: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
5 Juni 1999

Mengikuti Nasihat Amsal

Topik : -

Nats : Orang yang sabar besar pengertiannya (Amsal 14:29)
Bacaan : Amsal 14:12-19

Mula-mula saya melihat dari kaca spion bagaimana mobil tersebut berkelit di sela kepadatan lalu lintas. Mobil itu melintas dengan suara menderu-deru, memotong di depan mobil saya, menyalip dua mobil di sebelah kanan, kembali ke jalur kiri, menderu melewati dua truk, memotong tajam ke kanan, kemudian menghilang dari pandangan.

Saya merasa terdorong untuk mengejar mobil tersebut dan meneriaki pengemudinya. Bahkan saya sudah merancang apa yang akan saya katakan kepadanya.

Bagaimana seharusnya kita menghadapi pengemudi ugal-ugalan yang mengancam keselamatan kita? Apa yang harus kita lakukan saat seorang pelanggan yang menjengkelkan datang ke kantor dengan marah-marah dan menuntut dilayani secepatnya?

Para ahli menyarankan agar kita "memiliki ketenangan seperti seorang filsuf" dengan cara mengingat kembali kata-kata bijak yang dapat membantu kita untuk tetap sabar. Tetapi orang-orang percaya dalam Yesus Kristus mempunyai pilihan yang lebih baik. Kita dapat mengikuti "nasihat Amsal". Kita dapat menilik kitab Amsal yang berbicara tentang kebijaksanaan dalam menghadapi orang yang berperilaku bodoh. "Orang bijak berhati-hati dan menjauhi kejahatan, tetapi orang bebal melampiaskan nafsunya dan merasa aman" (14:16). "Orang yang sabar besar pengertiannya, tetapi siapa cepat marah membesarkan kebodohan" (ayat 29).

Suatu saat, bila Anda menjumpai orang yang menjengkelkan, mintalah agar Roh Kudus membantu Anda mengingat nasihat dalam Amsal. Ingat, "Siapa lekas naik darah, berlaku bodoh...tetapi orang yang bijak bermahkotakan pengetahuan" (ayat 17-18) --DCE


ADDITIONAL PROVERBS TO CONSIDER:
A man of understanding holds his peace (11:12)
A fool's wrath is known at once (12:16)
He who guards his mouth preserves his life (13:3)



TIP #19: Centang "Pencarian Tepat" pada Pencarian Universal untuk pencarian teks alkitab tanpa keluarga katanya. [SEMUA]
dibuat dalam 0.01 detik
dipersembahkan oleh YLSA