TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Mazmur 20:1-9

Konteks
Doa mohon kemenangan bagi raja
20:1 Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. (20-2) Kiranya TUHAN menjawab engkau pada waktu kesesakan 1 ! d  Kiranya nama Allah Yakub e  membentengi engkau! f  20:2 (20-3) Kiranya dikirimkan-Nya bantuan g  kepadamu dari tempat kudus h  dan disokong-Nya i  engkau dari Sion. j  20:3 (20-4) Kiranya diingat-Nya k  segala korban persembahanmu, dan disukai-Nya korban bakaranmu. l  Sela 20:4 (20-5) Kiranya diberikan-Nya kepadamu apa yang kaukehendaki m  dan dijadikan-Nya berhasil n  apa yang kaurancangkan. 20:5 (20-6) Kami mau bersorak-sorai o  tentang kemenanganmu dan mengangkat panji-panji p  demi nama Allah kita; kiranya TUHAN memenuhi segala permintaanmu. q  20:6 (20-7) Sekarang aku tahu, bahwa TUHAN memberi kemenangan kepada orang yang diurapi-Nya r  dan menjawabnya dari sorga-Nya yang kudus dengan kemenangan yang gilang-gemilang oleh tangan kanan-Nya. s  20:7 (20-8) Orang ini memegahkan kereta t  dan orang itu memegahkan kuda, u  tetapi kita bermegah dalam nama TUHAN, Allah v  kita. 20:8 (20-9) Mereka rebah dan jatuh, w  tetapi kita bangun berdiri x  dan tetap tegak. y  20:9 (20-10) Ya TUHAN, berikanlah kemenangan kepada raja! Jawablah kiranya kami z  pada waktu kami berseru!

Mazmur 26:1--27:14

Konteks
Doa mohon dibenarkan oleh TUHAN
26:1 Dari Daud. Berilah keadilan kepadaku, y  ya TUHAN, sebab aku telah hidup dalam ketulusan; z  kepada TUHAN aku percaya a  dengan tidak ragu-ragu. b  26:2 Ujilah c  aku, ya TUHAN, dan cobalah aku; selidikilah batinku dan hatiku. d  26:3 Sebab mataku tertuju pada kasih setia-Mu, e  dan aku hidup f  dalam kebenaran-Mu. g  26:4 Aku tidak duduk h  dengan penipu, dan dengan orang munafik i  aku tidak bergaul; 26:5 aku benci j  kepada perkumpulan orang yang berbuat jahat, dan dengan orang fasik aku tidak duduk. 26:6 Aku membasuh tanganku tanda tak bersalah, k  lalu berjalan mengelilingi mezbah-Mu, ya TUHAN, 26:7 sambil memperdengarkan nyanyian syukur l  dengan nyaring, dan menceritakan segala perbuatan-Mu m  yang ajaib. 26:8 TUHAN, aku cinta n  pada rumah kediaman-Mu 2  dan pada tempat kemuliaan-Mu bersemayam. o  26:9 Janganlah mencabut nyawaku bersama-sama orang berdosa, p  atau hidupku bersama-sama orang penumpah darah, 26:10 yang pada tangannya melekat perbuatan mesum, q  dan yang tangan kanannya menerima suapan. r  26:11 Tetapi aku ini hidup dalam ketulusan; bebaskanlah s  aku dan kasihanilah aku. 26:12 Kakiku berdiri di tanah t  yang rata; aku mau memuji TUHAN dalam jemaah. u 
Aman dalam perlindungan Allah
27:1 Dari Daud. TUHAN adalah terangku v  dan keselamatanku, w  kepada siapakah aku harus takut? TUHAN adalah benteng x  hidupku, terhadap siapakah aku harus gemetar? y  27:2 Ketika penjahat-penjahat menyerang aku untuk memakan dagingku, yakni semua lawanku dan musuhku, mereka sendirilah yang tergelincir dan jatuh. z  27:3 Sekalipun tentara berkemah mengepung aku, tidak takut a  hatiku; sekalipun timbul peperangan melawan aku, dalam hal itupun aku tetap percaya. b  27:4 Satu hal c  telah kuminta 3  kepada TUHAN, itulah yang kuingini: diam di rumah TUHAN seumur hidupku, d  menyaksikan kemurahan TUHAN dan menikmati bait-Nya. 27:5 Sebab Ia melindungi aku dalam pondok-Nya pada waktu bahaya; e  Ia menyembunyikan f  aku dalam persembunyian g  di kemah-Nya, Ia mengangkat aku ke atas gunung batu. h  27:6 Maka sekarang tegaklah i  kepalaku, mengatasi musuhku sekeliling aku; j  dalam kemah-Nya aku mau mempersembahkan korban k  dengan sorak-sorai; l  aku mau menyanyi m  dan bermazmur n  bagi TUHAN. 27:7 Dengarlah, TUHAN, seruan o  yang kusampaikan, kasihanilah aku dan jawablah aku! p  27:8 Hatiku mengikuti firman-Mu: "Carilah wajah-Ku q "; maka wajah-Mu kucari, ya TUHAN. 27:9 Janganlah menyembunyikan wajah-Mu r  kepadaku, janganlah menolak hamba-Mu ini dengan murka; s  Engkaulah pertolonganku, t  janganlah membuang aku dan janganlah meninggalkan u  aku, ya Allah penyelamatku! v  27:10 Sekalipun ayahku dan ibuku meninggalkan aku, namun TUHAN menyambut aku. 27:11 Tunjukkanlah jalan-Mu w  kepadaku, ya TUHAN, dan tuntunlah aku di jalan yang rata x  oleh sebab seteruku. y  27:12 Janganlah menyerahkan aku kepada nafsu lawanku, sebab telah bangkit menyerang aku saksi-saksi z  dusta, dan orang-orang yang bernafaskan kelaliman. 27:13 Sesungguhnya, aku percaya 4  akan melihat kebaikan TUHAN a  di negeri orang-orang yang hidup! b  27:14 Nantikanlah c  TUHAN! Kuatkanlah d  dan teguhkanlah hatimu! Ya, nantikanlah TUHAN!

Mazmur 66:1-20

Konteks
Nyanyian syukur karena orang Israel tertolong
66:1 Untuk pemimpin biduan. Nyanyian Mazmur. Bersorak-sorailah bagi Allah, hai seluruh bumi, d  66:2 mazmurkanlah kemuliaan nama-Nya, e  muliakanlah f  Dia dengan puji-pujian! 66:3 Katakanlah kepada Allah: "Betapa dahsyatnya segala pekerjaan-Mu; g  oleh sebab kekuatan-Mu yang besar musuh-Mu tunduk h  menjilat kepada-Mu. 66:4 Seluruh bumi sujud menyembah i  kepada-Mu, dan bermazmur j  bagi-Mu, memazmurkan nama-Mu." Sela 66:5 Pergilah dan lihatlah pekerjaan-pekerjaan k  Allah 5 ; Ia dahsyat dalam perbuatan-Nya terhadap manusia: 66:6 Ia mengubah laut menjadi tanah kering, l  dan orang-orang itu berjalan kaki menyeberangi m  sungai. Oleh sebab itu kita bersukacita n  karena Dia, 66:7 yang memerintah dengan perkasa untuk selama-lamanya, o  yang mata-Nya mengawasi p  bangsa-bangsa. Pemberontak-pemberontak q  tidak dapat meninggikan diri. Sela 66:8 Pujilah r  Allah kami, hai bangsa-bangsa, dan perdengarkanlah puji-pujian kepada-Nya! 66:9 Ia mempertahankan jiwa s  kami di dalam hidup dan tidak membiarkan kaki kami goyah. t  66:10 Sebab Engkau telah menguji u  kami, ya Allah, telah memurnikan kami, seperti orang memurnikan perak. v  66:11 Engkau telah membawa kami ke dalam jaring, w  mengenakan beban x  pada pinggang kami; 66:12 Engkau telah membiarkan orang-orang melintasi kepala y  kami, kami telah menempuh api dan air; tetapi Engkau telah mengeluarkan kami sehingga bebas. z  66:13 Aku akan masuk ke dalam rumah-Mu dengan membawa korban-korban bakaran, a  aku akan membayar kepada-Mu nazarku, b  66:14 yang telah diucapkan bibirku, dan dikatakan mulutku pada waktu aku susah. 66:15 Korban-korban bakaran dari binatang gemuk akan kupersembahkan kepada-Mu, dengan asap korban dari domba-domba jantan; aku akan menyediakan lembu-lembu dan kambing-kambing jantan. c  Sela 66:16 Marilah, dengarlah, d  hai kamu sekalian yang takut akan Allah, aku hendak menceritakan e  apa yang dilakukan-Nya terhadap diriku. 66:17 Kepada-Nya aku telah berseru dengan mulutku, kini dengan lidahku aku menyanyikan pujian. 66:18 Seandainya ada niat jahat 6  dalam hatiku, tentulah Tuhan tidak mau mendengar. f  66:19 Sesungguhnya, Allah telah mendengar, Ia telah memperhatikan doa yang kuucapkan. g  66:20 Terpujilah Allah, yang tidak menolak h  doaku dan tidak menjauhkan kasih setia-Nya dari padaku.

Mazmur 81:1-16

Konteks
Nyanyian pada waktu pembaruan perjanjian
81:1 Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Gitit. Dari Asaf. (81-2) Bersorak-sorailah bagi Allah, kekuatan kita, bersorak-soraklah bagi Allah Yakub. t  81:2 (81-3) Angkatlah lagu, bunyikanlah rebana, u  kecapi v  yang merdu, diiringi gambus. w  81:3 (81-4) Tiuplah sangkakala x  pada bulan baru, pada bulan purnama, y  pada hari raya kita. 81:4 (81-5) Sebab hal itu adalah suatu ketetapan bagi Israel, suatu hukum dari Allah Yakub. z  81:5 (81-6) Sebagai suatu peringatan bagi Yusuf ditetapkan-Nya hal itu, pada waktu Ia maju melawan tanah Mesir. a  Aku mendengar bahasa yang tidak kukenal: b  81:6 (81-7) "Aku telah mengangkat beban c  dari bahunya, d  tangannya telah bebas dari keranjang pikulan; 81:7 (81-8) dalam kesesakan engkau berseru, e  maka Aku meluputkan engkau; Aku menjawab f  engkau dalam persembunyian guntur, Aku telah menguji engkau dekat air Meriba. g  Sela 81:8 (81-9) Dengarlah hai umat-Ku, h  Aku hendak memberi peringatan kepadamu; hai Israel, jika engkau mau mendengarkan Aku! 81:9 (81-10) Janganlah ada di antaramu allah lain, i  dan janganlah engkau menyembah kepada allah asing. 81:10 (81-11) Akulah TUHAN, Allahmu, yang menuntun engkau keluar dari tanah Mesir: j  bukalah k  mulutmu lebar-lebar, maka Aku akan membuatnya penuh. l  81:11 (81-12) Tetapi umat-Ku tidak mendengarkan suara-Ku, dan Israel tidak suka kepada-Ku. m  81:12 (81-13) Sebab itu Aku membiarkan n  dia dalam kedegilan hatinya; biarlah mereka berjalan mengikuti rencananya sendiri! 81:13 (81-14) Sekiranya umat-Ku mendengarkan Aku! o  Sekiranya Israel hidup menurut jalan yang Kutunjukkan! 81:14 (81-15) Seketika itu juga musuh mereka Aku tundukkan, p  dan terhadap para lawan mereka Aku balikkan tangan-Ku. q  81:15 (81-16) Orang-orang yang membenci TUHAN akan tunduk menjilat r  kepada-Nya, dan itulah nasib mereka untuk selama-lamanya. 81:16 (81-17) Tetapi umat-Ku akan Kuberi makan gandum s  yang terbaik dan dengan madu dari gunung batu Aku akan mengenyangkannya."

Mazmur 107:1-43

Konteks
Nyanyian syukur dari orang-orang yang ditebus TUHAN
107:1 Bersyukurlah 7  kepada TUHAN, j  sebab Ia baik! k  Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. 107:2 Biarlah itu dikatakan orang-orang yang ditebus l  TUHAN, yang ditebus-Nya dari kuasa yang menyesakkan, 107:3 yang dikumpulkan-Nya m  dari negeri-negeri, dari timur dan dari barat, dari utara dan dari selatan. 107:4 Ada orang-orang yang mengembara di padang belantara, n  jalan ke kota o  tempat kediaman orang tidak mereka temukan; 107:5 mereka lapar p  dan haus, q  jiwa mereka lemah lesu di dalam diri mereka. 107:6 Maka berseru-serulah r  mereka kepada TUHAN 8  dalam kesesakan mereka, dan dilepaskan-Nya mereka dari kecemasan mereka. 107:7 Dibawa-Nya mereka menempuh jalan yang lurus, s  sehingga sampai ke kota t  tempat kediaman orang. 107:8 Biarlah mereka bersyukur u  kepada TUHAN karena kasih setia-Nya, v  karena perbuatan-perbuatan-Nya w  yang ajaib terhadap anak-anak manusia, 107:9 sebab dipuaskan-Nya x  jiwa yang dahaga, dan jiwa yang lapar dikenyangkan-Nya dengan kebaikan. y  107:10 Ada orang-orang yang duduk di dalam gelap z  dan kelam, terkurung dalam sengsara a  dan besi. b  107:11 Karena mereka memberontak c  terhadap perintah-perintah Allah, dan menista d  nasihat e  Yang Mahatinggi, 107:12 maka ditundukkan-Nya hati mereka ke dalam kesusahan, mereka tergelincir, dan tidak ada yang menolong. f  107:13 Maka berseru-serulah mereka kepada TUHAN dalam kesesakan mereka, dan diselamatkan-Nyalah mereka g  dari kecemasan mereka 9 , 107:14 dibawa-Nya mereka keluar dari dalam gelap h  dan kelam, i  dan diputuskan-Nya belenggu-belenggu j  mereka. 107:15 Biarlah mereka bersyukur k  kepada TUHAN karena kasih setia-Nya, l  karena perbuatan-perbuatan-Nya m  yang ajaib terhadap anak-anak manusia, 107:16 sebab dipecahkan-Nya pintu-pintu tembaga, dan dihancurkan-Nya palang-palang pintu besi. 107:17 Ada orang-orang menjadi sakit n  oleh sebab kelakuan o  mereka yang berdosa, dan disiksa p  oleh sebab kesalahan-kesalahan mereka; 107:18 mereka muak terhadap segala makanan q  dan mereka sudah sampai pada pintu gerbang maut. r  107:19 Maka berseru-serulah s  mereka kepada TUHAN dalam kesesakan mereka, dan diselamatkan-Nya mereka t  dari kecemasan mereka, 107:20 disampaikan-Nya firman-Nya u  dan disembuhkan-Nya v  mereka, diluputkan-Nya w  mereka dari liang kubur. x  107:21 Biarlah mereka bersyukur y  kepada TUHAN karena kasih setia-Nya, z  karena perbuatan-perbuatan-Nya a  yang ajaib terhadap anak-anak manusia. 107:22 Biarlah mereka mempersembahkan korban syukur, b  dan menceritakan pekerjaan-pekerjaan-Nya c  dengan sorak-sorai! d  107:23 Ada orang-orang yang mengarungi laut e  dengan kapal-kapal, f  yang melakukan perdagangan di lautan luas; 107:24 mereka melihat pekerjaan-pekerjaan TUHAN, g  dan perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib di tempat yang dalam. 107:25 Ia berfirman, h  maka dibangkitkan-Nya angin badai i  yang meninggikan gelombang-gelombangnya. j  107:26 Mereka naik sampai ke langit dan turun ke samudera raya, jiwa mereka hancur k  karena celaka; l  107:27 mereka pusing m  dan terhuyung-huyung seperti orang mabuk, dan kehilangan akal. 107:28 Maka berseru-serulah n  mereka kepada TUHAN dalam kesesakan mereka, dan dikeluarkan-Nya mereka dari kecemasan o  mereka, 107:29 dibuat-Nyalah badai p  itu diam, sehingga gelombang-gelombangnya q  tenang. r  107:30 Mereka bersukacita, sebab semuanya reda, dan dituntun-Nya mereka s  ke pelabuhan kesukaan mereka. 107:31 Biarlah mereka bersyukur t  kepada TUHAN karena kasih setia-Nya, u  karena perbuatan-perbuatan-Nya v  yang ajaib terhadap anak-anak manusia. 107:32 Biarlah mereka meninggikan w  Dia dalam jemaat x  umat itu, dan memuji-muji Dia dalam majelis para tua-tua. 107:33 Dibuat-Nya sungai-sungai menjadi padang gurun, y  dan pancaran-pancaran air z  menjadi tanah gersang, 107:34 tanah yang subur menjadi padang asin, a  oleh sebab kejahatan orang-orang yang diam di dalamnya. 107:35 Dibuat-Nya padang gurun menjadi kolam air, b  dan tanah kering menjadi pancaran-pancaran air. c  107:36 Ditempatkan-Nya di sana orang-orang lapar, dan mereka mendirikan kota tempat kediaman; 107:37 mereka menabur di ladang-ladang dan membuat kebun-kebun anggur, d  yang mengeluarkan buah-buahan sebagai hasil. 107:38 Diberkati-Nya mereka sehingga mereka bertambah e  banyak dengan sangat, dan hewan-hewan mereka tidak dibuat-Nya berkurang. f  107:39 Tetapi mereka menjadi berkurang g  dan membungkuk h  oleh sebab tekanan celaka dan duka. 107:40 Ditumpahkan-Nya kehinaan ke atas orang-orang terkemuka, i  dan dibuat-Nya mereka mengembara di padang tandus j  yang tiada jalan; 107:41 tetapi orang miskin k  dibentengi-Nya terhadap penindasan, dan dibuat-Nya kaum-kaum mereka seperti kawanan domba l  banyaknya. 107:42 Orang-orang benar melihatnya, lalu bersukacita, m  tetapi segala kecurangan tutup mulut. n  107:43 Siapa yang mempunyai hikmat? o  Biarlah ia berpegang pada semuanya ini, dan memperhatikan segala kemurahan p  TUHAN.

Mazmur 116:1-19

Konteks
Terluput dari belenggu maut
116:1 Aku mengasihi TUHAN 10 , l  sebab Ia mendengarkan suaraku m  dan permohonanku. n  116:2 Sebab Ia menyendengkan telinga-Nya o  kepadaku, maka seumur hidupku aku akan berseru kepada-Nya. 116:3 Tali-tali maut p  telah meliliti aku, dan kegentaran terhadap dunia orang mati menimpa aku, aku mengalami kesesakan dan kedukaan. 116:4 Tetapi aku menyerukan nama q  TUHAN: "Ya TUHAN, luputkanlah kiranya aku! r " 116:5 TUHAN adalah pengasih dan adil, s  Allah kita penyayang. t  116:6 TUHAN memelihara orang-orang sederhana; aku sudah lemah, u  tetapi diselamatkan-Nya aku. v  116:7 Kembalilah tenang, w  hai jiwaku, sebab TUHAN telah berbuat baik x  kepadamu. 116:8 Ya, Engkau telah meluputkan aku y  dari pada maut, dan mataku dari pada air mata, dan kakiku dari pada tersandung. 116:9 Aku boleh berjalan di hadapan TUHAN, z  di negeri orang-orang hidup. a  116:10 Aku percaya, b  sekalipun aku berkata: "Aku ini sangat tertindas. c " 116:11 Aku ini berkata dalam kebingunganku: "Semua manusia pembohong. d " 116:12 Bagaimana akan kubalas 11  kepada TUHAN segala kebajikan-Nya e  kepadaku? 116:13 Aku akan mengangkat piala keselamatan, dan akan menyerukan nama f  TUHAN, 116:14 akan membayar nazarku g  kepada TUHAN di depan seluruh umat-Nya. 116:15 Berharga di mata h  TUHAN kematian semua orang yang dikasihi-Nya 12 . i  116:16 Ya TUHAN, aku hamba-Mu! j  Aku hamba-Mu, anak dari hamba-Mu perempuan! k  Engkau telah membuka ikatan-ikatanku! l  116:17 Aku akan mempersembahkan korban syukur m  kepada-Mu, dan akan menyerukan nama TUHAN, 116:18 akan membayar nazarku n  kepada TUHAN di depan seluruh umat-Nya, 116:19 di pelataran o  rumah TUHAN, di tengah-tengahmu, ya Yerusalem! p  Haleluya!

Mazmur 134:1--135:21

Konteks
Puji-pujian pada malam hari
134:1 Nyanyian ziarah. Mari, pujilah TUHAN, hai semua hamba r  TUHAN, yang datang melayani s  di rumah TUHAN pada waktu malam 13 . t  134:2 Angkatlah tanganmu u  ke tempat kudus v  dan pujilah TUHAN! w  134:3 Kiranya TUHAN yang menjadikan langit x  dan bumi, memberkati engkau dari Sion. y 
Hanya TUHAN yang patut dipuji
135:1 Haleluya! Pujilah nama TUHAN 14 , pujilah, hai hamba-hamba z  TUHAN, 135:2 hai orang-orang yang datang melayani di rumah a  TUHAN, di pelataran b  rumah Allah kita! 135:3 Pujilah TUHAN, sebab TUHAN itu baik, c  bermazmurlah bagi nama-Nya, d  sebab nama itu indah! e  135:4 Sebab TUHAN telah memilih Yakub f  bagi-Nya, Israel menjadi milik kesayangan-Nya. g  135:5 Sesungguhnya aku tahu, bahwa TUHAN itu maha besar h  dan Tuhan kita itu melebihi segala allah. i  135:6 TUHAN melakukan apa yang dikehendaki-Nya, j  di langit dan di bumi, k  di laut dan di segenap samudera raya; 135:7 Ia menaikkan kabut dari ujung bumi, Ia membuat kilat mengikuti hujan, l  Ia mengeluarkan angin m  dari dalam perbendaharaan-Nya. n  135:8 Dialah yang memukul mati anak-anak sulung o  Mesir, baik manusia maupun hewan, 135:9 dan mendatangkan tanda-tanda p  dan mujizat-mujizat ke tengah-tengahmu, hai Mesir, menentang Firaun dan menentang semua pegawainya. q  135:10 Dialah yang memukul kalah banyak r  bangsa, dan membunuh raja-raja yang kuat: 135:11 Sihon, s  raja orang Amori, t  dan Og, raja negeri Basan, u  dan segala kerajaan Kanaan, v  135:12 dan memberikan tanah mereka sebagai milik pusaka, w  milik pusaka kepada Israel, umat-Nya. 135:13 Ya TUHAN, nama-Mu adalah untuk selama-lamanya; x  ya TUHAN, Engkau diingat y  turun-temurun. 135:14 Sebab TUHAN akan memberi keadilan kepada umat-Nya, z  dan akan sayang kepada hamba-hamba-Nya. a  135:15 Berhala bangsa-bangsa b  adalah perak dan emas, buatan tangan manusia, c  135:16 mempunyai mulut, tetapi tidak dapat berkata-kata, d  mempunyai mata, tetapi tidak dapat melihat, 135:17 mempunyai telinga, tetapi tidak dapat mendengar, juga nafas e  tidak ada dalam mulut mereka. 135:18 Seperti itulah jadinya orang-orang yang membuatnya, semua orang yang percaya kepadanya. 135:19 Hai kaum Israel, pujilah TUHAN! f  Hai kaum Harun, pujilah TUHAN! 135:20 Hai kaum Lewi, pujilah TUHAN! Hai orang-orang yang takut akan TUHAN, pujilah TUHAN! 135:21 Terpujilah TUHAN dari Sion, g  Dia yang diam di Yerusalem! h  Haleluya!
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[20:1]  1 Full Life : MENJAWAB ENGKAU PADA WAKTU KESESAKAN.

Nas : Mazm 20:2-21:14

Mazmur Mazm 20:1-10 dan Mazm 21:1-14 berhubungan. Keduanya adalah doa kepada Allah mengenai peperangan umat-Nya melawan musuh-musuh mereka. Mazmur Mazm 20:1-10 adalah doa sebelum perang; Mazmur Mazm 21:1-14 adalah pujian sesudah perang selesai. Mazm 20:1-10 dapat dikenakan pada peperangan rohani kita yang percaya kepada Kristus. Kini kita bergumul melawan kekuatan-kekuatan jahat yang sekalipun tidak tampak tetapi sangat nyata, dan kita merindukan kemenangan atas dan pembebasan dari Iblis dan kuasa-kuasa setan

(lihat cat. --> Ef 6:12;

[atau ref. Ef 6:12]

lihat art. KUASA ATAS IBLIS DAN SETAN-SETAN).

[26:8]  2 Full Life : AKU CINTA PADA RUMAH KEDIAMAN-MU.

Nas : Mazm 26:8

Kebahagiaan pemazmur bukan bersumber dari persekutuan dengan dunia (ayat Mazm 26:4-5,9-10), tetapi dari tinggal di "rumah" dan "jemaah" Tuhan (ayat Mazm 26:12), yaitu di mana kehadiran Allah dimanifestasikan di tengah-tengah umat-Nya dan di mana kemuliaan-Nya tinggal

(lihat art. KEMULIAAN ALLAH),

dan dari bergaul dengan orang percaya yang berjalan di dalam kebenaran Allah.

[27:4]  3 Full Life : SATU HAL TELAH KUMINTA.

Nas : Mazm 27:4

Seperti dalam Mazmur Mazm 26:1-12, pemazmur mencari kehadiran Allah; hal itu paling berharga di dalam hidupnya dan dia mendoakannya tanpa mengenal lelah. Allah sendiri memanggil kita semua kepada tujuan yang sama: "mencari wajah-Nya" (ayat Mazm 27:8). Mereka yang melaksanakan hal ini, berusaha untuk tinggal di hadirat-Nya yang kudus, diberikan keyakinan teguh bahwa pencobaan apa pun yang menimpa mereka, Tuhan tidak akan meninggalkan mereka (ayat Mazm 27:9-10). Tidak ada alasan untuk putus asa; kemurahan Allah tersedia bagi mereka (ayat Mazm 27:13-14).

[27:13]  4 Full Life : AKU PERCAYA.

Nas : Mazm 27:13

Mengandalkan Allah dan mengalami kebaikan-Nya secara pribadi sangat diperlukan untuk ketekunan kita dalam iman. Selaku orang percaya kita mungkin mengalami pencobaan berat, namun tidak ada yang dapat membuat kita putus asa dan kalah selama kita terus memandang kepada Allah dengan iman dan pengharapan. Di tengah kegelapan, kita harus "menantikan Tuhan" (ayat Mazm 27:14; lih. Mazm 42:6,12; 43:5; 62:6; Yes 40:27-31; Mi 7:8), menghampiri Dia dan tetap teguh melalui Roh-Nya (lih. Ef 6:10; 2Tim 2:1; Yak 5:11). Kita dapat yakin bahwa, bila tiba waktu-Nya, Allah akan menyatakan kebaikan-Nya kepada kita.

[66:5]  5 Full Life : PERGILAH (versi Inggris NIV -- Datanglah) DAN LIHATLAH PEKERJAAN-PEKERJAAN ALLAH.

Nas : Mazm 66:5

Sekelompok orang percaya harus ada manifestasi pekerjaan Roh Kudus di tengah mereka sehingga mereka dapat memuliakan Allah dan mengatakan kepada orang lain, "Datanglah dan lihatlah pekerjaan-pekerjaan Allah"

(lihat art. KARUNIA ROHANI BAGI ORANG PERCAYA).

Tidak ada yang akan meyakinkan orang terhilang mengenai kebenaran Injil Kristus, selain peragaan kuasa Allah

(lihat art. TANDA-TANDA ORANG PERCAYA).

Kita juga harus bersaksi kepada orang lain secara pribadi, memberikan kesaksian mengenai pemeliharaan Allah secara terus-menerus dalam hidup kita (ayat Mazm 66:16).

[66:18]  6 Full Life : SEANDAINYA ADA NIAT JAHAT.

Nas : Mazm 66:18

Mereka yang senang akan ketidakbenaran tidak dapat mengharapkan doanya dijawab bila mereka berseru kepada Allah. Allah menghendaki kita hidup terpisah dari dosa; dan hanya ketika itu Dia akan menanggapi kita sebagai seorang Bapa menanggapi anak-Nya (2Kor 6:14-18;

lihat cat. --> Yak 4:3;

lihat cat. --> 1Yoh 3:22;

[atau ref. Yak 4:3; 1Yoh 3:22]

lihat art. BERDOA DENGAN EFEKTIF).

[107:1]  7 Full Life : BERSYUKURLAH.

Nas : Mazm 107:1-43

Mazmur ini menasihati orang tertebus untuk memuji Tuhan karena kelepasan dari situasi yang parah dan berbahaya. Pemazmur menggunakan empat contoh untuk melukiskan bahwa Allah menanggapi kesulitan-kesulitan ekstrem umat-Nya manakala mereka berdoa: lapar dan dahaga (ayat Mazm 107:4-9), perhambaan (ayat Mazm 107:10-16), sakit parah hingga nyaris meninggal (ayat Mazm 107:17-22), dan bahaya badai (ayat Mazm 107:23-32). Mazmur ini relevan sekarang ini bagi semua orang percaya yang di dalam kesesakan dan penderitaan berseru kepada Tuhan; itu membangun iman dan mendorong kita selama saat-saat kita memerlukan campur tangan Allah secara khusus di dalam kehidupan kita.

[107:6]  8 Full Life : BERSERU-SERULAH MEREKA KEPADA TUHAN.

Nas : Mazm 107:6

Empat kali pemazmur memakai frasa ini, dan empat kali disebutkan bahwa Allah melepaskan mereka "dari kecemasan mereka" (ayat Mazm 107:6,13,19,28). Allah sering kali menuntun anak-anak-Nya ke tempat di mana kemampuan diri gagal dan di mana manusia tidak dapat menolong, supaya mereka dapat berseru kepada-Nya dengan iman yang rendah hati dan tulus seperti seorang anak.

[107:13]  9 Full Life : DISELAMATKAN-NYALAH MEREKA DARI KECEMASAN MEREKA.

Nas : Mazm 107:13

Perhatikan bahwa bahkan bila kita sendiri bersalah atas kesulitan yang kita alami, Allah ingin melepaskan kita (ayat Mazm 107:1-13,17-22); jadi, jikalau kita sedang mengalami kesesakan besar, sambil menyadari bahwa Allah mungkin sedang menghukum kita, kita masih dapat berharap akan kemurahan-Nya dan berseru kepada-Nya dengan iman memohon pengampunan dan pertolongan-Nya.

[116:1]  10 Full Life : AKU MENGASIHI TUHAN.

Nas : Mazm 116:1-19

Mazmur ini mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan atas kelepasan dari kematian dan menyatakan pujian semua orang percaya yang menderita yang diselamatkan oleh Tuhan dan terhindar dari kematian atau malapetaka besar.

[116:12]  11 Full Life : BAGAIMANA AKAN KUBALAS?

Nas : Mazm 116:12

Rasa syukur mengalir dari hati semua orang yang telah mengalami keselamatan dari Tuhan; mereka akan mengungkapkannya dengan kasih (ayat Mazm 116:1), kesetiaan (ayat Mazm 116:2), kehidupan yang benar (ayat Mazm 116:9), ucapan syukur, dan tekad yang teguh untuk menaati Tuhan (ayat Mazm 116:14).

[116:15]  12 Full Life : BERHARGA ... KEMATIAN SEMUA ORANG YANG DIKASIHI-NYA.

Nas : Mazm 116:15

Teks :
  1. 1) Tuhan secara cermat mengawasi kehidupan umat-Nya yang percaya.
  2. 2) Ia menguasai situasi kematian mereka (Rom 8:28,35-39).
  3. 3) Ketika mereka meninggal, Ia ada bersama mereka.
  4. 4) Kematian mereka, yang sangat berharga bagi-Nya, adalah saatnya mereka dibebaskan dari semua kejahatan, diangkat dari kehidupan ini kepada kemenangan yang berbahagia dan dibawa ke sorga untuk memandang muka Yesus

    (lihat cat. --> Fili 1:21;

    [atau ref. Fili 1:21]

    lihat art. KEMATIAN).

[134:1]  13 Full Life : YANG DATANG MELAYANI DI RUMAH TUHAN PADA WAKTU MALAM.

Nas : Mazm 134:1-3

Mazmur ini berbicara tentang penyembahan dan doa syafaat semalam suntuk di rumah Allah. Tidakkah umat Allah di bawah perjanjian yang baru seharusnya memiliki semangat yang sama untuk terlibat dalam kebaktian semalam suntuk yang disediakan untuk penyembahan rohani dan doa syafaat sungguh-sungguh demi kebangunan di dalam gereja dan penyelamatan orang yang terhilang?

[135:1]  14 Full Life : PUJILAH NAMA TUHAN.

Nas : Mazm 135:1-21

Panggilan untuk memuji Allah ini dilandaskan pada tiga hal:

  1. 1) Allah telah membawa Israel memasuki hubungan perjanjian yang menyelamatkan dengan diri-Nya (ayat Mazm 135:1-4; bd. Kel 19:5);
  2. 2) Allah adalah Allah yang hidup, aktif di dalam peristiwa-peristiwa dunia dan umat-Nya (ayat Mazm 135:5-13);
  3. 3) Allah itu dekat dengan umat-Nya, merasa belas kasihan atas mereka yang melayani diri-Nya (ayat Mazm 135:14).



TIP #07: Klik ikon untuk mendengarkan pasal yang sedang Anda tampilkan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA