2 Samuel 5:1-3
Konteks1 Tawarikh 11:1-3
Konteks1 Tawarikh 12:23-40
Konteks2 Samuel 5:17-25
Konteks1 Tawarikh 14:8-17
Konteks2 Samuel 5:6-10
Konteks1 Tawarikh 11:4-9
Konteks1 Tawarikh 3:4
Konteks3:4 Enam orang lahir bagi dia di Hebron, r di mana ia memerintah tujuh tahun enam bulan s lamanya; dan tiga puluh tiga tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem.
2 Samuel 5:13
Konteks5:13 Daud mengambil lagi beberapa gundik dan isteri 8 n dari Yerusalem, setelah ia datang dari Hebron dan bagi Daud masih lahir lagi anak-anak lelaki dan perempuan.
2 Samuel 5:4-5
Konteks5:4 Daud berumur w tiga puluh tahun, pada waktu ia menjadi raja; empat puluh x tahun lamanya ia memerintah. y 5:5 Di Hebron ia memerintah atas Yehuda tujuh tahun enam bulan, z dan di Yerusalem ia memerintah tiga puluh tiga tahun atas seluruh Israel dan Yehuda.
2 Samuel 5:11-12
Konteks1 Tawarikh 14:1-2
Konteks1 Tawarikh 13:1-5
Konteks2 Samuel 6:1-11
Konteks1 Tawarikh 13:6-14
Konteks13:6 Lalu Daud dan segenap orang Israel berangkat ke Baala, y ke Kiryat-Yearim, yang termasuk wilayah Yehuda, untuk mengangkut dari sana tabut Allah, yang disebut dengan nama TUHAN yang bertakhta di atas kerubim. z 13:7 Mereka menaikkan tabut Allah itu ke dalam kereta yang baru dari rumah Abinadab, a sedang Uza dan Ahyo mengantarkan kereta itu. 13:8 Daud dan seluruh orang Israel menari-nari di hadapan Allah dengan sekuat tenaga, diiringi nyanyian, kecapi, gambus, rebana, ceracap dan nafiri. b 13:9 Ketika mereka sampai ke tempat pengirikan Kidon, maka Uza mengulurkan tangannya memegang tabut itu, karena lembu-lembu itu tergelincir. 13:10 Maka bangkitlah murka c TUHAN terhadap Uza 12 , lalu Ia membunuh d dia oleh karena Uza telah mengulurkan tangannya kepada tabut itu; ia mati di sana di hadapan Allah. 13:11 Daud menjadi marah, karena TUHAN telah menyambar Uza demikian hebatnya; maka tempat itu disebut orang Peres-Uza e sampai sekarang. 13:12 Pada waktu itu Daud menjadi takut kepada Allah, lalu katanya: "Bagaimanakah aku dapat membawa tabut Allah itu ke tempatku?" 13:13 Sebab itu Daud tidak mau memindahkan tabut itu ke tempatnya, ke kota Daud, tetapi Daud menyimpang dan membawanya ke rumah Obed-Edom, f orang Gat itu. 13:14 Tiga bulan lamanya tabut Allah itu tinggal pada keluarga g Obed-Edom di rumahnya dan TUHAN memberkati keluarga Obed-Edom 13 dan segala yang dipunyainya.
Nas : 1Taw 11:1
Pasal 1Taw 11:1-47 memulai kisah Daud; pasal 2Sam 2:1-5:25 mengisahkan secara lebih terinci bagaimana Daud menjadi raja atas Yehuda dan kemudian atas seluruh Israel.
- 1) Perbandingan dengan kisah-kisah paralel dalam 2 Samuel menunjukkan dengan jelas bahwa penulis Tawarikh melewati kebanyakan dari kesulitan yang dihadapi Daud, termasuk kegagalan moral pribadinya dan rasa malunya (pasal 2Sam 1:1-4:12; 11:1-21:22). Tidak mencantumkan hal-hal itu selaras dengan maksud ganda penulis kitab ini:
- (a) untuk menekankan peristiwa-peristiwa bersejarah yang penting bagi maksud Allah dalam sejarah penebusan, dan
- (b) untuk memberikan semangat kepada masyarakat pasca-pembuangan yang kecil hati yang hendak menetap kembali di tanah air mereka.
- 2) Maksud yang sama tercermin dalam fokus penulis pada pembangunan bait suci oleh Salomo, tetapi tidak mencantumkan kemurtadan dan penyembahan berhala Salomo sebagaimana dibahas dalam pasal 1Raj 11:1-43.
[11:1] 2 Full Life : BERKUMPULLAH SELURUH ISRAEL.
Nas : 1Taw 11:1
Tujuh tahun pertama dalam pemerintahan Daud sebagai raja di Hebron atas dua suku dianggap sudah diketahui tetapi tidak diuraikan. Kisahnya dimulai dengan Daud menjadi raja atas seluruh Israel.
[12:32] 3 Full Life : MEMPUNYAI PENGERTIAN TENTANG SAAT-SAAT YANG BAIK.
Nas : 1Taw 12:32
Menurut hikmat tertinggi Allah, Ia mempunyai musim dan saat untuk semua maksud-Nya dan untuk penggenapan semua janji-Nya (bd. Pengkh 3:1). Kita melihat ini dalam alam dan juga dalam kerajaan-Nya di mana ada saat-saat tertentu (Mazm 102:14) dan musim-musim perubahan (Yes 43:18-19) yang sangat penting bagi kesinambungan maksud penebusan-Nya.
- 1) Alkitab berkali-kali menyatakan bagaimana umat Allah berulang kali buta terhadap apa yang sedang atau akan dilakukan oleh-Nya. Israel secara keseluruhan buta dan tidak mengetahui ketika "sudah genap waktunya" dan Allah mengutus Anak-Nya menjadi Mesias mereka. Demikian pula, terlalu sering gereja tidak tahu atau tidak memahami kapan Allah sedang menggenapi aspek tertentu dari maksud-Nya.
- 2) Orang-orang Isakhar disebutkan secara khusus di dalam Alkitab karena, di antara kedua belas suku Israel, merekalah yang memahami saat-saat yang baik dan mengetahui apa yang sedang dilaksanakan Allah ketika menetapkan Daud atas takhta sebagai orang yang diurapi oleh-Nya. Memahami masa-masa dan musim-musim Allah adalah penting supaya bekerja sama dengan Allah dalam tindakan yang mempunyai maksud tertentu serta merangkul atau memelihara penglihatan yang diberi Allah pada masa-masa perubahan.
[5:19] 4 Full Life : BERTANYALAH DAUD KEPADA TUHAN.
Nas : 2Sam 5:19
Salah satu kekuatan Daud yang terbesar ialah keyakinannya yang teguh bahwa pertolongan dan bimbingan Allah merupakan hal yang mutlak perlu untuk berhasil dalam perang; jadi ia membiasakan dirinya untuk bertanya kepada Tuhan. Demikian pula, memenuhi maksud Allah bagi kehidupan kita akan bergantung pada perihal kita mencari bimbingan Allah melalui doa dan pimpinan Roh Kudus yang tinggal di dalam kita (bd. Rom 8:1-17).
[14:14] 5 Full Life : BERTANYALAH LAGI DAUD KEPADA ALLAH.
Nas : 1Taw 14:14
Daud tidak menganggap bahwa karena dahulu Allah menghendaki dia menyerang orang Filistin (ayat 1Taw 14:10), maka kali ini hal itu juga betul. Contoh Daud mengajar orang percaya bahwa kita tidak akan berhasil di dalam hidup ini jikalau kita tidak terus-menerus mencari kehendak, bimbingan, dan pertolongan Allah. Berseru kepada Allah untuk kasih karunia dan kehadiran-Nya secara khusus adalah suatu kebutuhan yang terus-menerus dalam kehidupan kita. Jikalau kita gagal untuk senantiasa berpaling kepada Allah memohon pertolongan-Nya, kita akan mengalami bahwa kita sendirian ketika menghadapi berbagai kesulitan dan tuntutan hidup ini, tanpa kehadiran Roh Kudus
(lihat cat. --> 2Sam 5:19).
[atau ref. 2Sam 5:19]
[5:6] 6 Full Life : YERUSALEM.
Nas : 2Sam 5:6
Daud merebut Yerusalem dan menjadikannya ibu kota Israel. Secara rohani, kota ini kemudian menjadi kota terkemuka di bumi, pusat kegiatan penebusan Allah bagi umat manusia. Yesus disalibkan dan dibangkitkan dari antara orang mati di Yerusalem, dan Roh Kudus dicurahkan atas para pengikut Yesus yang berkumpul di sana. Alkitab menyebut Yerusalem kota Allah (Mazm 46:5; 48:2; 87:3; Ibr 12:22; Wahy 3:12;
lihat art. KOTA YERUSALEM).
[11:5] 7 Full Life : KUBU PERTAHANAN SION.
Nas : 1Taw 11:5
Sion adalah salah satu bukit yang melandasi Yerusalem; dahulu merupakan kubu pertahanan suku Yebus sebelum direbut Daud (2Sam 5:6-9;
lihat art. KOTA YERUSALEM).
Bukit itu menjadi kudus ketika Daud membawa tabut perjanjian ke Sion. Kemudian, nama Sion dipakai untuk kota Yerusalem (2Raj 19:21; Mazm 48:1-14; Yes 1:8), kerajaan Yehuda (Yes 33:14; 34:8), dan sorga (Ibr 12:22; bd. Wahy 14:1).
[5:13] 8 Full Life : DAUD MENGAMBIL LAGI BEBERAPA GUNDIK DAN ISTERI.
Nas : 2Sam 5:13
Ayat ini menyatakan kelemahan sifat Daud yang paling serius -- keinginannya yang kuat akan perempuan (bd. 2Sam 3:1-5; 5:13).
- 1) Kegagalan Daud untuk menahan dan mengatasi keinginan sensualnya membuat dia melanggar perintah Allah dalam Ul 17:15-17 (yang melarang raja-raja Israel mempunyai banyak istri), bertindak kejam terhadap Mikhal dan suaminya (2Sam 3:15-16), melakukan zina dengan Batsyeba (2Sam 11:1-5) dan menyuruh membunuh suaminya Uria (2Sam 11:6-27).
- 2) Nafsu Daud akan perempuan menjadi sumber dosa, kesusahan, dan penderitaan keluarganya (2Sam 12:9-14; pasal 2Sam 13:1-18:33). Setelah berbuat dosa dengan Batsyeba Allah menimpakan hukuman dan bencana atas Daud selama sisa hidupnya (2Sam 12:10).
[14:2] 9 Full Life : OLEH KARENA ISRAEL UMAT-NYA.
Nas : 1Taw 14:2
Kerajaan Daud sangat dimuliakan, bukan demi dirinya sendiri, tetapi demi seluruh umat Allah. Daud harus menetapkan kedudukan Israel di dalam dunia supaya mereka dapat melayani Allah dalam kebenaran dan keadilan
(lihat cat. --> 2Sam 7:18).
[atau ref. 2Sam 7:18]
Di bawah perjanjian yang baru, Allah mungkin meninggikan seseorang, bukan demi orang itu sendiri, tetapi agar umat Allah dapat dibangun secara moral dan rohani.
[13:3] 10 Full Life : MEMINDAHKAN TABUT ALLAH KITA KE TEMPAT KITA.
Nas : 1Taw 13:3
Tabut perjanjian telah dirampas dan ditahan oleh orang Filistin selama tujuh bulan (1Sam 4:11; 6:1;
lihat cat. --> 1Sam 4:3;
lihat cat. --> 1Sam 4:21);
[atau ref. 1Sam 4:3,21]
tabut itu kemudian dikembalikan ke Israel dan disimpan di Kiryat-Yearim, 16 km dari Yerusalem (1Sam 7:2). Sepanjang masa pemerintahan Saul tabut itu diabaikan dan tetap tidak diperhatikan orang.
[6:7] 11 Full Life : MURKA TUHAN.
Nas : 2Sam 6:7
Allah membunuh Uza karena Daud dan imam besar tidak menugaskan orang-orang Lewi untuk mengangkat tabut perjanjian sesuai dengan perintah Allah (Bil 1:47-52).
- 1) Allah telah memerintahkan bahwa tak seorang pun boleh menyentuh tabut perjanjian, lambang kehadiran dan keagungan-Nya (Bil 4:15; bd. 1Taw 15:13-15). Tindakan Uza bersumber pada ketidaktahuannya akan firman Allah atau ketiadaan takut kepada Tuhan (bd. 1Taw 15:2).
- 2) Uza menjadi contoh dari aneka bahaya yang terkandung dalam hal mempunyai semangat untuk Allah tanpa pengetahuan mengenai firman dan cara-cara Allah. Rencana Daud untuk mengembalikan tabut itu ke Yerusalem, dan keinginan Uza untuk memegangnya ketika tabut itu bergoyang atas kereta, menunjukkan semangat untuk kerajaan Allah, namun pada saat yang sama menghasilkan sikap yang mengabaikan standar-standar firman Allah yang kudus. Kebodohan bukan merupakan alasan. Penyataan Allah yang terilhamkan mengungkapkan kehendak-Nya mengenai seluruh kehidupan dan harus ditaati oleh mereka yang mengakui Dia sebagai Tuhan (bd. Im 10:1-3; Yos 7:1-26; Kis 5:1-11).
[13:10] 12 Full Life : BANGKITLAH MURKA TUHAN TERHADAP UZA.
Nas : 1Taw 13:10
Uza dibunuh karena tindakannya bertentangan dengan perintah Allah (juga lih. 2Sam 6:1-8; bd. 1Taw 15:2,13,15; lih. Kel 25:12-15; Bil 4:15, di mana Allah sudah memberikan perintah-perintah khusus dalam hal menangani tabut perjanjian). Kisah ini mengajarkan bahwa menyembah dan melayani Allah harus sesuai dengan penyataan dan firman-Nya
(lihat cat. --> 2Sam 6:7).
[atau ref. 2Sam 6:7]
[13:14] 13 Full Life : MEMBERKATI KELUARGA OBED-EDOM.
Nas : 1Taw 13:14
Allah memberkati keluarga Obed-Edom karena niscaya ia menerima tabut perjanjian dengan penuh hormat dan ketaatan kepada Allah. Peristiwa yang mendatangkan kematian bagi seorang mendatangkan berkat bagi yang lainnya.