TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

2 Timotius 1:1-18

Konteks
Salam
1:1 Dari Paulus, rasul a  Kristus Yesus oleh kehendak Allah b  untuk memberitakan janji tentang hidup dalam Kristus Yesus, c  1:2 kepada Timotius, d  anakku e  yang kekasih: kasih karunia, rahmat dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan Kristus Yesus, Tuhan kita, f  menyertai engkau.
Ucapan syukur dan nasihat untuk bertekun
1:3 Aku mengucap syukur kepada Allah, g  yang kulayani dengan hati nurani h  yang murni seperti yang dilakukan nenek moyangku. Dan selalu aku mengingat engkau dalam permohonanku, i  baik siang maupun malam. 1:4 Dan apabila aku terkenang akan air matamu j  yang kaucurahkan, aku ingin melihat engkau 1  k  kembali supaya penuhlah kesukaanku. 1:5 Sebab aku teringat akan imanmu l  yang tulus ikhlas, yaitu iman yang pertama-tama hidup di dalam nenekmu Lois dan di dalam ibumu Eunike m  dan yang aku yakin hidup juga di dalam dirimu. 1:6 Karena itulah kuperingatkan engkau untuk mengobarkan karunia Allah 2  yang ada padamu oleh penumpangan tanganku n  atasmu. 1:7 Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, o  melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, p  kasih dan ketertiban. 1:8 Jadi janganlah malu q  bersaksi tentang Tuhan kita dan janganlah malu karena aku, seorang hukuman r  karena Dia, melainkan ikutlah menderita bagi Injil-Nya s  oleh kekuatan Allah. 1:9 Dialah yang menyelamatkan t  kita dan memanggil u  kita dengan panggilan kudus, bukan berdasarkan perbuatan v  kita, melainkan berdasarkan maksud dan kasih karunia-Nya sendiri, yang telah dikaruniakan kepada kita dalam Kristus Yesus sebelum permulaan zaman 1:10 dan yang sekarang dinyatakan w  oleh kedatangan Juruselamat kita Yesus Kristus, x  yang oleh Injil telah mematahkan kuasa maut y  dan mendatangkan hidup yang tidak dapat binasa. 1:11 Untuk Injil z  inilah aku telah ditetapkan a  sebagai pemberita, sebagai rasul dan sebagai guru. b  1:12 Itulah sebabnya aku menderita semuanya ini, tetapi aku tidak malu; c  karena aku tahu kepada siapa aku percaya dan aku yakin bahwa Dia berkuasa memeliharakan d  apa yang telah dipercayakan-Nya 3  kepadaku hingga pada hari Tuhan. e  1:13 Peganglah f  segala sesuatu yang telah engkau dengar dari padaku g  sebagai contoh h  ajaran i  yang sehat 4  dan lakukanlah itu dalam iman dan kasih dalam Kristus Yesus. j  1:14 Peliharalah k  harta yang indah, yang telah dipercayakan-Nya kepada kita, oleh Roh Kudus 5  yang diam di dalam kita. l  1:15 Engkau tahu bahwa semua mereka yang di daerah Asia Kecil m  berpaling dari padaku 6 ; n  termasuk Figelus dan Hermogenes. 1:16 Tuhan kiranya mengaruniakan rahmat-Nya kepada keluarga Onesiforus o  yang telah berulang-ulang menyegarkan hatiku. Ia tidak malu p  menjumpai aku di dalam penjara. q  1:17 Ketika di Roma, ia berusaha mencari aku dan sudah juga menemui aku. 1:18 Kiranya Tuhan menunjukkan rahmat-Nya kepadanya pada hari-Nya. r  Betapa banyaknya pelayanan s  yang ia lakukan di Efesus t  engkau lebih mengetahuinya dari padaku.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[1:4]  1 Full Life : AKU INGIN MELIHAT ENGKAU.

Nas : 2Tim 1:4

Paulus kini adalah seorang tahanan di Roma yang menantikan saat kematiannya, ditinggalkan oleh banyak sahabatnya (ayat 2Tim 1:15; 2Tim 4:16), dan rindu untuk melihat Timotius sekali lagi. Dia memohon teman sekerjanya tetap setia pada kebenaran Injil dan datang secepatnya untuk bersama dia sementara hari-hari terakhir hidupnya di bumi ini (2Tim 4:21).

[1:6]  2 Full Life : MENGOBARKAN KARUNIA ALLAH.

Nas : 2Tim 1:6

"Karunia" (Yun. _charisma_) yang diberikan kepada Timotius diumpamakan seperti api (bd. 1Tes 5:19) yang harus dikobarkan olehnya. Karunia itu mungkin merupakan karunia khusus dan kuasa dari Roh Kudus untuk menjalankan pelayanannya. Perhatikan bahwa karunia dan kuasa yang dicurahkan atas kita oleh Roh Kudus tidak dengan otomatis tetap kuat. Karunia dan kuasa tersebut harus dinyalakan oleh kasih karunia Allah melalui doa, iman, ketaatan, dan ketekunan kita.

[1:12]  3 Full Life : MEMELIHARAKAN APA YANG TELAH DIPERCAYAKAN-NYA

Nas : 2Tim 1:12

(versi Inggris NIV -- "apa yang telah kupercayakan kepada-Nya"). Mungkin yang dimaksudkan adalah pekerjaannya sebagai seorang rasul, ajarannya atau bahkan hidupnya.

[1:13]  4 Full Life : PEGANGLAH ... SEBAGAI CONTOH AJARAN YANG SEHAT.

Nas : 2Tim 1:13

"Ajaran yang sehat" adalah penyataan asli dan mendasar dari Kristus dan para rasul, yang diajarkan Paulus kepada Timotius. Timotius harus memegang teguh kebenaran ini dalam iman dan kasih akan Yesus Kristus dan tidak pernah berpaling daripadanya atau berkompromi, walaupun berarti penderitaan, penolakan, dan penghinaan. Dewasa ini dalam beberapa gereja adalah populer untuk menekankan pengalaman, bukan doktrin, sebagai yang penting. Hal ini ditentangi dengan tegas dalam Surat Penggembalaan Paulus (bd. 2Tim 4:3; 1Tim 1:10; 6:3; Tit 1:9,13; 2:1-2,8).

[1:14]  5 Full Life : PELIHARALAH ... YANG TELAH DIPERCAYAKAN-NYA ... OLEH ROH KUDUS.

Nas : 2Tim 1:14

Para gembala sidang harus menjaga dan mempertahankan Injil yang dipercayakan kepada mereka sekalipun pada masa banyak orang meninggalkan iman PB (2Tim 3:13-15; 4:2-5; 1Tim 4:1).

  1. 1) Mereka harus mempertahankannya terhadap serangan sambil menantang gereja jikalau dicobainya mengesampingkan kebenarannya. Tugas ini penting untuk menjamin keselamatan bagi dirinya dan mereka yang dibinanya (lih. 2Tim 3:14-15;

    lihat cat. --> 1Tim 4:16;

    [atau ref. 1Tim 4:16]

    lihat art. PENILIK JEMAAT DAN KEWAJIBANNYA).

  2. 2) Memelihara iman yang indah itu harus dilakukan dengan pertolongan Roh Kudus. Dialah yang mengilhamkan kebenaran yang tidak dapat bersalah dari Alkitab (lih. 2Tim 3:16; 2Pet 1:21) dan Dialah yang membimbing dan membela kebenaran (Yoh 16:13). Mempertahankan iman yang telah dipercayakan kepada orang-orang kudus (Yud 1:3) berarti tetap setia berdampingan dengan Roh Kudus (Yoh 14:17; 15:26-27; 16:13).

[1:15]  6 Full Life : SEMUA MEREKA ... BERPALING DARIPADAKU.

Nas : 2Tim 1:15

Inilah salah satu saat yang paling menyedihkan dalam kehidupan Paulus. Dia berada dalam penjara di Roma tanpa harapan akan bebas lagi. Dia sedang menderita karena Injil yang begitu dicintainya dan yang untuknya dia sebentar lagi akan mati (2Tim 4:6-7). Pada saat ini juga dia dan Injilnya ditinggalkan oleh begitu banyak orang sehingga ia berkata, "semua mereka yang di daerah Asia Kecil berpaling daripadaku".

  1. 1) Namun, sekalipun menghadapi pencobaan berat ini, Paulus tetap beriman kepada Allah. Dia tetap yakin bahwa Kristus akan memelihara Injil dan pelayanannya (ayat 2Tim 1:12), bahwa senantiasa akan ada orang seperti Timotius yang akan memelihara dan memberitakannya (ayat 2Tim 1:14; 2:2) dan bahwa ketika mati Allah akan membawanya ke dalam Kerajaan-Nya di sorga (2Tim 4:6,8,18).
  2. 2) Keadaan Paulus yang menyedihkan akan dialami banyak orang yang setia pada akhir zaman. Mereka yang setia kepada Injil PB akan menderita kesedihan yang sama apabila melihat banyak meninggalkan iman alkitabiah yang sejati (lih. Mat 24:10;

    lihat cat. --> 1Tim 4:1)

    [atau ref. 1Tim 4:1]

    dan bila pelayanan mereka ditolak oleh orang yang ingin menyesuaikan diri dengan suasana yang umum pada zaman jahat ini

    (lihat cat. --> 2Tim 4:3-4;

    lihat cat. --> 2Tim 4:4).

    [atau ref. 2Tim 4:3-4]

    Seperti yang dialami Paulus, banyak orang akan meninggalkan seorang anak Tuhan yang tinggal setia kepada Injil PB.



TIP #12: Klik ikon untuk membuka halaman teks alkitab saja. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA