17 Juni 2003

Harapan Orang Lanjut Usia

Topik : Usia

Nats : Janganlah membuang aku pada masa tuaku, janganlah meninggalkan aku apabila kekuatanku habis (Mazmur 71:9)
Bacaan : Mazmur 71:9-18

Bagai sebatang lilin putih di tempat suci, demikianlah keindahan wajah tua." Sebaris puisi karangan Joseph Campbell ini ditujukan bagi mereka yang selama hidupnya melayani Tuhan dan masih menghasilkan buah di masa tuanya.

Di balik wajah tua seseorang yang telah lama mengikuti Kristus pasti tersimpan kenangan dari sanak saudara dan teman-teman. Kerutan menyiratkan segala kesungguhan dalam berdoa, perhatian yang penuh kasih, dan karya yang berguna selama puluhan tahun. Keelokan yang dimiliki bukan lagi pesona fisik semasa muda, tetapi indahnya kesaksian dari hidup yang dijalani dengan baik.

Sebagai seorang perawat di sebuah panti wreda, istri saya melayani beberapa orang tua. Mereka adalah orang-orang istimewa. Misalnya, ada se-orang pria di sana yang setia memberi laporan cuaca setiap malam saat istri saya bekerja. Selain itu ada juga beberapa wanita di sana yang setia melayani Allah melalui doa.

Sayangnya, para orang tua ini tidak selalu dihargai. Orang-orang yang tidak berperasaan memaksa mereka hidup dalam keadaan yang menyedihkan. Seorang politikus mengatakan bahwa mereka sebaiknya "mati dan menyingkir". Sebagian yang lain menyebut mereka beban yang tak berguna. Sebagai pengikut Kristus, kita harus menolak pandangan ini dan mengubahnya. Kebanyakan dari orang-orang yang berharga ini merasa ditolak dan dibuang.

Mari kita memperhatikan dan mencintai mereka dalam nama Yesus. Allah dapat memakai kita untuk memberi dorongan kepada orang-orang yang berdoa, "Janganlah membuang aku pada masa tuaku" --Dave Branon



TIP #22: Untuk membuka tautan pada Boks Temuan di jendela baru, gunakan klik kanan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.01 detik
dipersembahkan oleh YLSA