1 Full Life: DIFIRMANKAN ALLAH DENGAN PERANTARAAN NABI YOEL.
Nas : Kis 2:16
Baptisan dalam Roh serta perwujudan-perwujudan rohani yang
mengikutinya merupakan penggenapan dari Yoel 2:28-29. Yoel pada abad ke-8
SM menubuatkan adanya suatu pencurahan Roh Kudus yang besar atas umat
Allah.
2 Full Life: HARI-HARI TERAKHIR.
Nas : Kis 2:17
Teks :
- 1) Dalam PL istilah ini dianggap saat ketika Tuhan akan bertindak
dengan cara yang luar biasa untuk menghakimi kejahatan dan membawa
keselamatan kepada umat-Nya (bd. pasal Yes 2:2-21; 3:18-4:6;
Yes 10:20-23; Hos 1:1-2:23; Yoel 1:1-3:21; Am 8:9-11; 9:9-12).
- 2) PB menyingkapkan bahwa "hari-hari terakhir" diawali dengan
kedatangan Kristus yang pertama serta pencurahan pertama Roh Kudus atas
umat Allah, dan berakhir dengan kedatangan-Nya yang kedua (Mr 1:15;
Luk 4:18-21; Ibr 1:1-2). Saat yang khusus ini digambarkan sebagai
zaman penghakiman terhadap kejahatan, kuasa atas setan-setan,
keselamatan bagi manusia, dan kehadiran kerajaan Allah.
- (a) "Hari-hari terakhir" ini akan berlangsung dengan kuasa Roh Kudus
(Mat 12:28).
- (b) "Hari-hari terakhir" menyangkut serbuan kuasa Allah lewat
Kristus ke dalam alam kekuasaan Iblis dan dosa. Namun peperangan ini
baru saja dimulai; itu belum berakhir karena kejahatan dan kegiatan
Iblis masih sangat berkuasa (Ef 6:10-18). Hanya kedatangan
Kristus yang kedua akan mengakhiri aktivitas kekuatan jahat dan
menyelesaikan "hari-hari terakhir" (bd. 1Pet 1:3-5;
Wahy 19:1-21).
- (c) "Hari-hari terakhir" merupakan saat kesaksian yang memanggil
setiap orang untuk bertobat, percaya kepada Kristus dan mengalami
pencurahan Roh Kudus (Kis 1:8; 2:4,38-40; Yoel 2:28-32). Kita
harus menyampaikan karya keselamatan Kristus melalui kuasa Roh Kudus
sementara kita menantikan hari akhir murka Allah (Rom 2:5),
yaitu, "hari yang besar dan mulia itu" (Kis 2:20). Kita harus
hidup dengan siaga dan waspada setiap hari, sementara menantikan
hari penebusan dan kedatangan Kristus untuk umat-Nya (Yoh 14:3;
1Tes 4:15-17).
- (d) "Hari-hari terakhir" meresmikan kerajaan Allah yang kini datang
dengan seluruh kuasa
(lihat cat. --> Luk 11:20;
[atau ref. Luk 11:20]
lihat art. KERAJAAN ALLAH).
Kita harus mengalami kepenuhan kuasa itu waktu kita menghadapi
peperangan rohani (2Kor 10:3-5; Ef 6:11-12) dan penganiayaan
oleh karena kebenaran (Mat 5:10-12; 1Pet 1:6-7).
3 Full Life: ANAK-ANAKMU LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN AKAN BERNUBUAT.
Nas : Kis 2:17
Petrus menghubungkan berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain itu (ayat
Kis 2:4,11) dengan nubuat (ayat Kis 2:17-18). Dengan demikian,
berkata-kata dalam bahasa lain dianggap salah satu bentuk bernubuat. Arti
sesungguhnya dari bernubuat adalah memakai suara seorang di bawah tuntunan
langsung Roh Kudus untuk kemuliaan dan pelayanan Allah. Dalam kitab ini:
- (1) seratus dua puluh orang itu "penuhlah -- dengan Roh Kudus, lalu
mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain seperti yang
diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya"
(Kis 2:4);
- (2) Roh Kudus turun pada Kornelius dan rumah tangganya, dan Petrus
"mendengar orang-orang itu berkata-kata dalam bahasa roh dan
memuliakan Allah" (Kis 10:44-47); dan
- (3) murid-murid di Efesus, ketika "turunlah Roh Kudus ke atas mereka
... berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat" (Kis 19:6).
4 Full Life: HAMBA-HAMBA-KU LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN.
Nas : Kis 2:18
Menurut nubuat Yoel, sebagaimana diterapkan Petrus, baptisan dalam
Roh Kudus adalah untuk mereka yang sudah menjadi anggota kerajaan Allah -
yaitu orang-orang percaya, hamba-hamba Allah, baik laki-laki maupun
perempuan, yang sudah diselamatkan dan dilahirkan baru sehingga menjadi
milik Allah.
5 Full Life: PADA HARI-HARI ITU.
Nas : Kis 2:18
Petrus, yang mengutip Yoel, mengatakan bahwa Allah akan mencurahkan
Roh Kudus-Nya pada hari-hari itu. Ini berarti bahwa pencurahan Roh Kudus
dan tanda-tanda adikodrati yang menyertainya tidak dapat dibatasi hanya
pada hari Pentakosta. Kuasa dan berkat-berkat Roh Kudus adalah bagi setiap
orang Kristen untuk diperoleh dan dialami sepanjang zaman gereja, yaitu
seluruh waktu di antara kedatangan Kristus yang pertama dan kedua (pasal
Wahy 19:1-20:15;
lihat cat. --> Kis 2:39).
[atau ref. Kis 2:39]
6 Full Life: TANGAN KANAN ALLAH.
Nas : Kis 2:33
Pencurahan Roh Kudus oleh Yesus menunjukkan bahwa Dia
sungguh-sungguh adalah Mesias yang dimuliakan, yang kini duduk di sebelah
kanan Allah dan mendoakan wakil-wakil-Nya di bumi (Ibr 7:25).
- 1) Sejak baptisan Yesus hingga hari Pentakosta, Roh Kudus tinggal di
atas-Nya sebagai Kristus (yaitu, Dia yang diurapi oleh Roh Kudus; bd.
Luk 3:21-22; 4:1,14,18-19). Kini Ia hidup di sebelah kanan Allah
Bapa untuk mencurahkan Roh yang sama atas mereka yang percaya kepada-Nya
(lihat art. YESUS DAN ROH KUDUS).
- 2) Dengan mencurahkan Roh Kudus, Yesus bermaksud agar Roh Kudus
menyampaikan kehadiran-Nya kepada orang percaya dan memberi kuasa kepada
mereka untuk melangsungkan segala yang dilakukan-Nya sementara ada di
dunia.
7 Full Life: BERTOBATLAH DAN ... MEMBERI DIRIMU DIBAPTIS.
Nas : Kis 2:38
Pertobatan, pengampunan dosa, dan baptisan merupakan syarat-syarat
mula-mula untuk menerima karunia Roh Kudus. Akan tetapi, tuntutan Petrus
bahwa para pendengarnya harus dibaptiskan dahulu di dalam air sebelum
menerima janji Roh Kudus (bd. Kis 1:4,8) jangan dipandang sebagai
syarat mutlak untuk kepenuhan Roh, demikian pula baptisan dalam Roh bukan
akibat langsung dari baptisan dalam air.
- 1) Dalam situasi ini, Petrus menuntut baptisan air sebelum menerima
janji itu karena dalam pemikiran para pendengar Yahudi, upacara baptisan
dianggap sebagai termasuk dalam keputusan pertobatan. Akan tetapi,
baptisan air tidak mendahului baptisan Roh dalam peristiwa yang dicatat
dalam Kis 9:17-18 (rasul Paulus) dan Kis 10:44-48 (keluarga
Kornelius).
- 2) Setiap orang percaya setelah bertobat karena dosanya dan dengan iman
menerima Yesus Kristus, harus "menerima" (bd. Gal 3:14) secara
pribadi baptisan Roh Kudus. Di dalam kitab Kisah Para Rasul karunia Roh
Kudus jelas didambakan, dicari, dan diterima untuk diri sendiri
(Kis 1:4,14; 4:31; 8:14-17; 19:2-6); satu-satunya perkecualian
diterima PB mungkin terdapat dalam kasus Kornelius (Kis 10:44-48).
Oleh karena itu, baptisan dalam Roh jangan dianggap sebagai karunia yang
diberikan secara otomatis kepada seseorang yang percaya kepada Kristus.
8 Full Life: BAGI KAMULAH ... DAN BAGI ANAK-ANAKMU DAN ... YANG MASIH JAUH.
Nas : Kis 2:39
Janji baptisan dalam Roh bukan saja bagi mereka yang ada pada hari
Pentakosta (ayat Kis 2:4), tetapi bagi semua orang yang akan percaya
kepada Kristus sepanjang zaman ini: "bagi kamu" -- yaitu pendengar Petrus;
"anak-anakmu" -- generasi berikutnya, dan "bagi orang yang masih jauh" --
generasi-generasi berikutnya.
- 1) Baptisan dalam Roh dengan kuasa yang menyertainya bukanlah suatu
peristiwa yang hanya terjadi sekali saja dalam sejarah gereja; peristiwa
itu tidak berhenti pada hari Pentakosta (bd. ayat Kis 2:38; 8:15;
Kis 9:17; 10:44-46; 19:6) Tidak juga pada akhir zaman rasuli.
- 2) Setiap orang Kristen berhak untuk mencari, mengharapkan, dan
mengalami baptisan dalam Roh yang sama yang diberikan kepada orang
Kristen PB (Kis 1:4,8; Yoel 2:28; Mat 3:11; Luk 24:49).
9 Full Life: ANGKATAN YANG JAHAT INI.
Nas : Kis 2:40
Tidak ada seorang pun yang dapat diselamatkan tanpa berbalik dari
kecemaran masyarakat masa kini (bd. Luk 9:41; 11:29; 17:25; Fili 2:15).
Orang Kristen baru harus diajarkan untuk memutuskan semua persekutuan
jahat, meninggalkan dunia yang fasik ini, serta bersatu dengan Kristus dan
umat-Nya dan memberi diri kepada pekerjaan Allah (2Kor 6:14,17).
10 Full Life: SADARLAH, DAN BERTOBATLAH
Nas : Kis 3:19
(versi Inggris NIV berbunyi, "Maka bertobatlah, dan berbaliklah
kepada Allah"). Allah telah memilih untuk memberkati umat-Nya dengan
pencurahan Roh Kudus hanya jikalau ada pertobatan, yaitu berbalik dari dosa
dan jalan kehidupan yang tidak benar dari angkatan yang jahat di
sekitarnya, yaitu kembali kepada Allah, mendengarkan segala sesuatu yang
dikatakan oleh Kristus, sang nabi (ayat Kis 3:22-23), dan senantiasa
menuju kepada ketaatan yang sungguh dalam Kristus (bd. Kis 2:38-41;
Kis 5:29-32).