: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
5 Oktober 1999

Pergumulan dan Nyanyian Pujian

Topik : -

Nats : Hatiku bersorak-sorak karena penyelamatan-Mu (Mazmur 13:6)
Bacaan : Mazmur 13

William Cowper, seorang penyair sekaligus penulis himne atau nyanyian pujian asal Inggris dari abad ke-19, bergumul melawan penyakit depresi kambuhan sepanjang hidupnya. Mungkin karena itulah nyanyian pujian yang ditulisnya sampai sekarang masih selalu menyentuh hati kita, terutama saat kehidupan kita sedang bergolak dan kita berupaya keras untuk tetap beriman kepada Allah.

Salah satu himnenya yang paling terkenal, God Moves in A Mysterious Way (Allah Bekerja Dengan Cara yang Misterius), berisi kata-kata yang menguatkan: "Hai orang-orang kudus yang gentar, bangkitlah dengan semangat baru; Sehingga awan gelap yang menakutkanmu, Menjadi gumpalan belas kasihan yang sarat dengan berkat." Kita sering berpikir bahwa nyanyian kemenangan tentang iman selalu ditulis oleh orang-orang yang telah berhasil mengatasi pergumulannya. Namun, kitab Mazmur justru mengingatkan kita bahwa ratapan yang berkata "Berapa lama lagi, TUHAN, Kaulupakan aku terus menerus? Berapa lama lagi Kausembunyikan wajah-Mu terhadap aku?" kadangkala muncul bersamaan dengan ungkapan: "Hatiku bersorak-sorak karena penyelamatan-Mu. Aku mau menyanyi untuk TUHAN, karena Ia telah berbuat baik kepadaku" (Mazmur 13:2,6).

Dalam setiap pergumulan--mental, fisik, emosi, dan rohani--kita ditantang untuk beranjak dari kekuatiran yang mencekam kepada keyakinan bahwa Allah telah mengatasinya. Ini tidak mudah, tetapi Cowper selalu mendapati bahwa Allah lebih hebat dari yang ia bayangkan.

Adakah Anda menghadapi hari yang kelabu hari ini? Teguhkanlah hati Anda, pujian tertinggi Anda bagi Allah dapat dinyanyikan bahkan di hari-hari yang paling suram sekalipun --DCM



TIP #26: Perkuat kehidupan spiritual harian Anda dengan Bacaan Alkitab Harian. [SEMUA]
dibuat dalam 0.02 detik
dipersembahkan oleh YLSA