan kaum keturunan Yakub akan memiliki pula tanah miliknya. l  1:18 Kaum keturunan Yakub akan menjadi api dan kaum keturunan Yusuf menjadi nyala api, dan kaum keturunan Esau menjadi tunggul gandum: mereka akan membakar m  dan memakan n  habis sekaliannya, dan dari kaum keturunan Esau tidak ada seorangpun yang terlepas, o  sebab Tuhanlah yang berfirman demikian. 1:19 Maka orang-orang Tanah Negeb akan memiliki pegunungan Esau, dan orang-orang Daerah Bukit akan memiliki tanah orang Filistin. p  Mereka akan memiliki daerah Efraim dan daerah Samaria, q  dan suku Benyamin r  akan memiliki daerah Gilead. 1:20 Orang-orang Israel yang diangkut ke dalam pembuangan akan memiliki tanah orang Kanaan sampai ke Zarfat; s  dan orang-orang Yerusalem yang diangkut ke dalam pembuangan, yang ada di Sefarad, akan memiliki kota-kota di Tanah Negeb. t  1:21 Penyelamat-penyelamat u  akan naik ke atas gunung Sion untuk menghukumkan pegunungan Esau; maka Tuhanlah v  yang akan empunya kerajaan itu.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[1:1]  1 Full Life : OBAJA.

Nas : Ob 1:1

Obaja adalah nabi untuk Yehuda yang bernubuat tentang hukuman Allah atas Edom

(lih. Pendahuluan kitab Obaja).

[1:1]  2 Full Life : TENTANG EDOM.

Nas : Ob 1:1

Orang Edom, tetangga selatan Yehuda, merupakan keturunan Esau (ayat Ob 1:6), saudara Yakub; jadi, mereka masih saudara Israel (ayat Ob 1:10). Akan tetapi, mereka telah menjadi musuh bebuyutan umat Allah, sering kali membantu pasukan asing untuk menyerbu Israel. Karena permusuhan dan kebencian Edom yang lama terhadap Israel, murka Allah akan menimpa mereka.

[1:3]  3 Full Life : KEANGKUHAN HATIMU.

Nas : Ob 1:3

Teks :
  1. 1) Orang Edom hidup di daerah pegunungan berbatu. Secara congkak mereka beranggapan bahwa negeri mereka itu aman dan menjadi sombong karena kemandirian dan kekuatan mereka; namun Allah akan meruntuhkan mereka.
  2. 2) Alkitab mengajarkan bahwa kesombongan dan kecongkakan menimbulkan penipuan diri sendiri, mendahului kejatuhan (ayat Ob 1:4; Ams 16:18) dan menyebabkan Allah menjadi musuh kita (ayat Ob 1:8; Yak 4:6; 1Pet 5:5).

[1:5]  4 Full Life : JIKA ... PENCURI ... DATANG KEPADAMU.

Nas : Ob 1:5-6

Telah menjadi kebiasaan orang Edom untuk menjarah, merampok dan membunuh orang lain; kini mereka akan mengalami hal yang sama karena Allah mengirim bangsa lain untuk melawan mereka.

[1:10]  5 Full Life : DILENYAPKAN UNTUK SELAMA-LAMANYA.

Nas : Ob 1:10

Obaja menubuatkan bahwa orang Edom akan dibinasakan sama sekali karena kekerasan dan kekejaman mereka (bd. ayat Ob 1:16,18), sedangkan Yehuda akan dipulihkan dan kerajaan Allah akan menang (ayat Ob 1:17,19,21). Pada tahun 582 SM, empat tahun setelah Yerusalem dihancurkan, orang Edom nyaris punah oleh serbuan pasukan Babel dan dipaksa hidup di bagian selatan Yehuda. Pada tahun 70 M setelah Yerusalem dibinasakan Roma, mereka tidak disebut-sebut lagi.

[1:11]  6 Full Life : BERDIRI DI KEJAUHAN.

Nas : Ob 1:11-14

Teks :
  1. 1) Edom menolak untuk menolong Israel, tetangga dan kerabatnya, ketika mereka dalam kesulitan; karena itu Allah akan menghukum mereka.
  2. 2) Allah berharap agar umat-Nya yang telah menerima pertolongan dan kemurahan-Nya menunjukkan kemurahan kepada orang lain pada saat mereka memerlukan bantuan. Ketidakacuhan dan sifat mementingkan diri menunjukkan bahwa kasih dan kasih karunia Allah tidak tinggal di dalam kita (1Yoh 3:15-17;

    lihat art. PEMELIHARAAN ORANG MISKIN DAN MELARAT).

[1:15]  7 Full Life : AKAN DILAKUKAN KEPADAMU.

Nas : Ob 1:15

Obaja menubuatkan bahwa Allah akan membalas Edom dan semua bangsa lainnya sesuai dengan perlakuan mereka terhadap orang lain; prinsip yang sama berlaku bagi orang percaya PB

(lihat cat. --> Kol 3:25).

[atau ref. Kol 3:25]

[1:17]  8 Full Life : DI GUNUNG SION AKAN ADA ORANG-ORANG YANG TERLUPUT.

Nas : Ob 1:17-21

Gunung Sion melambangkan Yerusalem di bawah perjanjian lama dan tempat tinggal surgawi gereja di bawah perjanjian baru (Ibr 12:22-24;

lihat art. KOTA YERUSALEM).

Alkitab bernubuat bahwa Israel dan semua umat Allah yang setia akan dilepaskan dari musuh-musuh mereka, mewarisi bumi dan memerintah bersama Kristus. Penggenapan ini menanti kedatangan Kristus sang Mesias ke bumi. Pada waktu itu kejahatan akan dikalahkan; maka "Tuhanlah yang akan empunya kerajaan itu" (ayat Ob 1:21).



TIP #01: Selamat Datang di Antarmuka dan Sistem Belajar Alkitab SABDA™!! [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA