TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

2 Samuel 8:1-14

Konteks
Kemenangan-kemenangan Daud
8:1 Sesudah itu Daud memukul kalah orang Filistin w  dan menundukkan x  mereka; lalu Daud mengambil kendali pemerintahan atas ibu kota dari tangan orang Filistin. 8:2 Dan ia memukul kalah orang Moab, y  lalu sambil menyuruh mereka berbaring di tanah ia mengukur tempat mereka dengan tali; diukurnya dua kali panjang tali itu untuk mematikan dan satu tali penuh untuk membiarkan hidup. Maka orang Moab takluk kepada Daud dan harus mempersembahkan upeti. z  8:3 Selanjutnya Daud memukul kalah Hadadezer a  bin Rehob, raja Zoba, b  ketika ia pergi memulihkan kekuasaannya pada sungai Efrat. c  8:4 Daud menawan dari padanya seribu tujuh ratus orang pasukan berkuda dan dua puluh ribu orang pasukan berjalan kaki, lalu Daud menyuruh memotong urat keting d  segala kuda kereta, tetapi dengan meninggalkan seratus ekor kuda kereta. 8:5 Lalu orang Aram dari Damsyik e  datang menolong Hadadezer, raja Zoba, tetapi dari antara orang Aram itu Daud menewaskan dua puluh dua ribu orang. 8:6 Kemudian Daud menempatkan pasukan-pasukan f  pendudukan di daerah orang Aram dari Damsyik. Orang Aram itu takluk g  kepada Daud dan harus mempersembahkan upeti. TUHAN memberi kemenangan kepada Daud ke manapun ia pergi berperang. h  8:7 Sesudah itu Daud mengangkut perisai-perisai i  emas yang dipakai oleh anak buah Hadadezer, lalu membawanya ke Yerusalem. 8:8 Dan dari Betah dan dari Berotai, j  yaitu kota-kotanya Hadadezer, raja Daud mengangkut amat banyak tembaga. 8:9 Ketika didengar Tou, raja Hamat, k  bahwa Daud telah memukul kalah seluruh tentara Hadadezer, l  8:10 maka Tou mengutus Yoram, anaknya, kepada raja Daud untuk menyampaikan salam dan mengucapkan selamat kepadanya, karena ia telah berperang melawan Hadadezer dan memukul dia kalah, sebab Hadadezer sering memerangi Tou. Dan Yoram membawa barang-barang perak, emas dan tembaga. 8:11 Juga barang-barang ini dikhususkan m  raja Daud bagi TUHAN, bersama-sama perak dan emas yang berasal dari segala bangsa yang ditaklukkannya, 8:12 yakni perak dan emas dari orang Aram, n  dari orang Moab, o  dari bani Amon, p  dari orang Filistin, q  dari orang Amalek, r  dan dari jarahan yang dirampas dari Hadadezer bin Rehob, raja Zoba. 8:13 Demikianlah Daud mendapat nama, s  dan ketika ia pulang, ia menewaskan delapan belas ribu orang Edom di Lembah Asin. t  8:14 Lalu ia menempatkan pasukan-pasukan pendudukan di Edom; u  di seluruh Edom ditempatkannya pasukan-pasukan pendudukan, sehingga seluruh Edom diperbudak v  oleh Daud. TUHAN memberi kemenangan w  kepada Daud ke manapun ia pergi x  berperang.

2 Samuel 10:1-9

Konteks
Daud berperang melawan bani Amon dan orang Aram
10:1 Sesudah itu matilah raja bani Amon; dan Hanun, anaknya, menjadi raja menggantikan dia. 10:2 Lalu berkatalah Daud: "Aku akan menunjukkan persahabatan kepada Hanun bin Nahas, u  sama seperti ayahnya telah menunjukkan persahabatan kepadaku." Sebab itu Daud menyuruh menyampaikan pesan turut berdukacita kepadanya dengan perantaraan pegawai-pegawainya karena kematian ayahnya. Tetapi ketika pegawai-pegawai Daud sampai ke negeri bani Amon itu, 10:3 berkatalah pemuka-pemuka bani Amon itu kepada Hanun, tuan mereka: "Apakah menurut anggapanmu Daud hendak menghormati ayahmu, karena ia telah mengutus kepadamu orang-orang yang menyampaikan pesan turut berdukacita? Bukankah dengan maksud untuk menyelidik kota ini, untuk mengintainya v  dan menghancurkannya maka Daud mengutus pegawai-pegawainya itu kepadamu?" 10:4 Lalu Hanun menyuruh menangkap pegawai-pegawai Daud itu, disuruhnya mencukur setengah dari janggut w  mereka dan memotong pakaian mereka pada bagian tengah sampai pantat x  mereka, kemudian dilepasnya mereka. 10:5 Hal ini diberitahukan kepada Daud, lalu disuruhnya orang menemui mereka, sebab orang-orang itu sangat dipermalukan. Raja berkata: "Tinggallah di Yerikho sampai janggutmu itu tumbuh, kemudian datanglah kembali." 10:6 Setelah dilihat bani Amon, bahwa mereka dibenci y  Daud, maka bani Amon itu menyuruh orang menyewa dari orang Aram-Bet-Rehob z  dan orang Aram a  dari Zoba b  dua puluh ribu orang pasukan berjalan kaki, dari raja negeri Maakha c  seribu orang dan dari orang-orang Tob d  dua belas ribu orang. 10:7 Ketika Daud mendengar hal itu, disuruhnyalah Yoab e  maju dengan segenap pasukan pahlawan. 10:8 Lalu bani Amon maju, diaturnya barisan perangnya di depan pintu gerbang, sedang orang Aram dari Zoba dan dari Rehob dan orang-orang Tob dan Maakha ada tersendiri di padang. 10:9 Ketika Yoab melihat, bahwa serangan itu mengancam dia dari depan dan dari belakang, maka dipilihnyalah sebagian dari orang pilihan Israel, lalu ia mengatur barisan mereka berhadapan dengan orang Aram itu.

2 Samuel 11:1

Konteks
Daud dan Batsyeba
11:1 Pada pergantian tahun, l  pada waktu raja-raja biasanya maju berperang, maka Daud menyuruh Yoab m  maju beserta orang-orangnya dan seluruh orang Israel. n  Mereka memusnahkan bani Amon dan mengepung kota Raba, o  sedang Daud sendiri tinggal di Yerusalem 1 .

2 Samuel 12:26-31

Konteks
Perang melawan bani Amon berakhir
12:26 Yoab berperang melawan Raba, x  kota bani Amon dan ia merebut kota kerajaan. 12:27 Lalu Yoab menyuruh orang kepada Daud dengan pesan: "Aku berperang melawan kota Raba, dan telah merebut pula kota air. 12:28 Oleh sebab itu, kumpulkanlah sisa tentara, kepunglah kota itu dan rebutlah, supaya jangan aku yang merebut kota itu dan jangan namaku menjadi juga nama kota itu." 12:29 Sesudah itu Daud mengumpulkan seluruh tentara, ia berangkat ke kota Raba dan berperang melawannya, lalu merebutnya. 12:30 Ia mengambil mahkota y  dari kepala raja mereka, beratnya setalenta emas, bertatahkan sebuah batu permata yang mahal dan itu dikenakan pada kepala Daud. Juga diangkutnya banyak sekali jarahan dari kota itu. 12:31 Penduduk kota itu diangkutnya dan dipaksanya bekerja dengan gergaji, penggerek besi dan kapak; juga dipekerjakannya mereka di tempat pembuatan batu bata. Demikianlah juga diperlakukan Daud segala kota bani Amon. z  Sesudah itu pulanglah Daud dengan seluruh tentara ke Yerusalem.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[11:1]  1 Full Life : DAUD SENDIRI TINGGAL DI YERUSALEM.

Nas : 2Sam 11:1

Pasal 2Sam 11:1-27 mengisahkan dosa dan kejatuhan Daud yang tragis. Ganti memimpin pasukannya dalam peperangan sebagaimana yang dilakukan sebelumnya, Daud kini tinggal di Yerusalem. Daud sudah menjadi lembek dan sikap ini kemudian mengakibatkan kehancuran rohani dan moralnya. Hidupnya yang serba enak dan mewah sebagai raja membuatnya percaya diri dan menuruti keinginan sendiri. Sekitar waktu inilah dia berhenti menjadi orang yang berkenan di hati Allah (lih. 1Sam 13:14). Kejatuhan Daud dari kasih karunia (bd. Gal 5:4) merupakan peringatan bagi semua orang percaya, "Sebab itu siapa yang menyangka bahwa ia teguh berdiri, hati-hatilah supaya ia jangan jatuh!" (1Kor 10:12).



TIP #13: Klik ikon untuk membuka halaman teks alkitab dalam format PDF. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA