TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

1 Petrus 1:2-5

Konteks
1:2 yaitu orang-orang yang dipilih, g  sesuai dengan rencana h  Allah 1 , Bapa kita, dan yang dikuduskan oleh Roh 2 , i  supaya taat j  kepada Yesus Kristus dan menerima percikan darah-Nya. k  Kiranya kasih karunia dan damai sejahtera makin melimpah l  atas kamu.
Pengharapan, iman dan kasih
1:3 Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, m  yang karena rahmat-Nya n  yang besar telah melahirkan kita kembali 3  o  oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, p  kepada suatu hidup yang penuh pengharapan, q  1:4 untuk menerima suatu bagian r  yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat cemar dan yang tidak dapat layu, s  yang tersimpan di sorga bagi kamu. t  1:5 Yaitu kamu, yang dipelihara dalam kekuatan u  Allah karena imanmu 4  sementara kamu menantikan keselamatan v  yang telah tersedia untuk dinyatakan w  pada zaman akhir.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[1:2]  1 Full Life : RENCANA ALLAH.

Nas : 1Pet 1:2

Rencana ilahi (versi Inggris NIV -- "foreknowledge" -- pengetahuan dari semula) harus dimengerti sebagai kasih dan tujuan abadi Allah bagi umat-Nya, gereja

(lihat cat. --> Rom 8:29).

[atau ref. Rom 8:29]

"Yang dipilih" ialah himpunan orang percaya sejati, yang dipilih selaras dengan ketetapan Allah untuk menebus gereja-Nya dengan darah Yesus Kristus oleh karya pengudusan Roh Kudus

(lihat art. PEMILIHAN DAN PREDESTINASI).

Setiap orang percaya harus berpartisipasi dalam pemilihan mereka dengan bertekun menjadikan panggilan dan pemilihan mereka makin teguh

(lihat cat. --> 2Pet 1:5;

lihat cat. --> 2Pet 1:10).

[atau ref. 2Pet 1:5,10]

[1:2]  2 Full Life : YANG DIKUDUSKAN OLEH ROH.

Nas : 1Pet 1:2

Untuk pembahasan mengenai kehidupan pengudusan Kristen

lihat art. PENGUDUSAN.

[1:3]  3 Full Life : TELAH MELAHIRKAN KITA KEMBALI.

Nas : 1Pet 1:3

Lihat art. PEMBAHARUAN.

[1:5]  4 Full Life : DIPELIHARA DALAM KEKUATAN ALLAH KARENA IMANMU.

Nas : 1Pet 1:5

Ayat ini menyajikan tiga kebenaran mengenai jaminan orang percaya, sebuah berita yang relevan bagi pembaca surat ini karena banyak di antaranya sedang menderita penganiayaan yang hebat.

  1. 1) Orang percaya "dipelihara (versi Inggris NIV -- "dilindungi") dalam kekuatan Allah" terhadap semua kekuasaan kejahatan yang hendak menghancurkan kehidupan dan keselamatan mereka dalam Kristus (2Tim 4:18; Yud 1:1,24; bd. Rom 8:31-39).
  2. 2) Syarat penting yang diperlukan untuk memperoleh perlindungan Allah ini ialah "iman"

    (lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).

    Allah yang melindungi kita dengan kasih karunia-Nya tidaklah bekerja secara sewenang-wenang saja, karena hanya "karena iman" orang percaya dilindungi oleh kuasa Allah, seperti "karena iman" orang percaya itu selamat (Ef 2:8). Demikianlah, iman yang hidup di dalam Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat adalah tanggung jawab kita sekarang untuk memiliki perlindungan Allah (ayat 1Pet 1:9; Yoh 15:4,6; Kol 1:23; 2Tim 3:14-15; 4:7; Wahy 3:8,10).
  3. 3) Sasaran pokok perlindungan Allah oleh iman orang percaya adalah "keselamatan". Dalam hal ini keselamatan menunjuk kepada dimensi yang akan datang dari keselamatan (bd. Rom 1:16), yaitu memperoleh warisan di sorga (ayat 1Pet 1:4) dan "keselamatan jiwamu" (ayat 1Pet 1:9).



TIP #14: Gunakan Boks Temuan untuk melakukan penyelidikan lebih jauh terhadap kata dan ayat yang Anda cari. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA