TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Kejadian 15:1

Konteks
Perjanjian Allah dengan Abram; janji tentang keturunannya
15:1 Kemudian datanglah firman TUHAN kepada Abram q  dalam suatu penglihatan: r  "Janganlah takut, s  Abram, Akulah perisaimu; t  upahmu u  akan sangat besar 1 ."

Bilangan 14:9

Konteks
14:9 Hanya, janganlah memberontak x  kepada TUHAN, dan janganlah takut y  kepada bangsa negeri z  itu, sebab mereka akan kita telan habis. Yang melindungi mereka sudah meninggalkan mereka, sedang TUHAN menyertai a  kita; b  janganlah takut kepada mereka. c "

Ulangan 33:29

Konteks
33:29 Berbahagialah engkau, hai Israel; a  siapakah yang sama dengan engkau? b  Suatu bangsa yang diselamatkan oleh TUHAN, c  perisai pertolongan d  dan pedang kejayaanmu. Sebab itu musuhmu akan tunduk menjilat kepadamu, dan engkau akan berjejak di bukit-bukit e  mereka."

Yosua 10:42

Konteks
10:42 Semua raja ini dan negeri mereka telah dikalahkan Yosua sekaligus, sebab yang berperang c  untuk orang Israel ialah TUHAN, Allah Israel.

Yosua 10:1

Konteks
Pertempuran dekat Gibeon -- Yosua merebut bagian selatan Kanaan
10:1 Setelah terdengar oleh Adoni-Zedek, u  raja Yerusalem, v  bahwa Yosua telah merebut Ai w  dan telah menumpasnya x --seperti yang dilakukannya terhadap Yerikho dan terhadap rajanya, demikianlah juga dilakukannya terhadap Ai dan terhadap rajanya--dan bahwa penduduk kota Gibeon y  telah mengadakan ikatan persahabatan z  dengan orang Israel dan diam di tengah-tengah mereka,

Yosua 14:6

Konteks
Kaleb mendapat Hebron
14:6 Bani Yehuda datang menghadap Yosua di Gilgal. s  Pada waktu itu berkatalah Kaleb bin Yefune, t  orang Kenas itu, kepadanya: "Engkau tahu firman yang diucapkan TUHAN kepada Musa, abdi Allah u  itu, tentang aku v  dan tentang engkau di Kadesh-Barnea. w 

Yosua 17:1

Konteks
17:1 Bagian undian yang ditentukan bagi suku Manasye, i  sebab dialah anak sulung j  Yusuf, ialah demikian: Kepada Makhir, k  anak sulung Manasye, bapa Gilead, telah diberikan Gilead l  dan Basan, m  karena ia seorang tentara.

Mazmur 27:1-3

Konteks
Aman dalam perlindungan Allah
27:1 Dari Daud. TUHAN adalah terangku v  dan keselamatanku, w  kepada siapakah aku harus takut? TUHAN adalah benteng x  hidupku, terhadap siapakah aku harus gemetar? y  27:2 Ketika penjahat-penjahat menyerang aku untuk memakan dagingku, yakni semua lawanku dan musuhku, mereka sendirilah yang tergelincir dan jatuh. z  27:3 Sekalipun tentara berkemah mengepung aku, tidak takut a  hatiku; sekalipun timbul peperangan melawan aku, dalam hal itupun aku tetap percaya. b 

Mazmur 46:1-3

Konteks
Allah, kota benteng kita
46:1 Untuk pemimpin biduan. Dari bani Korah. Dengan lagu: Alamot. Nyanyian. (46-2) Allah itu bagi kita tempat perlindungan p  dan kekuatan 2 , q  sebagai penolong r  dalam kesesakan s  sangat terbukti. t  46:2 (46-3) Sebab itu kita tidak akan takut, u  sekalipun bumi berubah, v  sekalipun gunung-gunung goncang w  di dalam laut; x  46:3 (46-4) sekalipun ribut y  dan berbuih z  airnya, sekalipun gunung-gunung goyang a  oleh geloranya. Sela

Mazmur 46:7

Konteks
46:7 (46-8) TUHAN semesta alam o  menyertai kita, p  kota benteng q  kita ialah Allah Yakub. r  Sela

Mazmur 46:11

Konteks
46:11 (46-12) TUHAN semesta alam menyertai kita, kota benteng z  kita ialah Allah Yakub. a  Sela

Mazmur 56:4

Konteks
56:4 (56-5) kepada Allah, yang firman-Nya kupuji 3 , v  kepada Allah aku percaya, aku tidak takut. w  Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku? x 

Mazmur 56:11

Konteks
56:11 (56-12) kepada Allah aku percaya, aku tidak takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?

Mazmur 84:11-12

Konteks
84:11 (84-12) Sebab TUHAN Allah adalah matahari l  dan perisai; m  kasih dan kemuliaan Ia berikan; Ia tidak menahan n  kebaikan 4  dari orang yang hidup tidak bercela. 84:12 (84-13) Ya TUHAN semesta alam, berbahagialah o  manusia yang percaya kepada-Mu!

Mazmur 118:6

Konteks
118:6 TUHAN di pihakku 5 . d  Aku tidak akan takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku? e 

Yesaya 50:7-9

Konteks
50:7 Tetapi Tuhan ALLAH p  menolong q  aku; sebab itu aku tidak mendapat noda. Sebab itu aku meneguhkan hatiku seperti keteguhan gunung batu 6  r  karena aku tahu, bahwa aku tidak akan mendapat malu. s  50:8 Dia yang menyatakan aku benar t  telah dekat. u  Siapakah yang berani berbantah dengan aku? v  Marilah kita tampil bersama-sama! w  Siapakah lawanku berperkara? Biarlah ia mendekat kepadaku! 50:9 Sesungguhnya, Tuhan ALLAH x  menolong y  aku; siapakah yang berani menyatakan aku bersalah? z  Sesungguhnya, mereka semua akan memburuk seperti pakaian yang sudah usang; ngengat a  akan memakan mereka.

Yesaya 54:17

Konteks
54:17 Setiap senjata yang ditempa terhadap engkau tidak akan berhasil, k  dan setiap orang yang melontarkan tuduhan melawan engkau dalam pengadilan, akan engkau buktikan salah. l  Inilah yang menjadi bagian hamba-hamba m  TUHAN dan kebenaran n  yang mereka terima dari pada-Ku, demikianlah firman TUHAN.

Yeremia 1:19

Konteks
1:19 Mereka akan memerangi engkau 7 , tetapi tidak akan mengalahkan k  engkau, sebab Aku menyertai engkau l  untuk melepaskan m  engkau, demikianlah firman TUHAN."

Yeremia 20:11

Konteks
20:11 Tetapi TUHAN b  menyertai aku seperti pahlawan yang gagah, sebab itu orang-orang yang mengejar c  aku akan tersandung jatuh dan mereka tidak dapat berbuat d  apa-apa. Mereka akan menjadi malu e  sekali, sebab mereka tidak berhasil, suatu noda yang selama-lamanya tidak terlupakan!

Yohanes 10:28-30

Konteks
10:28 dan Aku memberikan hidup x  yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa 8  y  sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku. z  10:29 Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, a  lebih besar dari pada siapapun, b  dan seorangpun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa. 10:30 Aku dan Bapa adalah satu. c "

Yohanes 10:1

Konteks
Gembala yang baik
10:1 9 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya siapa yang masuk ke dalam kandang domba dengan tidak melalui pintu, tetapi dengan memanjat tembok, ia adalah seorang pencuri dan seorang perampok; j 

Yohanes 4:4

Konteks
4:4 Ia harus melintasi daerah Samaria. e 
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[15:1]  1 Full Life : PERISAIMU; UPAHMU AKAN SANGAT BESAR.

Nas : Kej 15:1

Setelah berperang melawan raja-raja itu, Abram merasa susah dan takut. Oleh karena itu Allah meyakinkan Abram di dalam suatu penglihatan bahwa Ia adalah perisai dan upah Abram. Abram menanggapi kata-kata yang menguatkan ini dengan mengingat bahwa dia tidak mempunyai anak dan karena itu tidak ada ahli waris (ayat Kej 15:2), sehingga ia menganjurkan untuk mengadopsi salah seorang hambanya menjadi ahli waris. Allah menolak usul itu, serta berjanji bahwa Abram akan memperoleh anak laki-laki dari istrinya Sarai yang mandul (bd. Kej 11:30) dan memiliki keturunan yang sangat banyak. Hal yang luar biasa -- dan kebesaran Abram -- ialah bahwa dia percaya Allah. Iman ini kepada Allah yang diperhitungkan kepadanya sebagai kebenaran

(lihat cat. --> Kej 15:6 berikutnya).

[atau ref. Kej 15:6]

[46:1]  2 Full Life : BAGI KITA TEMPAT PERLINDUNGAN DAN KEKUATAN.

Nas : Mazm 46:2-3

Sekalipun kita semua kadang-kadang mengalami kekeringan rohani (bd. pasal Mazm 44:1-27), ini bukan hal yang lazim, karena Allah ingin dekat dengan umat-Nya untuk menolong dan menghibur. Mazmur ini mengungkapkan kepercayaan dan keyakinan akan Allah sementara masa ketidakstabilan dan ketidakpastian.

  1. 1) Kuasa dan kemampuan untuk menghadapi ketidakpastian dan kesengsaraan hidup ini terdapat di dalam Allah. "Tempat perlindungan" menggambarkan perlindungan dari bahaya, menunjukkan bahwa Allah adalah keamanan sejati kita di tengah-tengah badai kehidupan (lih. Yes 4:5-6). "Kekuatan" mengacu kepada keperkasaan-Nya ketika memerangi musuh-musuh kita (Mazm 21:9; Kel 15:13) dan mencakup kekuatan-Nya yang bekerja dengan kuat kuasa di dalam kita (Kol 1:29) dan memungkinkan kita mengatasi halangan-halangan dalam hidup ini.
  2. 2) Hasil terakhir ialah bahwa Dia menjadi "penolong dalam kesesakan
    1. (yang) sangat terbukti". Allah sedia untuk menolong umat-Nya dan mengharapkan kita berseru kepada-Nya memohon pertolongan setiap kali kita memerlukannya (Ibr 4:16). Kuasa-Nya memadai untuk segala situasi Ia dan tidak pernah meninggalkan kita; jadi, kita tidak perlu takut.

[56:4]  3 Full Life : YANG FIRMAN-NYA KUPUJI.

Nas : Mazm 56:5

Pada saat-saat ketakutan dan kesulitan, kita harus memuji Allah karena perintah-perintah-Nya yang benar, janji-janji-Nya dan setiap kalimat yang dinyatakan-Nya di dalam seluruh Alkitab (lih. pasal Mazm 119:1-176). Apabila kita mengandalkan Allah dan firman-Nya yang tertulis, maka kepercayaan akan menggantikan ketakutan (ayat Mazm 56:5,12) dan Allah menjadi penolong dan pembebas kita (ayat Mazm 56:14). Ingatlah akan kebenaran, "Allah memihak kepadaku" (ayat Mazm 56:10;

lihat cat. --> Mazm 56:9 berikutnya;

[atau ref. Mazm 56:9]

bd. Rom 8:31).

[84:11]  4 Full Life : IA TIDAK MENAHAN KEBAIKAN.

Nas : Mazm 84:12

Janji ini secara khusus ditujukan kepada orang percaya yang dengan sungguh-sungguh berusaha untuk hidup saleh dan benar. Yang dipandang baik oleh Allah berkaitan langsung dengan penggenapan maksud-Nya di dalam hidup kita. Tugas kita adalah hidup tulus dan mengandalkan Allah untuk menyediakan segala sesuatu yang baik -- jasmaniah dan rohani, bersifat sementara dan kekal (lih. Mazm 34:11; Mat 6:33; Rom 8:28; 1Kor 2:9; 1Tim 4:8).

[118:6]  5 Full Life : TUHAN DI PIHAKKU.

Nas : Mazm 118:6

Orang yang berlindung dalam Tuhan diyakinkan bahwa Dia ada bersama mereka untuk memberikan pertolongan dan kekuatan (ayat Mazm 118:7,14; Yos 1:9; Yer 1:8;

lihat cat. --> Kel 3:14).

[atau ref. Kel 3:14]

[50:7]  6 Full Life : AKU MENEGUHKAN HATIKU SEPERTI KETEGUHAN GUNUNG BATU.

Nas : Yes 50:7

Karena Kristus tahu bahwa penderitaan dan kematian-Nya akan menghasilkan penebusan bagi semua orang yang percaya kepada-Nya, Ia "mengarahkan pandangan-Nya untuk pergi ke Yerusalem" (Luk 9:51).

[1:19]  7 Full Life : MEREKA AKAN MEMERANGI ENGKAU.

Nas : Yer 1:19

Yeremia diberi tahu bahwa para raja, pejabat, imam, dan bahkan bangsa Yehuda sendiri akan menentang dirinya dan berita yang harus disampaikannya (ayat Yer 1:18). Tetapi sang nabi didorong untuk berbicara dengan tegas dan tetap tabah dalam keyakinannya, karena Allah berjanji akan menyertai dia; Allah meyakinkan dia bahwa musush-musuhnya tidak akan dapat mengalahkan dia. Allah senantiasa berpihak kepada para hamba-Nya yang setia memberitakan kebenaran kepada orang-orang yang sudah meninggalkan firman-Nya dan menyesuaikan diri dengan dunia.

[10:28]  8 Full Life : MEREKA PASTI TIDAK AKAN BINASA.

Nas : Yoh 10:28

Di sini tampak suatu janji yang indah bagi semua domba Kristus. Mereka tidak akan pernah diusir dari kasih atau kehadiran Allah, atau keadaan apa pun di dunia tidak akan memisahkan mereka dari gembala (bd. Rom 8:35-39). Sesungguhnya ada keselamatan dan keamanan bahkan bagi domba yang paling lemah yang mengikuti dan mendengarkan gembala yang baik

(lihat cat. --> Yoh 10:27 sebelumnya)

[atau ref. Yoh 10:27]

[10:1]  9 Full Life : YESUS GEMBALA YANG BAIK.

Nas : Yoh 10:1

Ajaran mengenai gembala yang baik ini (ayat Yoh 10:1-30) menunjukkan Yesus sebagai gembala yang sejati dan pemimpin umat-Nya bertentangan dengan semua gembala palsu. (Untuk lebih memahami pasal ini, bagian-bagian PL yang menghakimi gembala palsu harus dibaca: Yes 56:9-12; Yer 23:1-4; Yeh 34:1-31; Za 11:1-17). Dalam ayat Yoh 10:7-18 Yesus mengenakan ayat Yoh 10:1-5 kepada diri-Nya sendiri.



TIP #32: Gunakan Pencarian Khusus untuk melakukan pencarian Teks Alkitab, Tafsiran/Catatan, Studi Kamus, Ilustrasi, Artikel, Ref. Silang, Leksikon, Pertanyaan-Pertanyaan, Gambar, Himne, Topikal. Anda juga dapat mencari bahan-bahan yang berkaitan dengan ayat-ayat yang anda inginkan melalui pencarian Referensi Ayat. [SEMUA]
dibuat dalam 0.02 detik
dipersembahkan oleh YLSA