: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
2 November 1999

Perebutan Kekuasaan

Topik : -

Nats : Allah, Yang Mahatinggi, berkuasa atas kerajaan manusia dan mengangkat siapa yang dikehendaki-Nya untuk kedudukan itu (Daniel 5:21)
Bacaan : 1raja 1:15-31

Pimpinan dari suatu perusahaan di Michigan, mengalami stroke ringan, sehingga ia tak dapat menghabiskan banyak waktu di kantor. Ia tidak tahu bahwa salah seorang putranya, dengan bantuan dua wakil pimpinan, sedang bersiasat untuk mengambil alih perusahaan. Namun ia mengetahui rencana busuk mereka tepat pada waktunya sehingga ia tetap dapat memegang kendali.

Di beberapa tempat di dunia, perebutan kekuasaan mengakibatkan pembunuhan, kudeta berdarah, atau perang saudara. Setiap saat kita melihat perebutan dalam politik. Perebutan kekuasaan semacam itu juga terjadi di berbagai lingkungan masyarakat, keluarga, dan bahkan gereja.

Adonia mengerahkan kekuatan untuk merebut tampuk kepemimpinan di Israel (1Raja 1:5-10). Namun Allah mempunyai rencana lain. Batsyeba (istri Daud) dan Nabi Natan berhasil menghentikan kudeta tersebut (ayat 11-31), sehingga pemimpin yang ditunjuk Allah, yakni Salomo, menjadi raja (ayat 38-40; 2:12).

Kita harus ingat bahwa Allah berkuasa atas kerajaan-kerajaan dunia (Daniel 5:21). Dia yang mengangkat pemimpin-pemimpin, Dia pulalah yang menurunkan mereka dari kedudukannya, baik dalam kehidupan politik maupun dalam gereja. Kadangkala seorang pemimpin yang tidak benar perlu diganti, tetapi pilihan itu hanya boleh diambil setelah kita memikirkannya dengan cermat dan berdoa sungguh-sungguh mencari kehendak Allah. Kita harus menghormati Tuhan yang memerintah atas segalanya, bukannya menjadi bagian dari suatu gerakan yang memuaskan ambisi orang-orang yang haus kekuasaan --DCE


The Most High still rules over kingdoms of men,
He gives the control to whomever He will;
All people must bow to His sovereign plan,
And know that His purposes He will fulfill. --Hess



TIP #07: Klik ikon untuk mendengarkan pasal yang sedang Anda tampilkan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA