TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Imamat 10:1-7

Konteks
Kematian Nadab dan Abihu
10:1 Kemudian anak-anak Harun, Nadab dan Abihu, b  masing-masing mengambil perbaraannya, c  membubuh api ke dalamnya d  serta menaruh ukupan e  di atas api itu. Dengan demikian mereka mempersembahkan ke hadapan TUHAN f  api yang asing 1  yang tidak diperintahkan-Nya g  kepada mereka. 10:2 Maka keluarlah api h  dari hadapan TUHAN, lalu menghanguskan keduanya 2 , i  sehingga mati di hadapan TUHAN. j  10:3 Berkatalah Musa kepada Harun: "Inilah yang difirmankan TUHAN: Kepada orang yang karib kepada-Ku k  Kunyatakan kekudusan-Ku, l  dan di muka seluruh bangsa itu akan Kuperlihatkan kemuliaan-Ku. m " Dan Harun berdiam diri. 10:4 Kemudian Musa memanggil Misael dan Elsafan, n  anak-anak Uziel, o  paman Harun, lalu berkatalah ia kepada mereka: "Datang ke mari, angkatlah saudara-saudaramu ini dari depan tempat kudus p  ke luar perkemahan. q " 10:5 Mereka datang, dan mengangkat mayat keduanya, masih berpakaian kemeja, r  ke luar perkemahan, seperti yang dikatakan Musa. 10:6 Kemudian berkatalah Musa kepada Harun dan kepada Eleazar dan Itamar, s  anak-anak Harun: "Janganlah kamu berkabung t  dan janganlah kamu berdukacita, u  supaya jangan kamu mati dan jangan TUHAN memurkai segenap umat v  ini, tetapi saudara-saudaramu, yaitu seluruh bangsa Israel, merekalah yang harus menangis w  karena api yang dinyalakan TUHAN itu. 10:7 Janganlah kamu pergi dari depan pintu Kemah Pertemuan, x  supaya jangan kamu mati, karena minyak urapan y  TUHAN ada di atasmu." Mereka melakukan sesuai dengan perkataan Musa.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[10:1]  1 Full Life : API YANG ASING.

Nas : Im 10:1

Nadab dan Abihu memasukkan ke dalam perbaraan mereka api dari sumber yang tidak diperkenankan Allah (bd. Kel 30:7-9); perhatikan pula bahwa persembahan kemenyan di atas mezbah hanya boleh dilakukan oleh imam besar saja (Kel 30:7-9). Beberapa penafsir telah mengemukakan bahwa Nadab dan Abihu berdosa ketika mereka di bawah pengaruh alkohol (lih. ayat Im 10:9-10).

[10:2]  2 Full Life : API ... MENGHANGUSKAN KEDUANYA.

Nas : Im 10:2

Nadab dan Abihu dibunuh karena, sebagai imam, mereka memberontak kepada Allah dan hukum-Nya dan dengan demikian menajiskan tempat yang kudus (ayat Im 10:3).

  1. 1) Mereka secara tegas telah dilarang untuk mempersembahkan api yang asing kepada Tuhan

    (lihat cat. --> Im 10:1 sebelumnya;

    [atau ref. Im 10:1]

    bd. Kel 30:9-10). Dengan tindakan itu mereka yang ditugaskan untuk mengajarkan hukum Allah menolak untuk menghormati perintah-perintah Allah secara serius. Sekalipun mengaku diri hamba-hamba Allah yang kudus, mereka sesungguhnya melayani keinginan mereka sendiri, dan di dalam diri mereka tidak ada takut akan Allah.
  2. 2) Kedua orang ini merupakan pemimpin umat Allah. Apabila hamba-hamba Allah berbuat dosa secara terang-terangan, perbuatan mereka sangat merugikan Allah dan maksud-maksud penebusan-Nya di bumi. Pelanggaran mereka menajiskan gereja dan seluruh umat Allah serta memalukan Dia. Karena alasan ini Alkitab mengajarkan bahwa hanya mereka yang menunjukkan kehidupan Kristen yang tekun dan setia kepada Allah dan Firman-Nya dapat diangkat menjadi penilik jemaat Allah (lih. 1Tim 3:1-7;

    lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL PENILIK JEMAAT).



TIP #22: Untuk membuka tautan pada Boks Temuan di jendela baru, gunakan klik kanan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA