Kisah Para Rasul 5:42
Konteks5:42 Dan setiap hari mereka melanjutkan pengajaran mereka di Bait Allah a dan di rumah-rumah orang dan memberitakan Injil b tentang Yesus yang adalah Mesias. c
Kisah Para Rasul 8:5
Konteks8:5 Dan Filipus t pergi ke suatu kota di Samaria 1 dan memberitakan Mesias kepada orang-orang di situ.
Kisah Para Rasul 8:35
Konteks8:35 Maka mulailah y Filipus berbicara dan bertolak dari nas itu z ia memberitakan Injil a Yesus kepadanya.
Kisah Para Rasul 9:20
Konteks9:20 Ketika itu juga ia memberitakan Yesus di rumah-rumah ibadat, e dan mengatakan bahwa Yesus adalah Anak Allah. f
Kisah Para Rasul 10:36
Konteks10:36 Itulah firman s yang Ia suruh sampaikan kepada orang-orang Israel, yaitu firman yang memberitakan t damai sejahtera u oleh Yesus Kristus, yang adalah Tuhan dari semua orang. v
Kisah Para Rasul 11:20
Konteks11:20 Akan tetapi di antara mereka ada beberapa orang Siprus o dan orang Kirene p yang tiba di Antiokhia q dan berkata-kata juga kepada orang-orang Yunani dan memberitakan Injil, r bahwa Yesus adalah Tuhan.
[8:5] 1 Full Life : FILIPUS PERGI KE ... SAMARIA.
Nas : Kis 8:5-24
Perhatikan urutan peristiwa dalam kisah pencurahan Roh atas orang percaya di Samaria.
- 1) Filipus memberitakan Injil Kerajaan dan Allah meneguhkan Firman-Nya dengan tanda-tanda yang ajaib (ayat Kis 8:5-7).
- 2) Banyak orang Samaria menerima Firman Allah (ayat Kis 8:14),
percaya kepada Yesus (ayat Kis 8:12), disembuhkan dan dilepaskan
dari kuasa-kuasa kejahatan (ayat Kis 8:7), lalu dibaptis dalam air
(ayat Kis 8:12-13). Dengan demikian, mereka mengalami keselamatan,
karya pembaharuan Roh Kudus dan kuasa kerajaan Allah
(lihat cat. --> Kis 8:12).
[atau ref. Kis 8:12]
- 3) Akan tetapi, Roh Kudus "belum turun di atas seorang pun di antara mereka" setelah mereka bertobat dan dibaptis (ayat Kis 8:16).
- 4) Beberapa hari setelah pertobatan orang Samaria, Petrus dan Yohanes
tiba di Samaria dan berdoa supaya mereka beroleh Roh Kudus (ayat
Kis 8:14-15). Jelas adalah selang waktu di antara saat mereka
bertobat dan saat mereka menerima baptisan dalam Roh Kudus (ayat
Kis 8:16-17; bd. Kis 2:4). Dengan kata lain, penerimaan Roh oleh
orang Samaria mengikuti pola pengalaman para murid pada hari Pentakosta
(lihat art. PEMBAHARUAN PARA MURID; dan
lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).
- 5) Penerimaan Roh Kudus seharusnya disertai suatu penyataan lahiriah,
yaitu berbicara dengan bahasa roh dan bernubuat
(lihat cat. --> Kis 8:18).
[atau ref. Kis 8:18]