2 Juli 2006

Awan dan Roh

Topik : Tuntunan/Pimpinan

Nats : Tuhan berjalan di depan mereka, pada siang hari dalam tiang awan untuk menuntun mereka di jalan (Keluaran 13:21)
Bacaan : Keluaran 13:17-22; 14:19,20

Tuhan memimpin anak-anak Israel dalam tiang awan pada siang hari dan tiang api pada malam hari (Keluaran 13:21)

Seorang ahli tafsir bernama Arthur Pink menarik persamaan yang signifikan antara awan [dalam bacaan hari ini] yang ada di tengah padang gurun dengan Roh Kudus yang ada dalam kehidupan orang kristiani.

Pink menunjukkan bahwa sama seperti awan itu menjadi anugerah yang luar biasa bagi umat Israel, maka demikian pula Roh Kudus menjadi suatu anugerah bagi anak Allah yang beriman kepada-Nya.

Yesus berkata, "Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain" (Yohanes 14:16). Tiang awan tersebut diberikan untuk memimpin umat Israel. Demikian juga Roh Kudus diberikan untuk memimpin orang kristiani. Yesus berkata, "Apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran" (16:13).

Bahkan sama halnya dengan awan yang tinggal bersama umat Israel di padang gurun, Yesus pun menjanjikan bahwa Bapa akan mengutus Roh, yang akan "menyertai" orang kristiani untuk selama-lamanya (14:16). Renungkan hal itu! Allah sendirilah yang tinggal di dalam hati kita. Kita yang mengenal Yesus Kristus sebagai Sang Juru Selamat dan Tuhan adalah bait Roh Kudus-Nya (1Korintus 6:19).

Apabila kita dipimpin oleh Roh Kudus, maka kehidupan kita akan bercirikan dengan kasih, sukacita, damai sejahtera, penguasaan diri (Galatia 5:16, 22,23). Kita pun akan menjadi saksi Kristus yang efektif pada saat berjalan melalui "padang gurun" dunia ini --RWD



TIP #21: Untuk mempelajari Sejarah/Latar Belakang kitab/pasal Alkitab, gunakan Boks Temuan pada Tampilan Alkitab. [SEMUA]
dibuat dalam 0.01 detik
dipersembahkan oleh YLSA