: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
5 Juni 2002

Kritik yang Baik

Topik : -

Nats : Kalaupun seorang kedapatan melakukan suatu pelanggaran, maka kamu yang rohani, harus memimpin orang itu ke jalan yang benar dalam roh lemah lembut (Galatia 6:1)
Bacaan : Galatia 6:1-5

Dave dan istrinya, Sue, ditanya tentang seni memberi kritik yang membangun. Sue berkata, "Saya pikir teladan Kristus dalam Yohanes 1:14 akan sangat menolong kita. Di dalam ayat itu digambarkan betapa Yesus adalah pribadi yang 'penuh kasih karunia dan kebenaran.' Saya pernah melihat seorang ibu dan anaknya. Jika wajah anaknya kotor, sang ibu tidak akan memarahi anaknya. Sebaliknya, ia melakukan suatu tindakan yang penuh kasih. Ia mengambil lap, membubuhkan sabun dan air, dan berkata, "Sayang, betapa kotor wajahmu! Ceritakan pada Ibu mengapa wajahmu sampai begini kotor.' Sambil menegur dan mendengarkan cerita anaknya, sang ibu terus membasuh wajah anaknya. Ketika saya harus bersikap jujur pada Dave, saya berusaha melakukannya dengan cara yang penuh kasih, seperti sang ibu yang mengambil kain lap tadi, sambil tetap berbicara jujur tentang kotoran yang melekat."

Dalam Galatia 6:1, Rasul Paulus menunjukkan sikap yang lembut dan penuh kasih, sebagai teladan bagi kita dalam memperlakukan sesama. Ketika kita hendak menegur kesalahan mereka, ingatlah betapa Kristus sendiri begitu lembut ketika menunjukkan kesalahan kita. Walaupun Yesus berduka saat kita gagal, Dia tak pernah bersikap sinis. Dia memang meminta pertanggungjawaban kita, tetapi Dia tetap mendukung kita dengan kasih-Nya. Teguran-Nya lembut tetapi tegas. Dia pun selalu cepat mengampuni.

Manakala kita perlu mengkritik, perlakukanlah orang lain sebagaimana Yesus memperlakukan kita -DJD



TIP #15: Gunakan tautan Nomor Strong untuk mempelajari teks asli Ibrani dan Yunani. [SEMUA]
dibuat dalam 0.04 detik
dipersembahkan oleh YLSA