: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
20 Agustus 2000

Pujian Bagi yang Berhak

Topik : -

Nats : Haruslah engkau ingat kepada Tuhan, Allahmu, sebab Dialah yang memberikan kepadamu kekuatan untuk memperoleh kekayaan (Ulangan 8:18)
Bacaan : Ulangan 8:1-18

Setiap hari Minggu, di berbagai gereja orang mengucapkan Doa Bapa Kami. Di dalamnya ada sebaris kalimat yang berbunyi: "Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya" (Matius 6:11). Lalu selama sisa pekan itu, kebanyakan orang bekerja dan mencari uang untuk membeli makanan. Diam-diam, mereka terkadang merasa seperti tokoh kartun yang tidak tahu berterima kasih, yang sebelum makan berdoa demikian, "Allah, kami membeli sendiri semuanya ini, jadi kami tak perlu berterima kasih kepada-Mu."

Betapa mudahnya memuji diri sendiri yang seolah telah mengusahakan hal-hal yang kita perlukan, sampai akhirnya kita jatuh tersungkur karena mengalami kekurangan. Dalam Ulangan 8:3, Tuhan mengingatkan bangsa Israel akan masa kelaparan yang mereka derita di padang gurun dan manna yang Dia berikan setiap hari agar mereka bertahan hidup. Melalui pemeliharaan-Nya yang menakjubkan ini Allah membuktikan bahwa Dialah sumber kehidupan dan pemelihara mereka. Dia ingin mereka ingat bahwa yang memampukan mereka untuk memperoleh kekayaan adalah kuasa Allah, bukan kekuatan mereka saja (ayat 17-18).

Penulis Os Guiness menganjurkan agar dalam membangun kehidupan rohani kita perlu membuat daftar tentang kebaikan Allah dan bersyukur kepada-Nya setiap hari atas sukacita yang tak terhitung jumlahnya. Hal ini dapat membantu kita untuk tidak bergantung pada kekuatan diri sendiri. Kemudian dengan tulus kita dapat berdoa kepada Bapa, "Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya." dengan iman yang teguh kepada-Nya --JEY



TIP #25: Tekan Tombol pada halaman Studi Kamus untuk melihat bahan lain berbahasa inggris. [SEMUA]
dibuat dalam 0.02 detik
dipersembahkan oleh YLSA