TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Bilangan 16:36--17:13

Konteks
16:36 TUHAN berfirman kepada Musa: 16:37 "Katakanlah kepada Eleazar, u  anak imam Harun, supaya ia mengangkat perbaraan-perbaraan v  dari antara kebakaran itu, lalu hamburkanlah api itu jauh-jauh, karena semuanya itu kudus, 16:38 yakni perbaraan orang-orang berdosa yang telah membayarkan nyawanya, w  kemudian semuanya itu harus ditempa tipis-tipis menjadi salut mezbah, x  sebab telah dibawa ke hadapan TUHAN oleh orang-orang itu, jadi semuanya itu kudus; dengan demikian hal itu menjadi tanda y  bagi orang Israel." 16:39 Maka imam Eleazar z  mengambil perbaraan-perbaraan tembaga yang telah dibawa oleh orang-orang yang terbakar a  itu, lalu ditempa menjadi salut mezbah. 16:40 Itu menjadi suatu peringatan bagi orang Israel, supaya jangan tampil orang awam yang bukan dari keturunan Harun untuk membakar ukupan b  di hadapan TUHAN, c  dan jangan ia menjadi seperti Korah dan kumpulannya d --seperti yang difirmankan TUHAN kepadanya dengan perantaraan Musa. 16:41 Tetapi pada keesokan harinya bersungut-sungutlah segenap umat Israel kepada Musa dan Harun, kata mereka: "Kamu telah membunuh umat TUHAN 1 ." 16:42 Ketika umat itu berkumpul melawan e  Musa dan Harun, dan mereka memalingkan mukanya ke arah Kemah Pertemuan, maka kelihatanlah awan itu menutupinya dan tampaklah kemuliaan TUHAN. f  16:43 Lalu pergilah Musa dan Harun ke depan Kemah Pertemuan. 16:44 Maka berfirmanlah TUHAN kepada Musa: 16:45 "Pergilah dari tengah-tengah umat ini, supaya Kuhancurkan g  mereka dalam sekejap mata." Lalu sujudlah mereka. 16:46 Berkatalah Musa kepada Harun: "Ambillah perbaraan, h  bubuhlah api ke dalamnya dari atas mezbah, dan taruhlah ukupan, dan pergilah dengan segera kepada umat i  itu dan adakanlah pendamaian j  bagi mereka, sebab murka TUHAN k  telah berkobar, dan tulah l  sedang mulai." 16:47 Maka Harun mengambil perbaraan, seperti yang dikatakan Musa, dan berlarilah ia ke tengah-tengah jemaah itu, dan tampaklah tulah telah mulai di antara bangsa m  itu; lalu dibubuhnyalah ukupan dan diadakannyalah pendamaian bagi bangsa itu. 16:48 Ketika ia berdiri di antara orang-orang mati dan orang-orang hidup, berhentilah n  tulah itu. 16:49 Dan mereka yang mati kena tulah itu ada empat belas ribu tujuh ratus orang banyaknya, belum terhitung orang-orang yang mati karena perkara Korah. o  16:50 Ketika Harun kembali kepada Musa di depan pintu Kemah Pertemuan, tulah itu telah berhenti.
Tongkat Harun berbunga
17:1 TUHAN berfirman kepada Musa: 17:2 "Katakanlah kepada orang Israel dan suruhlah mereka memberikan kepadamu satu tongkat untuk setiap suku. p  Semua pemimpin mereka harus memberikannya, suku demi suku, seluruhnya dua belas tongkat. q  Lalu tuliskanlah nama setiap pemimpin pada tongkatnya. 17:3 Pada tongkat Lewi harus kautuliskan nama Harun 2 . r  Bagi setiap kepala suku harus ada satu tongkat. 17:4 Kemudian haruslah kauletakkan semuanya itu di dalam Kemah Pertemuan s  di hadapan tabut hukum, t  tempat Aku biasa bertemu dengan kamu. u  17:5 Dan orang yang Kupilih, v  tongkat orang itulah akan bertunas; w  demikianlah Aku hendak meredakan sungut-sungut x  yang diucapkan mereka kepada kamu, sehingga tidak usah Kudengar lagi." 17:6 Setelah Musa berbicara kepada orang Israel, maka semua pemimpin mereka memberikan kepadanya satu tongkat dari setiap pemimpin, menurut suku-suku mereka, dua belas tongkat, dan tongkat Harun ada di antara tongkat-tongkat itu. 17:7 Musa meletakkan tongkat-tongkat itu di hadapan TUHAN dalam kemah hukum y  Allah. 17:8 Ketika Musa keesokan harinya masuk ke dalam kemah hukum z  itu, maka tampaklah tongkat a  Harun dari keturunan Lewi telah bertunas, mengeluarkan kuntum, mengembangkan bunga dan berbuahkan buah badam. b  17:9 Kemudian Musa membawa semua tongkat c  itu keluar dari hadapan TUHAN kepada seluruh orang Israel; mereka melihatnya lalu mengambil tongkatnya masing-masing. 17:10 TUHAN berfirman kepada Musa: "Kembalikanlah tongkat d  Harun ke hadapan tabut hukum untuk disimpan menjadi tanda bagi orang-orang durhaka, e  sehingga engkau mengakhiri sungut-sungut mereka dan tidak Kudengar lagi, supaya mereka jangan mati." 17:11 Dan Musa berbuat demikian; seperti yang diperintahkan TUHAN kepadanya, demikianlah diperbuatnya. 17:12 Tetapi orang Israel berkata kepada Musa: "Sesungguhnya kami akan mati, kami akan binasa, kami semuanya akan binasa. f  17:13 Siapapun juga yang mendekat ke Kemah Suci TUHAN, niscayalah ia akan mati. g  Haruskah kami habis binasa?"
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[16:41]  1 Full Life : KAMU TELAH MEMBUNUH UMAT TUHAN.

Nas : Bil 16:41-50

Ketika hukuman Allah menimpa Korah dan kawan-kawannya, bangsa Israel mengeluh kepada Musa seakan-akan dialah yang menghukum mereka. Bangsa itu demikian tertipu sehingga menganggap para pemberontak itu adalah orang yang paling rohani. Umat Allah memerlukan kebijaksanaan untuk memastikan bahwa mereka tidak mengikut pemimpin yang bukan dari Allah

(lihat art. GURU-GURU PALSU.

[17:3]  2 Full Life : PADA TONGKAT LEWI HARUS KAUTULISKAN NAMA HARUN.

Nas : Bil 17:3

Pasal Bil 17:1-13 membela pemilihan suku Lewi sebagai pelayan-pelayan dan Harun sebagai imam besar oleh Allah. Tuhan mengadakan sebuah mukjizat untuk menunjukkan pemimpin pilihan-Nya (ayat Bil 17:8). Di bawah perjanjian yang baru, para pemimpin saleh yang dengan setia memberitakan firman Allah harus diakui dan ditaati (Ibr 13:17; bd. Rom 13:1-4; 1Tim 2:1-3).



TIP #17: Gunakan Pencarian Universal untuk mencari pasal, ayat, referensi, kata atau nomor strong. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA