TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

1 Raja-raja 21:17-29

Konteks
21:17 Tetapi datanglah firman TUHAN kepada Elia 1 , orang Tisbe itu, bunyinya: 21:18 "Bangunlah, pergilah menemui Ahab, raja Israel yang di Samaria. Ia telah pergi ke kebun anggur Nabot untuk mengambil kebun itu menjadi miliknya. 21:19 Katakanlah kepadanya, demikian: Beginilah firman TUHAN: Engkau telah membunuh serta merampas k  juga! Katakan pula kepadanya: Beginilah firman TUHAN: Di tempat anjing telah menjilat darah l  Nabot, di situ jugalah anjing m  akan menjilat darahmu 2 ." 21:20 Kata Ahab kepada Elia: "Sekarang engkau mendapat aku, hai musuhku? n " Jawabnya: "Memang sekarang aku mendapat engkau, karena engkau sudah memperbudak o  diri dengan melakukan apa yang jahat di mata TUHAN. 21:21 Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan malapetaka kepadamu, Aku akan menyapu engkau dan melenyapkan setiap orang laki-laki p  dari keluarga Ahab, baik yang tinggi maupun yang rendah kedudukannya q  di Israel. 21:22 Dan Aku akan memperlakukan keluargamu r  sama seperti keluarga Yerobeam bin Nebat dan seperti keluarga Baesa bin Ahia, oleh karena engkau menimbulkan sakit hati-Ku, dan oleh karena engkau mengakibatkan orang Israel berbuat dosa. s  21:23 Juga mengenai Izebel TUHAN telah berfirman: Anjing t  akan memakan Izebel di tembok luar Yizreel. 21:24 Siapa dari keluarga Ahab yang mati di kota akan dimakan anjing u  dan yang mati di padang akan dimakan burung di udara. v " 21:25 Sesungguhnya tidak pernah w  ada orang seperti Ahab yang memperbudak diri dengan melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, karena ia telah dibujuk oleh Izebel 3 , isterinya. 21:26 Bahkan ia telah berlaku sangat keji dengan mengikuti berhala-berhala, tepat seperti yang dilakukan oleh orang Amori x  yang telah dihalau TUHAN dari depan orang Israel. 21:27 Segera sesudah Ahab mendengar perkataan itu, ia mengoyakkan pakaiannya, mengenakan kain kabung pada tubuhnya dan berpuasa. Bahkan ia tidur dengan memakai kain kabung, y  dan berjalan dengan langkah lamban. z  21:28 Lalu datanglah firman TUHAN kepada Elia, orang Tisbe itu: 21:29 "Sudahkah kaulihat, bahwa Ahab merendahkan diri a  di hadapan-Ku? Oleh karena ia telah merendahkan diri di hadapan-Ku, maka Aku tidak akan mendatangkan malapetaka dalam zamannya; b  barulah dalam zaman anaknya Aku akan mendatangkan malapetaka atas keluarganya. c "
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[21:17]  1 Full Life : DATANGLAH FIRMAN TUHAN KEPADA ELIA.

Nas : 1Raj 21:17

Allah membenci ketidakadilan di kalangan umat-Nya. Karena kematian Nabot yang tidak bersalah, Elia bernubuat bahwa Ahab dan Izebel akan menderita (ayat 1Raj 21:17-29). Prinsip pembalasan dan keadilan Allah dilanjutkan ke zaman perjanjian yang baru. Misalnya, Paulus mengatakan bahwa "Barangsiapa berbuat kesalahan, ia akan menanggung kesalahannya itu, karena Tuhan tidak memandang orang"

(lihat cat. --> Kol 3:25).

[atau ref. Kol 3:25]

Umat Allah harus memperlakukan satu sama lain dengan adil, benar, dan penuh kemurahan (Mi 6:8; Kol 4:1; bd. Gal 6:7).

[21:19]  2 Full Life : ANJING AKAN MENJILAT DARAHMU.

Nas : 1Raj 21:19

Nubuat ini digenapi ketika Ahab terbunuh dalam pertempuran dan anjing-anjing menjilati darah hasil cucian kereta perangnya (1Raj 22:35,38). Putra-putra Ahab juga mati dengan kekerasan: Ahazia jatuh dari kisi-kisi kamar atasnya dan kemudian mati karena cedera itu (2Raj 1:2,17); Yoram terbunuh oleh Yehu dan tubuhnya dilemparkan ke kebun Nabot (2Raj 9:22-26). Istri Ahab, Izebel, juga mati dengan kekerasan (lih. 2Raj 9:30-37).

[21:25]  3 Full Life : IZEBEL.

Nas : 1Raj 21:25

Tujuan rencana istri Ahab yang jahat ialah menumbangkan penyembahan kepada Tuhan dan menggantikannya dengan Baal dari Tirus selaku dewa tertinggi Israel; rencana ini gagal. Namanya malah menjadi searti dengan kejahatan, sihir, pengkhianatan, dan penipuan rohani. Yohanes menggunakan nama Izebel untuk seorang nabi wanita palsu di jemaat Tiatira yang sedang menuntun umat Allah ke dalam kebejatan dan keduniawian

(lihat cat. --> Wahy 2:20).

[atau ref. Wahy 2:20]



TIP #16: Tampilan Pasal untuk mengeksplorasi pasal; Tampilan Ayat untuk menganalisa ayat; Multi Ayat/Kutipan untuk menampilkan daftar ayat. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA