: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
22 November 2001

Hitung Kembali Jika Perlu

Topik : -

Nats : Abraham telah tua dan lanjut umurnya, serta diberkati TUHAN dalam segala hal (Kejadian 24:1)
Bacaan : Kejadian 24:1-7

Setelah berminggu-minggu melakukan penghitungan ulang, bertarung di pengadilan, dan terlibat kontroversi tentang surat-surat suara curang, akhirnya pemilihan presiden Amerika pada tahun 2000 diputuskan. Selama masa itu para politikus dan komedian mengalami masa kejayaannya. Bahkan setelah berdebat panjang mengenai penghitungan suara ulang di Florida, sebuah papan pengumuman sepanjang jalan tol Michigan mengingatkan para pengguna jalan tentang hari-hari pemilihan itu. Papan tersebut memuat pesan bijak berikut: "Hitung berkat-berkatmu. Hitunglah kembali jika perlu."

Dalam Kejadian 24:1, kita membaca bahwa "TUHAN memberkati Abraham dalam segala hal." Luar biasa! Riwayat hidup singkat Abraham selama 175 tahun (11:29-25:8) menyatakan berkat demi berkat yang terjalin melalui semua kesengsaraan, ujian, bahkan melalui kegagalan hidupnya. Ia menerima pimpinan (12:1), janji atas tanah pusaka (13:14-15), kekayaan besar (13:2), sukses dalam pertempuran (14:16), perjanjian kekal dari Allah untuk menjadi Allahnya (17:7), seorang ahli waris pada umurnya yang ke-100 (21:2), perlindungan untuk keluarganya (19:16; 20:2-8). Ini baru sebagian kecil. Masih banyak lagi yang terjadi. Setiap berkat tampaknya menambah satu kerangka untuk membentuk tiang iman yang kokoh.

Dengan melihat kembali tahun-tahun yang telah kita lalui, entah banyak atau sedikit, pasti kita akan melihat adanya perpaduan yang indah antara berkat, janji, dan rahmat yang memenuhi hidup kita, dengan berbagai ujian dan kejatuhan iman yang pernah kita alami. Jika kita tak bisa melihatnya, mungkin kita perlu menghitungnya kembali -DJD



TIP #08: Klik ikon untuk memisahkan teks alkitab dan catatan secara horisontal atau vertikal. [SEMUA]
dibuat dalam 0.04 detik
dipersembahkan oleh YLSA