12 Januari 2003

Memangkas Habis

Topik : Kerendahan Hati/Kebanggaan Diri

Nats : Aku berkata kepada setiap orang di antara kamu: Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi daripada yang patut kamu pikirkan (Roma 12:3)
Bacaan : Yakobus 4:1-12

Seorang pria yang terpilih dalam Parlemen Inggris memboyong seluruh keluarganya ke London. Ia merasa bangga sewaktu menceritakan tentang pekerjaan barunya dan membawa mereka berkeliling kota. Tatkala melewati Westminster Abbey, putrinya yang berusia 8 tahun terpesona dengan besarnya bangunan yang indah itu. Lalu sang ayah yang tengah berbangga diri itu bertanya, "Sayang, apa yang sedang kaupikirkan?" Putrinya menyahut, "Ayah, sebelumnya aku berpikir betapa besarnya Ayah di dalam rumah kita, tetapi ternyata kini aku melihat betapa kecilnya Ayah di sini!"

Tanpa disadari, gadis kecil ini telah mengatakan sesuatu yang perlu didengar sang ayah. Kesombongan dapat menyusup dengan begitu mudah dalam hidup kita, dan hal terbaik yang dapat dilakukan adalah "memangkas habis" sifat itu. Sebagai manusia kita perlu selalu diingatkan untuk tidak memikirkan hal-hal yang lebih tinggi daripada yang patut kita pikirkan (Roma 12:3). Memang mudah bagi kita untuk memegahkan diri tatkala berada dalam lingkungan hidup yang kecil. Namun tatkala kita masuk dalam situasi yang lebih besar, dengan tuntutan, tekanan, dan persaingan yang bertambah, kita akan sadar bahwa "ikan besar di kolam yang kecil" itu dengan cepat menjadi ikan kecil di tengah samudra yang besar.

Yakobus berkata, "Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati" (4:6). Maka dari itu, marilah kita memohon pertolongan Tuhan untuk melihat diri kita yang sesungguhnya. Dengan pertolongan-Nya, kita akan belajar membuang kecongkakan yang bodoh --Richard De Haan



TIP #08: Klik ikon untuk memisahkan teks alkitab dan catatan secara horisontal atau vertikal. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA