TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Mazmur 42:1--49:20

Konteks
Kerinduan kepada Allah
42:1 Untuk pemimpin biduan. Nyanyian pengajaran bani Korah 1 . (42-2) Seperti rusa i  yang merindukan sungai yang berair, j  demikianlah jiwaku merindukan k  Engkau, ya Allah. 42:2 (42-3) Jiwaku haus l  kepada Allah 2 , kepada Allah yang hidup. m  Bilakah aku boleh datang n  melihat Allah? 42:3 (42-4) Air mataku o  menjadi makananku siang dan malam, karena sepanjang hari orang berkata kepadaku: "Di mana Allahmu? p " 42:4 (42-5) Inilah yang hendak kuingat, sementara jiwaku gundah-gulana; q  bagaimana aku berjalan maju dalam kepadatan manusia, mendahului mereka melangkah ke rumah Allah r  dengan suara sorak-sorai s  dan nyanyian syukur, t  dalam keramaian orang-orang u  yang mengadakan perayaan. 42:5 (42-6) Mengapa engkau tertekan, v  hai jiwaku, dan gelisah w  di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! x  Sebab aku akan bersyukur y  lagi kepada-Nya, penolongku z  dan Allahku! a  42:6 (42-7) Jiwaku tertekan 3  dalam diriku, sebab itu aku teringat b  kepada-Mu dari tanah sungai Yordan c  dan pegunungan Hermon, d  dari gunung Mizar. 42:7 (42-8) Samudera raya berpanggil-panggilan e  dengan deru air terjun-Mu; segala gelora dan gelombang-Mu bergulung melingkupi aku. f  42:8 (42-9) TUHAN memerintahkan kasih setia-Nya g  pada siang hari, dan pada malam h  hari aku menyanyikan nyanyian, i  suatu doa kepada Allah kehidupanku. j  42:9 (42-10) Aku berkata kepada Allah, gunung batuku: k  "Mengapa Engkau melupakan l  aku? Mengapa aku harus hidup berkabung m  di bawah impitan n  musuh? o " 42:10 (42-11) Seperti tikaman maut p  ke dalam tulangku lawanku mencela q  aku, sambil berkata kepadaku sepanjang hari: "Di mana Allahmu? r " 42:11 (42-12) Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan mengapa engkau gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku! s  43:1 Berilah keadilan kepadaku, ya Allah, dan perjuangkanlah perkaraku t  terhadap kaum yang tidak saleh! Luputkanlah u  aku dari orang penipu dan orang curang! v  43:2 Sebab Engkaulah Allah tempat pengungsianku. Mengapa Engkau membuang w  aku? Mengapa aku harus hidup berkabung x  di bawah impitan musuh? y  43:3 Suruhlah terang-Mu z  dan kesetiaan-Mu a  datang, supaya aku dituntun b  dan dibawa ke gunung-Mu c  yang kudus dan ke tempat kediaman-Mu! d  43:4 Maka aku dapat pergi e  ke mezbah f  Allah, menghadap Allah, yang adalah sukacitaku g  dan kegembiraanku, h  dan bersyukur kepada-Mu dengan kecapi, i  ya Allah, ya Allahku! 43:5 Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan mengapa engkau gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku! j 
Jeritan bangsa yang tertindas
44:1 Untuk pemimpin biduan. Dari bani Korah. Nyanyian pengajaran. (44-2) Ya Allah, dengan telinga kami sendiri telah kami dengar, k  nenek moyang kami telah menceritakan kepada kami l  perbuatan yang telah Kaulakukan pada zaman mereka, pada zaman purbakala. m  44:2 (44-3) Engkau sendiri, dengan tangan-Mu, telah menghalau n  bangsa-bangsa, tetapi mereka ini Kaubiarkan bertumbuh; o  suku-suku bangsa telah Kaucelakakan, p  tetapi mereka ini Kaubiarkan berkembang. q  44:3 (44-4) Sebab bukan dengan pedang r  mereka menduduki negeri, bukan lengan mereka yang memberikan mereka kemenangan, melainkan tangan kanan-Mu s  dan lengan-Mu t  dan cahaya u  wajah-Mu, sebab Engkau berkenan v  kepada mereka. 44:4 (44-5) Engkaulah Rajaku w  dan Allahku x  yang memerintahkan kemenangan y  bagi Yakub. 44:5 (44-6) Dengan Engkaulah kami menanduk z  para lawan kami, dengan nama-Mulah kami menginjak-injak a  orang-orang yang bangkit menyerang kami. 44:6 (44-7) Sebab bukan kepada panahku b  aku percaya, dan pedangkupun tidak memberi aku kemenangan, 44:7 (44-8) tetapi Engkaulah yang memberi kami kemenangan c  terhadap para lawan kami, dan orang-orang yang membenci kami Kauberi malu. d  44:8 (44-9) Karena Allah kami nyanyikan puji-pujian e  sepanjang hari, f  dan bagi nama-Mu kami mengucapkan syukur selama-lamanya. g  Sela 44:9 (44-10) Namun Engkau telah membuang 4  h  kami dan membiarkan kami kena umpat, i  Engkau tidak maju bersama-sama dengan bala tentara j  kami. 44:10 (44-11) Engkau membuat kami mundur k  dari pada lawan kami, dan orang-orang yang membenci kami mengadakan perampokan. l  44:11 (44-12) Engkau menyerahkan kami sebagai domba m  sembelihan dan menyerakkan kami di antara bangsa-bangsa. n  44:12 (44-13) Engkau menjual umat-Mu dengan cuma-cuma o  dan tidak mengambil keuntungan apa-apa dari penjualan itu. 44:13 (44-14) Engkau membuat kami menjadi cela p  bagi tetangga-tetangga q  kami, menjadi olok-olok r  dan cemooh s  bagi orang-orang sekeliling kami. 44:14 (44-15) Engkau membuat kami menjadi sindiran t  di antara bangsa-bangsa, menyebabkan suku-suku bangsa menggeleng-geleng kepala. u  44:15 (44-16) Sepanjang hari aku dihadapkan dengan nodaku, v  dan malu w  menyelimuti mukaku, 44:16 (44-17) karena kata-kata orang yang mencela x  dan menista, y  di hadapan musuh dan pendendam. z  44:17 (44-18) Semuanya ini telah menimpa kami, tetapi kami tidak melupakan a  Engkau, dan tidak mengkhianati perjanjian-Mu. 44:18 (44-19) Hati kami tidak membangkang b  dan langkah kami tidak menyimpang dari jalan-Mu, 44:19 (44-20) walaupun Engkau telah meremukkan c  kami di tempat serigala, d  dan menyelimuti kami dengan kekelaman. e  44:20 (44-21) Seandainya kami melupakan f  nama Allah kami, dan menadahkan tangan kami kepada allah lain, g  44:21 (44-22) masakan Allah tidak akan menyelidikinya? Karena Ia mengetahui rahasia hati! h  44:22 (44-23) Oleh karena Engkau kami ada dalam bahaya maut sepanjang hari 5 , kami dianggap sebagai domba-domba i  sembelihan. j  44:23 (44-24) Terjagalah! k  Mengapa Engkau tidur, l  ya Tuhan? Bangunlah! m  Janganlah membuang kami terus-menerus! n  44:24 (44-25) Mengapa Engkau menyembunyikan wajah-Mu o  dan melupakan p  penindasan dan impitan q  terhadap kami? 44:25 (44-26) Sebab jiwa kami tertanam dalam debu, r  tubuh kami terhampar di tanah. 44:26 (44-27) Bersiaplah s  menolong kami, bebaskanlah t  kami karena kasih setia-Mu! u 
Nyanyian pada waktu pernikahan raja
45:1 Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Bunga bakung. Dari bani Korah. Nyanyian pengajaran; nyanyian kasih. v  (45-2) Hatiku meluap dengan kata-kata indah, aku hendak menyampaikan sajakku kepada raja; lidahku ialah pena seorang jurutulis yang mahir. 45:2 (45-3) Engkau yang terelok di antara anak-anak manusia, kemurahan w  tercurah pada bibirmu, sebab itu Allah telah memberkati engkau untuk selama-lamanya. x  45:3 (45-4) Ikatlah pedangmu y  pada pinggang, hai pahlawan, z  dalam keagunganmu dan semarakmu! a  45:4 (45-5) Dalam semarakmu itu majulah demi kebenaran, b  perikemanusiaan dan keadilan! c  Biarlah tangan kananmu d  mengajarkan engkau perbuatan-perbuatan e  yang dahsyat! 45:5 (45-6) Anak-anak panahmu f  tajam, menembus jantung g  musuh h  raja; bangsa-bangsa jatuh di bawah kakimu. 45:6 (45-7) Takhtamu kepunyaan Allah, tetap untuk seterusnya dan selamanya 6 , i  dan tongkat kerajaanmu adalah tongkat kebenaran. 45:7 (45-8) Engkau mencintai keadilan j  dan membenci kefasikan; k  sebab itu Allah, Allahmu, telah mengurapi l  engkau dengan minyak sebagai tanda kesukaan, m  melebihi teman-teman sekutumu. 45:8 (45-9) Segala pakaianmu berbau n  mur, o  gaharu p  dan cendana; q  dari istana gading r  permainan kecapi s  menyukakan engkau; 45:9 (45-10) di antara mereka yang disayangi terdapat puteri-puteri raja, t  di sebelah kananmu u  berdiri permaisuri v  berpakaian emas dari Ofir. w  45:10 (45-11) Dengarlah, hai puteri, x  lihatlah, y  dan sendengkanlah telingamu, lupakanlah bangsamu z  dan seisi rumah ayahmu! 45:11 (45-12) Biarlah raja menjadi gairah karena keelokanmu, a  sebab dialah tuanmu! b  Sujudlah c  kepadanya! 45:12 (45-13) Puteri Tirus d  datang dengan pemberian-pemberian; e  orang-orang kaya di antara rakyat akan mengambil muka kepadamu. 45:13 (45-14) Keindahan belaka f  puteri raja itu di dalam, pakaiannya berpakankan emas. g  45:14 (45-15) Dengan pakaian h  bersulam berwarna-warna ia dibawa kepada raja; i  anak-anak dara mengikutinya, yakni teman-temannya, j  yang didatangkan untuk dia. 45:15 (45-16) Dengan sukacita dan sorak-sorai k  mereka dibawa, mereka masuk ke dalam istana raja. 45:16 (45-17) Para bapa leluhurmu hendaknya diganti oleh anak-anakmu nanti; engkau akan mengangkat mereka menjadi pembesar l  di seluruh bumi. 45:17 (45-18) Aku mau memasyhurkan namamu turun-temurun; m  sebab itu bangsa-bangsa akan bersyukur kepadamu n  untuk seterusnya dan selamanya. o 
Allah, kota benteng kita
46:1 Untuk pemimpin biduan. Dari bani Korah. Dengan lagu: Alamot. Nyanyian. (46-2) Allah itu bagi kita tempat perlindungan p  dan kekuatan 7 , q  sebagai penolong r  dalam kesesakan s  sangat terbukti. t  46:2 (46-3) Sebab itu kita tidak akan takut, u  sekalipun bumi berubah, v  sekalipun gunung-gunung goncang w  di dalam laut; x  46:3 (46-4) sekalipun ribut y  dan berbuih z  airnya, sekalipun gunung-gunung goyang a  oleh geloranya. Sela 46:4 (46-5) Kota Allah, b  kediaman c  Yang Mahatinggi, d  disukakan oleh aliran-aliran e  sebuah sungai 8 . f  46:5 (46-6) Allah ada di dalamnya, g  kota itu tidak akan goncang; h  Allah akan menolongnya i  menjelang pagi. 46:6 (46-7) Bangsa-bangsa j  ribut, k  kerajaan-kerajaan l  goncang, Ia memperdengarkan suara-Nya, m  dan bumipun hancur. n  46:7 (46-8) TUHAN semesta alam o  menyertai kita, p  kota benteng q  kita ialah Allah Yakub. r  Sela 46:8 (46-9) Pergilah, pandanglah pekerjaan TUHAN, s  yang mengadakan pemusnahan t  di bumi, 46:9 (46-10) yang menghentikan peperangan u  sampai ke ujung bumi, yang mematahkan busur v  panah, menumpulkan tombak, membakar kereta-kereta perang dengan api! w  46:10 (46-11) "Diamlah 9  dan ketahuilah, bahwa Akulah Allah! x  Aku ditinggikan y  di antara bangsa-bangsa, ditinggikan di bumi!" 46:11 (46-12) TUHAN semesta alam menyertai kita, kota benteng z  kita ialah Allah Yakub. a  Sela
Allah, Raja seluruh bumi
47:1 Untuk pemimpin biduan. Dari bani Korah. Mazmur. (47-2) Hai segala bangsa, bertepuktanganlah, b  elu-elukanlah Allah dengan sorak-sorai! c  47:2 (47-3) Sebab TUHAN, Yang Mahatinggi, d  adalah dahsyat, e  Raja f  yang besar atas seluruh bumi. 47:3 (47-4) Ia menaklukkan g  bangsa-bangsa ke bawah kuasa kita, suku-suku bangsa ke bawah kaki kita, 47:4 (47-5) Ia memilih bagi kita tanah pusaka h  kita, kebanggaan Yakub i  yang dikasihi-Nya. Sela 47:5 (47-6) Allah telah naik j  dengan diiringi sorak-sorai, k  ya TUHAN itu, dengan diiringi bunyi sangkakala. l  47:6 (47-7) Bermazmurlah m  bagi Allah, bermazmurlah, bermazmurlah bagi Raja kita, bermazmurlah! 47:7 (47-8) Sebab Allah adalah Raja seluruh bumi, n  bermazmurlah o  dengan nyanyian pengajaran! 47:8 (47-9) Allah memerintah p  sebagai raja atas bangsa-bangsa, Allah bersemayam di atas takhta-Nya q  yang kudus. 47:9 (47-10) Para pemuka bangsa-bangsa berkumpul sebagai umat Allah Abraham. Sebab Allah r  yang empunya perisai-perisai bumi; Ia sangat dimuliakan. s 
Sion, kota Allah
48:1 Nyanyian. Mazmur bani Korah. (48-2) Besarlah TUHAN t  dan sangat terpuji u  di kota Allah v  kita 10 ! 48:2 (48-3) Gunung-Nya w  yang kudus, yang menjulang permai, x  adalah kegirangan bagi seluruh bumi; gunung Sion y  z  itu, jauh di sebelah utara, kota Raja Besar. a  48:3 (48-4) Dalam puri-purinya b  Allah memperkenalkan diri-Nya sebagai benteng. c  48:4 (48-5) Sebab lihat, raja-raja datang berkumpul, mereka bersama-sama d  berjalan maju; 48:5 (48-6) demi mereka melihatnya, mereka tercengang-cengang, terkejut, lalu lari kebingungan. e  48:6 (48-7) Kegentaran menimpa f  mereka di sana; mereka kesakitan g  seperti perempuan yang hendak melahirkan. 48:7 (48-8) Dengan angin h  timur Engkau memecahkan kapal-kapal Tarsis. i  48:8 (48-9) Seperti yang telah kita dengar, demikianlah juga kita lihat, di kota TUHAN semesta alam, di kota Allah kita; Allah menegakkannya untuk selama-lamanya. j  Sela 48:9 (48-10) Kami mengingat, k  ya Allah, kasih setia-Mu l  di dalam bait-Mu. 48:10 (48-11) Seperti nama-Mu, m  ya Allah, demikianlah kemasyhuran-Mu sampai ke ujung bumi; n  tangan kanan-Mu penuh dengan keadilan. 48:11 (48-12) Biarlah gunung Sion bersukacita; biarlah anak-anak perempuan Yehuda bersorak-sorak oleh karena penghukuman-Mu! o  48:12 (48-13) Kelilingilah Sion dan edarilah dia, hitunglah menaranya, p  48:13 (48-14) perhatikanlah temboknya, q  jalanilah puri-purinya, r  supaya kamu dapat menceriterakannya kepada angkatan s  yang kemudian: 48:14 (48-15) Sesungguhnya inilah Allah, Allah kitalah Dia seterusnya dan untuk selamanya! Dialah yang memimpin t  kita 11 !
Kebahagiaan yang sia-sia
49:1 Untuk pemimpin biduan. Dari bani Korah. Mazmur. (49-2) Dengarlah 12 , u  hai bangsa-bangsa v  sekalian, pasanglah telinga, hai semua penduduk dunia, w  49:2 (49-3) baik yang hina maupun yang mulia, x  baik yang kaya maupun yang miskin bersama-sama! 49:3 (49-4) Mulutku akan mengucapkan hikmat, y  dan yang direnungkan hatiku ialah pengertian. z  49:4 (49-5) Aku akan menyendengkan telingaku kepada amsal, a  akan mengutarakan peribahasaku b  dengan bermain kecapi. c  49:5 (49-6) Mengapa aku takut d  pada hari-hari celaka pada waktu aku dikepung oleh kejahatan pengejar-pengejarku, 49:6 (49-7) mereka yang percaya akan harta bendanya, e  dan memegahkan f  diri dengan banyaknya kekayaan g  mereka? 49:7 (49-8) Tidak seorangpun dapat membebaskan dirinya, atau memberikan tebusan kepada Allah ganti nyawanya, 49:8 (49-9) karena terlalu mahal harga pembebasan h  nyawanya, dan tidak memadai i  untuk selama-lamanya-- 49:9 (49-10) supaya ia tetap hidup untuk seterusnya, j  dan tidak melihat lobang kubur. k  49:10 (49-11) Sungguh, akan dilihatnya: orang-orang yang mempunyai hikmat mati, l  orang-orang bodoh dan dungupun m  binasa bersama-sama dan meninggalkan harta benda n  mereka untuk orang lain. o  49:11 (49-12) Kubur p  mereka ialah rumah mereka untuk selama-lamanya, tempat kediaman mereka turun-temurun; q  mereka menganggap r  ladang-ladang milik mereka. 49:12 (49-13) Tetapi dengan segala kegemilangannya manusia tidak dapat bertahan, s  ia boleh disamakan dengan hewan yang dibinasakan. t  49:13 (49-14) Inilah jalannya orang-orang yang percaya kepada dirinya sendiri, u  ajal orang-orang yang gemar akan perkataannya sendiri. Sela 49:14 (49-15) Seperti domba mereka meluncur v  ke dalam dunia orang mati, w  digembalakan oleh maut; x  mereka turun langsung ke kubur, perawakan mereka hancur, dunia orang mati menjadi tempat kediaman mereka. 49:15 (49-16) Tetapi Allah akan membebaskan nyawaku dari cengkeraman dunia orang mati, y  sebab Ia akan menarik z  aku. Sela 49:16 (49-17) Janganlah takut, apabila seseorang menjadi kaya, apabila kemuliaan keluarganya bertambah, 49:17 (49-18) sebab pada waktu matinya semuanya itu tidak akan dibawanya a  serta, kemuliaannya tidak akan turun mengikuti dia. b  49:18 (49-19) Sekalipun ia menganggap dirinya berbahagia c  pada masa hidupnya, sekalipun orang menyanjungnya, karena ia berbuat baik terhadap dirinya sendiri, 49:19 (49-20) namun ia akan sampai kepada angkatan nenek moyangnya, d  yang tidak akan melihat terang e  untuk seterusnya. 49:20 (49-21) Manusia, yang dengan segala kegemilangannya tidak mempunyai pengertian, f  boleh disamakan dengan hewan yang dibinasakan. g 

Mazmur 84:1--85:13

Konteks
Rindu kepada kediaman Allah
84:1 Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Gitit. Mazmur bani Korah. (84-2) Betapa disenangi tempat kediaman-Mu 13 , t  ya TUHAN semesta alam! 84:2 (84-3) Jiwaku hancur karena merindukan u  pelataran-pelataran TUHAN 14 ; hatiku dan dagingku bersorak-sorai kepada Allah yang hidup. v  84:3 (84-4) Bahkan burung pipit telah mendapat sebuah rumah, dan burung layang-layang sebuah sarang, tempat menaruh anak-anaknya, pada mezbah-mezbah-Mu, w  ya TUHAN semesta alam, x  ya Rajaku y  dan Allahku! z  84:4 (84-5) Berbahagialah orang-orang yang diam di rumah-Mu 15 , yang terus-menerus memuji-muji Engkau. Sela 84:5 (84-6) Berbahagialah manusia yang kekuatannya a  di dalam Engkau, yang berhasrat mengadakan ziarah! b  84:6 (84-7) Apabila melintasi lembah Baka, mereka membuatnya menjadi tempat yang bermata air; c  bahkan hujan pada awal musim d  menyelubunginya dengan berkat. 84:7 (84-8) Mereka berjalan makin lama makin kuat, e  hendak menghadap f  Allah di Sion. g  84:8 (84-9) Ya TUHAN, Allah semesta alam, dengarkanlah doaku, h  pasanglah telinga, ya Allah Yakub. Sela 84:9 (84-10) Lihatlah perisai i  kami, ya Allah, pandanglah wajah orang yang Kauurapi! j  84:10 (84-11) Sebab lebih baik satu hari di pelataran-Mu dari pada seribu hari di tempat lain; lebih baik berdiri di ambang pintu k  rumah Allahku dari pada diam di kemah-kemah orang fasik. 84:11 (84-12) Sebab TUHAN Allah adalah matahari l  dan perisai; m  kasih dan kemuliaan Ia berikan; Ia tidak menahan n  kebaikan 16  dari orang yang hidup tidak bercela. 84:12 (84-13) Ya TUHAN semesta alam, berbahagialah o  manusia yang percaya kepada-Mu!
Doa mohon Israel dipulihkan
85:1 Untuk pemimpin biduan. Mazmur bani Korah. (85-2) Engkau telah berkenan kepada tanah-Mu, ya TUHAN, telah memulihkan keadaan p  Yakub. 85:2 (85-3) Engkau telah mengampuni q  kesalahan r  umat-Mu, telah menutupi segala dosa mereka. Sela 85:3 (85-4) Engkau telah menyurutkan segala gemas-Mu, s  telah meredakan murka-Mu t  yang menyala-nyala. 85:4 (85-5) Pulihkanlah u  kami, ya Allah penyelamat v  kami, dan tiadakanlah sakit hati-Mu kepada kami. 85:5 (85-6) Untuk selamanyakah w  Engkau murka atas kami dan melanjutkan murka-Mu turun-temurun? 85:6 (85-7) Apakah Engkau tidak mau menghidupkan x  kami kembali 17 , sehingga umat-Mu bersukacita y  karena Engkau? 85:7 (85-8) Perlihatkanlah kepada kami kasih setia-Mu, z  ya TUHAN, dan berikanlah kepada kami keselamatan a  dari pada-Mu! 85:8 (85-9) Aku mau mendengar apa yang hendak difirmankan Allah, TUHAN. Bukankah Ia hendak berbicara tentang damai b  kepada umat-Nya dan kepada orang-orang yang dikasihi-Nya, supaya jangan mereka kembali kepada kebodohan? c  85:9 (85-10) Sesungguhnya keselamatan d  dari pada-Nya dekat pada orang-orang yang takut akan Dia, sehingga kemuliaan e  diam di negeri kita. 85:10 (85-11) Kasih dan kesetiaan f  akan bertemu, keadilan g  dan damai sejahtera akan bercium-ciuman. 85:11 (85-12) Kesetiaan akan tumbuh dari bumi, dan keadilan h  akan menjenguk dari langit. 85:12 (85-13) Bahkan TUHAN akan memberikan kebaikan, i  dan negeri kita akan memberi j  hasilnya. 85:13 (85-14) Keadilan akan berjalan di hadapan-Nya, dan akan membuat jejak kaki-Nya menjadi jalan.

Mazmur 87:1--88:18

Konteks
Sion, kota Allah
87:1 Mazmur bani Korah: suatu nyanyian. Di gunung-gunung yang kudus t  ada kota yang dibangunkan-Nya: 87:2 TUHAN lebih mencintai pintu-pintu gerbang Sion u  dari pada segala tempat kediaman Yakub. 87:3 Hal-hal yang mulia dikatakan tentang engkau, ya kota Allah v . Sela 87:4 Aku menyebut Rahab w  dan Babel di antara orang-orang yang mengenal Aku, bahkan Filistea x , Tirus y  dan Etiopia: "Ini dilahirkan di sana." 87:5 Tetapi tentang Sion z  dikatakan: "Seorang demi seorang dilahirkan di dalamnya," dan Dia, Yang Mahatinggi, menegakkannya. 87:6 TUHAN menghitung pada waktu mencatat a  bangsa-bangsa: "Ini dilahirkan di sana." Sela 87:7 Dan orang menyanyi-nyanyi b  sambil menari beramai-ramai: "Segala mata airku c  ada di dalammu."
Doa pada waktu sakit payah
88:1 Nyanyian. Mazmur bani Korah. Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Mahalat Leanot. Nyanyian pengajaran Heman, orang Ezrahi. (88-2) Ya TUHAN, Allah yang menyelamatkan aku, d  siang hari aku berseru-seru, e  pada waktu malam aku menghadap Engkau 18 . 88:2 (88-3) Biarlah doaku datang ke hadapan-Mu, sendengkanlah telinga-Mu kepada teriakku; 88:3 (88-4) sebab jiwaku kenyang dengan malapetaka, f  dan hidupku sudah dekat dunia orang mati. g  88:4 (88-5) Aku telah dianggap termasuk orang-orang yang turun ke liang kubur; h  aku seperti orang yang tidak berkekuatan. i  88:5 (88-6) Aku harus tinggal di antara orang-orang mati, seperti orang-orang yang mati dibunuh, terbaring dalam kubur, yang tidak Kauingat lagi, sebab mereka terputus j  dari kuasa-Mu. 88:6 (88-7) Telah Kautaruh aku dalam liang kubur yang paling bawah, dalam kegelapan, dalam tempat yang dalam. k  88:7 (88-8) Aku tertekan oleh panas murka-Mu, l  dan segala pecahan ombak-Mu m  Kautindihkan kepadaku. Sela 88:8 (88-9) Telah Kaujauhkan kenalan-kenalanku n  dari padaku, telah Kaubuat aku menjadi kekejian bagi mereka. Aku tertahan o  dan tidak dapat keluar; p  88:9 (88-10) mataku q  merana karena sengsara. Aku telah berseru r  kepada-Mu, ya TUHAN, sepanjang hari, telah mengulurkan tanganku s  kepada-Mu. 88:10 (88-11) Apakah Kaulakukan keajaiban bagi orang-orang mati? Masakan arwah bangkit untuk bersyukur kepada-Mu? t  Sela 88:11 (88-12) Dapatkah kasih-Mu diberitakan di dalam kubur, dan kesetiaan-Mu u  di tempat kebinasaan? 88:12 (88-13) Diketahui orangkah keajaiban-keajaiban-Mu dalam kegelapan, dan keadilan-Mu di negeri segala lupa? 88:13 (88-14) Tetapi aku ini, ya TUHAN, kepada-Mu aku berteriak minta tolong, v  dan pada waktu pagi w  doaku datang ke hadapan-Mu. x  88:14 (88-15) Mengapa, ya TUHAN, Kaubuang y  aku, Kausembunyikan wajah-Mu z  dari padaku? 88:15 (88-16) Aku tertindas a  dan menjadi inceran maut sejak kecil, b  aku telah menanggung kengerian c  dari pada-Mu, aku putus asa. d  88:16 (88-17) Kehangatan murka-Mu e  menimpa aku, kedahsyatan-Mu f  membungkamkan aku, 88:17 (88-18) mengelilingi aku seperti air banjir g  sepanjang hari, mengepung aku serentak. 88:18 (88-19) Telah Kaujauhkan dari padaku sahabat dan teman, h  kenalan-kenalanku adalah kegelapan.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[42:1]  1 Full Life : BANI KORAH.

Nas : Mazm 42:1

Bani Korah adalah suatu keluarga suku Lewi yang pandai menyanyi (bd. 2Taw 20:19). Mengenai _maskil_ (nyanyian pengajaran)

lihat cat. --> Mazm 32:1.

[atau ref. Mazm 32:1]

[42:2]  2 Full Life : JIWAKU HAUS KEPADA ALLAH.

Nas : Mazm 42:3

Sebagaimana air penting sekali untuk kehidupan jasmaniah, demikianlah Allah dan kehadiran-Nya penting untuk kepuasan dan kepenuhan hidup ini. Orang percaya yang sejati akan lapar dan haus akan Allah dan kasih karunia, berkat, dan perbuatan adikodrati-Nya di dalam hidup mereka.

  1. 1) Berhenti merasa dahaga akan Allah berarti mati secara rohani; jadi, kita tidak boleh membiarkan apa pun mengurangi kerinduan yang mendalam akan hal-hal dari Allah. Waspadalah terhadap kekhawatiran hidup, usaha untuk mengejar hal-hal duniawi, dan berbagai kesenangan yang mencekik lapar dan dahaga akan Allah serta keinginan untuk mencari wajah-Nya dalam doa (Mr 4:19).
  2. 2) Kita harus berdoa agar keinginan akan hadirat Allah diperkuatkan, kasih kita akan manifestasi penuh Roh Kudus makin besar dan hasrat kita untuk melihat kepenuhan Kerajaan Kristus dan kebenaran-Nya makin diperdalam sehingga kita berseru kepada-Nya siang dan malam dengan dahaga yang sepenuh hati seperti rusa "yang merindukan sungai yang berair" pada musim kemarau (ayat Mazm 42:2;

    lihat cat. --> Mat 5:6;

    lihat cat. --> Mat 6:33).

    [atau ref. Mat 5:6; 6:33]

[42:6]  3 Full Life : JIWAKU TERTEKAN.

Nas : Mazm 42:7

Orang yang haus akan Allah dan mendambakan manifestasi yang lebih besar dari kehadiran-Nya mungkin mengalami penundaan. Namun orang percaya yang setia akan terus merasa dahaga dan mencari Allah. Tuhan berjanji untuk memberkati mereka yang dahaga dan lapar akan kebenaran daripada puas dengan sesuatu yang bukan berkat Allah yang penuh (Mat 5:6). Di tengah-tengah diamnya Allah, kita harus terus maju untuk mengenal Allah dan mengalami ukuran Roh Kudus secara lebih besar (bd. Hos 6:1-3; Kis 2:38-39; Ef 4:11-13). Kita tidak boleh putus asa, tetapi berharap kepada Allah dan mengandalkan kasih-Nya yang tidak pernah gagal (ayat Mazm 42:9-12).

[44:9]  4 Full Life : ENGKAU TELAH MEMBUANG

Nas : Mazm 44:10

(versi Inggris NIV -- Engkau telah menolak). Pemazmur percaya bahwa umat Allah sedang menderita dan dikalahkan karena Allah telah meninggalkan mereka (ayat Mazm 44:10-17). Namun, ia bingung karena ia tidak menemukan bukti adanya dosa yang dapat menjelaskan penolakan itu, karena mereka tetap setia kepada Allah dan perjanjian-Nya (ayat Mazm 44:18-20). Pemazmur merenungkan pengalaman anak-anak Allah yang, sekalipun tulus dan tak bercacat seperti Ayub, masih mengalami kemalangan besar, masa-masa ujian yang gelap, dan saat-saat kehadiran Allah tampaknya sudah ditarik kembali; jawaban terhadap pengalaman itu diberikan dalam ayat Mazm 44:23

(lihat cat. --> Mazm 44:23 selanjutnya).

[atau ref. Mazm 44:23]

[44:22]  5 Full Life : OLEH KARENA ENGKAU KAMI ADA DALAM BAHAYA MAUT SEPANJANG HARI.

Nas : Mazm 44:23

Roh Kudus menyatakan bahwa penderitaan tertentu dialami oleh umat Allah yang setia karena mereka memelihara kesetiaan kepada-Nya di tengah-tengah dunia yang bermusuhan. Rasul Paulus mengutip ayat ini dalam Rom 8:36 untuk mengajarkan bahwa semua orang yang menyatu dengan Kristus dan menolak menyesuaikan diri dengan dunia yang jahat akan mengalami kesedihan, penganiayaan, dan penderitaan. Pada saat yang sama, umat Allah dijamin akan menang melalui Yesus Kristus, karena mengetahui bahwa tidak ada kemalangan yang dapat memisahkan mereka dari kasih Allah

(lihat cat. --> Rom 8:17;

lihat cat. --> Rom 8:36).

[atau ref. Rom 8:17,36]

[45:6]  6 Full Life : TAKHTAMU ... ALLAH, TETAP UNTUK SETERUSNYA DAN SELAMANYA

Nas : Mazm 45:7-8

(versi Inggris NIV -- Takhta-Mu, ya Allah, tetap ... selamanya). Kedua ayat ini akhirnya digenapi dalam Yesus Kristus. Penulis surat Ibrani menerapkan ayat-ayat ini pada pemuliaan, keunggulan, kekuasaan, dan sifat Kristus (Ibr 1:8).

  1. 1) Kekuasaan Kristus akan "sampai selama-lamanya" (Wahy 1:6). Raja Mesias disebut "Allah" dalam ayat Mazm 45:7 berbeda dengan "Allahmu" dalam ayat Mazm 45:8 (yaitu, Bapa). Perbedaan ini sesuai dengan ajaran PB bahwa baik Kristus maupun Bapa adalah Allah sepenuhnya.
  2. 2) Di dalam Mazmur ini, sifat Kristus yang paling penting dilukiskan dengan istilah kasih dan kebencian.
    1. (a) Ia mengasihi kebenaran, karena itu menandakan kerajaan-Nya. Karena sukacita-Nya ditemukan di dalam melakukan kehendak Bapa (Ibr 10:7), Ia sangat mengasihi kebenaran di dalam segenap perwujudannya (bd. Ef 5:26; Ibr 13:12).
    2. (b) Sebagaimana Ia sangat mengasihi kebenaran, begitu pula Ia sangat membenci kejahatan. Hal ini dijelaskan-Nya dengan mati disalib untuk menghancurkan kejahatan dan menyelamatkan umat-Nya dari dosa-dosa mereka (Mat 1:21). Ketika berada di bumi, Ia menghadapi bermacam-macam dosa: suatu angkatan yang jahat (Mat 12:39), benteng pertahanan ketidakbenaran Iblis (Mr 1:34-39), dan kemunafikan di antara umat Allah (pasal Mat 23:1-39). Pada akhir zaman Ia akan kembali untuk menegakkan kebenaran di atas bumi (pasal Wahy 19:1-22:21).
  3. 3) Karena Yesus Kristus mengasihi kebenaran dan membenci kejahatan, Allah mengangkat Dia di atas semua orang lain dengan mengurapi-Nya. Pengurapan ini mengacu kepada kemuliaan, kebahagiaan, dan kekuasaan yang diberikan Allah kepada-Nya. "Minyak kesukaan" (terj. versi Inggris NIV) mengacu langsung kepada pengurapan-Nya dengan Roh Kudus (lih. Mat 3:16-17; Gal 5:22-23;

    lihat cat. --> Ibr 1:9).

    [atau ref. Ibr 1:9]

  4. 4) Demikian pula, pencurahan Roh Kudus secara berkelimpahan atas umat Allah hanya akan terjadi apabila mereka ikut merasakan kasih Kristus yang sepenuh hati akan kebenaran. Lagi pula, hak untuk melayani sebagai pemimpin rohani umat Allah akan dilandaskan pada kasih seperti Kristus akan kebenaran dan penolakan gigih terhadap kejahatan (1Tim 3:1-7).

[46:1]  7 Full Life : BAGI KITA TEMPAT PERLINDUNGAN DAN KEKUATAN.

Nas : Mazm 46:2-3

Sekalipun kita semua kadang-kadang mengalami kekeringan rohani (bd. pasal Mazm 44:1-27), ini bukan hal yang lazim, karena Allah ingin dekat dengan umat-Nya untuk menolong dan menghibur. Mazmur ini mengungkapkan kepercayaan dan keyakinan akan Allah sementara masa ketidakstabilan dan ketidakpastian.

  1. 1) Kuasa dan kemampuan untuk menghadapi ketidakpastian dan kesengsaraan hidup ini terdapat di dalam Allah. "Tempat perlindungan" menggambarkan perlindungan dari bahaya, menunjukkan bahwa Allah adalah keamanan sejati kita di tengah-tengah badai kehidupan (lih. Yes 4:5-6). "Kekuatan" mengacu kepada keperkasaan-Nya ketika memerangi musuh-musuh kita (Mazm 21:9; Kel 15:13) dan mencakup kekuatan-Nya yang bekerja dengan kuat kuasa di dalam kita (Kol 1:29) dan memungkinkan kita mengatasi halangan-halangan dalam hidup ini.
  2. 2) Hasil terakhir ialah bahwa Dia menjadi "penolong dalam kesesakan
    1. (yang) sangat terbukti". Allah sedia untuk menolong umat-Nya dan mengharapkan kita berseru kepada-Nya memohon pertolongan setiap kali kita memerlukannya (Ibr 4:16). Kuasa-Nya memadai untuk segala situasi Ia dan tidak pernah meninggalkan kita; jadi, kita tidak perlu takut.

[46:4]  8 Full Life : ALIRAN-ALIRAN SEBUAH SUNGAI.

Nas : Mazm 46:5

"Sungai" Allah merupakan aliran yang terus-menerus dari kasih karunia, kemuliaan, dan kuasa-Nya di tengah-tengah umat-Nya yang setia (bd. ayat Mazm 46:12; Yes 8:6; Yeh 47:1; Wahy 3:12; 22:1). Sungai jernih yang memberi hidup ini mengalir dari Allah Bapa (Yer 2:13), Allah Anak (Za 13:1; Yoh 4:14) dan Allah Roh Kudus (Yoh 7:38-39); sungai ini mengalir dari takhta Allah dan tak henti-hentinya menyegarkan orang percaya, baik mereka yang ada di bumi (Yoh 4:13-14; 7:38) maupun mereka di sorga (Wahy 22:1). Berkat yang paling penting dari sungai ini adalah bahwa olehnya Allah dibawa di tengah-tengah umat-Nya (ayat Mazm 46:6), "Tuhan semesta alam menyertai kita" (ayat Mazm 46:8,12).

[46:10]  9 Full Life : DIAMLAH.

Nas : Mazm 46:11

Istilah Ibrani "diamlah" ini juga dapat diterjemahkan dengan "lepaskanlah", yaitu berhentilah memegang hal-hal yang menghalangi saudara meninggikan Allah dan memberikan Dia tempat-Nya yang layak dalam hidup saudara.

[48:1]  10 Full Life : KOTA ALLAH KITA.

Nas : Mazm 48:2

Yang dimaksud dengan kota Allah kita dan kota Raja Besar (ayat Mazm 48:3) ialah Yerusalem (Mat 5:35). Kota ini akan didirikan "untuk selama-lamanya" (ayat Mazm 48:9). Apa yang dimulai Allah dalam PL akan diselesaikan di Yerusalem baru pada akhir zaman (Wahy 21:10-22:5;

lihat art. KOTA YERUSALEM).

[48:14]  11 Full Life : DIALAH YANG MEMIMPIN KITA

Nas : Mazm 48:15

(versi Inggris NIV -- sampai akhir). Tuhan telah mengikat diri-Nya untuk menjadi pemimpin yang setia dan tetap bagi orang percaya sepanjang hidup ini, dalam pengalaman kematian dan di seberang kematian sampai ke rumah kekal di mana kita akan bersama Dia selamanya (Yoh 14:1-3; 1Tes 4:17; Wahy 21:3;

lihat cat. --> Fili 1:21;

[atau ref. Fili 1:21]

lihat art. KEMATIAN).

[49:1]  12 Full Life : DENGARLAH.

Nas : Mazm 49:2-21

Mazmur ini menekankan betapa sia-sianya mengandalkan kekayaan dan sifat sementara dari segala sesuatu yang bisa ditawarkan dunia ini. Pemazmur menyatakan bahwa orang yang hidupnya terdiri atas harta berlimpah-limpah dan kesenangan dan kemasyhuran duniawi (Mat 6:19-21; Luk 12:15), dan bukan mencari Allah dan kerajaan-Nya, akan musnah (ayat Mazm 49:13-15,17-18); pada pihak lain, orang yang hidup bagi Allah akan dibebaskan dari dunia orang mati (ayat Mazm 49:16;

lihat art. KEKAYAAN DAN KEMISKINAN).

[84:1]  13 Full Life : BETAPA DISENANGI TEMPAT KEDIAMAN-MU.

Nas : Mazm 84:2-13

Mazmur ini menggambarkan orang percaya yang demikian terikat kepada Allah sehingga melebihi segala sesuatu mereka mendambakan untuk berada di rumah dan kehadiran Allah (bd. pasal Mazm 42:1-12). Keinginan mereka yang terbesar ialah mengalami dekatnya Allah, menyembah Dia bersama dengan orang percaya lainnya (ayat Mazm 84:11) dan menerima berkat-berkat-Nya

(lihat cat. --> Mazm 84:5).

[atau ref. Mazm 84:5]

[84:2]  14 Full Life : JIWAKU ... MERINDUKAN PELATARAN-PELATARAN TUHAN.

Nas : Mazm 84:3

Lihat cat. --> Mazm 42:3,7

lihat cat. --> Mazm 42:7

[atau ref. Mazm 42:3,7]

mengenai dahaga dan lapar akan dekatnya Allah.

[84:4]  15 Full Life : BERBAHAGIALAH ORANG-ORANG YANG DIAM DI RUMAH-MU.

Nas : Mazm 84:5

Orang yang pergi ke rumah Tuhan mencari kehadiran-Nya akan menerima berkat-Nya. Tercakup dalam berkat ini ialah dekatnya Allah, kekuatan rohani yang dibaharui (ayat Mazm 84:6-8), doa yang dijawab (ayat Mazm 84:9) serta perkenan dan kehormatan (ayat Mazm 84:12;

lihat cat. --> Luk 24:50).

[atau ref. Luk 24:50]

[84:11]  16 Full Life : IA TIDAK MENAHAN KEBAIKAN.

Nas : Mazm 84:12

Janji ini secara khusus ditujukan kepada orang percaya yang dengan sungguh-sungguh berusaha untuk hidup saleh dan benar. Yang dipandang baik oleh Allah berkaitan langsung dengan penggenapan maksud-Nya di dalam hidup kita. Tugas kita adalah hidup tulus dan mengandalkan Allah untuk menyediakan segala sesuatu yang baik -- jasmaniah dan rohani, bersifat sementara dan kekal (lih. Mazm 34:11; Mat 6:33; Rom 8:28; 1Kor 2:9; 1Tim 4:8).

[85:6]  17 Full Life : APAKAH ENGKAU TIDAK MAU MENGHIDUPKAN KAMI KEMBALI?

Nas : Mazm 85:7

Tidaklah salah jikalau umat Allah berdoa agar Ia menghidupkan mereka kembali, baik secara pribadi maupun kelompok. Keselamatan dan kehidupan rohani tergantung kepada Allah yang memberikan kepada kita kemurahan, pengampunan, kuasa, Roh pemberi hidup dan keinginan kuat untuk melaksanakan kehendak-Nya (lih. Yoh 3:16; 1Kor 15:10; Fili 2:13; 1Tim 1:15-16). Apabila kita berada di tingkat yang rendah secara rohani, tidak mengalami berkat-berkat rohani sebagaimana dimaksudkan Allah, maka hendaknya kita dengan jujur mengakui kemiskinan batiniah kita dan berdoa agar Allah menghidupkan kita kembali

(lihat cat. --> 2Taw 17:9;

lihat cat. --> 2Taw 29:5;

lihat cat. --> 2Taw 34:30).

[atau ref. 2Taw 17:9; 29:5; 34:30]

[88:1]  18 Full Life : SIANG HARI AKU BERSERU-SERU, PADA WAKTU MALAM AKU MENGHADAP ENGKAU

Nas : Mazm 88:2-19

(versi Inggris NIV -- Siang dan malam aku berseru-seru). Beberapa kalangan beranggapan bahwa ini merupakan mazmur yang tersedih. Penggubahnya telah banyak menderita (ayat Mazm 88:4), mungkin dia seorang penderita kusta (bd. ayat Mazm 88:9). Ia merasa ajalnya sudah dekat dan bahwa Allah telah menolaknya (ayat Mazm 88:8,15,17-19). Ia telah berseru siang dan malam kepada Allah, tetapi tampaknya tidak dijawab (ayat Mazm 88:2-3,14). Ia patah hati dan hampir tidak ada harapan lagi. Namun dengan iman ia tidak mau melepaskan Allah; ia mengaku bahwa Tuhan tetaplah Allah yang menyelamatkan dirinya (ayat Mazm 88:2).

  1. 1) Pengalaman pemazmur sangat mirip dengan pengalaman Ayub, walaupun di dalam kasus ini tidak diberi tahu alasan di balik penderitaannya dan diamnya Allah.
  2. 2) Mazmur ini menyatakan bahwa Allah kadang-kadang mengizinkan saat-saat kesusahan dan putus asa di dalam kehidupan orang percaya. Sungguh merupakan pengalaman yang suram bila tidak ada alasan yang jelas untuk persoalan-persoalan kita dan bila Allah terasa jauh sekali. Sepanjang penderitaan semacam itu ada unsur misteri yang baru tersingkap waktu kita bersama Allah di sorga. Sementara itu, baik iman kepada Allah sebagai Dia yang menyelamatkan kita maupun hubungan yang benar dengan Dia adalah penting untuk mengatasi penderitaan itu. Kita tidak boleh lupa bahwa pada akhirnya "baik maut maupun hidup ... baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang ... tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita" (Rom 8:38-39).



TIP #35: Beritahu teman untuk menjadi rekan pelayanan dengan gunakan Alkitab SABDA™ di situs Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 0.05 detik
dipersembahkan oleh YLSA