: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
15 Agustus 1999

Iman dan Perbuatan

Topik : -

Nats : Iman tanpa perbuatan adalah iman yang kosong (Yakobus 2:20)
Bacaan : Yakobus 2:14-20

Tak seorang pun dapat diselamatkan oleh perbuatan baiknya. Namun, Rasul Yakobus mengajarkan: iman tanpa perbuatan sia-sia (2:20). Sebagai gambaran, ia menjelaskan bahwa iman saja tak dapat memberi makan orang yang lapar. Hanya iman yang disertai perbuatanlah yang berguna (ayat 15-16).

Pesan ini benar-benar tepat! Banyak orang di dunia ini sakit perut karena kekurangan makanan, sementara sisanya sakit perut karena terlalu banyak makan.

Tragisnya, kita yang memiliki cukup makanan seringkali "sakit perut" karena makanan kita terlalu matang, terlalu keras, terlalu manis, terlalu dingin, atau terlalu lunak. Bahkan kita mengeluh tentang piring-piring yang menjadi kotor karena dipakai untuk makan. Sebuah puisi didalam salah satu buku resep saya, menunjukkan sikap yang sebaliknya. Dalam puisi itu Pauline Davis menulis: Terima kasih Tuhan untuk piring-piring kotor, karena di dalamnya tersimpan kisah. Sementara insan lain menahan lapar, kami dapat makan dengan nikmat. Dengan rumah, kesehatan, dan kebahagiaan, tak patut saya mengeluh. Dengan bukti sebanyak ini, sungguh betapa baiknya Allah kepada kami!

Ya, sudah seharusnya kita selalu bersyukur, karena ucapan syukur sangat penting bila kita ingin memiliki iman yang disertai perbuatan. Orang yang tak pernah mengucap syukur jarang mempedulikan apakah mereka memiliki iman yang disertai perbuatan atau tidak. Allah pasti rindu untuk membagikan berkat itu kepada yang lain.

Pastikanlah bahwa iman Anda berguna, tidak sia-sia. Dan jangan mengabaikan mereka yang membutuhkan, baik secara rohani maupun jasmani, di seluruh dunia--dan di setiap sudut jalan! --JEY



TIP #31: Tutup popup dengan arahkan mouse keluar dari popup. Tutup sticky dengan menekan ikon . [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA