: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
9 Februari 1999

Lemah Lembut, Bukan Lemah

Topik : -

Nats : Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi (Matius 5:5)
Bacaan : Matius 5:1-10

Banyak orang menganggap bahwa kelemahlembutan sama artinya dengan kelemahan. Dalam dunia yang didominasi oleh siapa yang kuat--diktator yang kejam, pedagang obat terlarang yang tak berperasaan, penguasa hukum yang berpengaruh--tak seorang pun ingin menjadi orang lemah yang dimanfaatkan orang lain. Namun, inikah yang dimaksud dengan lemah lembut?

Ketika Yesus berkata, "Berbahagialah orang yang lemah lembut," Dia tidak meminta kita menerima hidup begitu saja atau pasrah terhadap perlakuan orang lain. Dia menasihati para pengikut-Nya supaya patuh kepada Allah dan menyerahkan kekuatan mereka di bawah pengendalian-Nya.

Meski ilustrasi berikut tidak sepenuhnya tepat, namun mungkin dapat menolong kita memahami kebenaran ini: Ada kerjasama yang mengagumkan antara seekor kuda yang kuat dan penunggangnya. Seekor hewan dengan ukuran dan kekuatan yang hebat, yakni tujuh atau delapan kali berat seorang pria, menyerahkan diri pada pengendalian tuannya. Seekor kuda dapat berpacu, melompat, berbelok, berjingkrak-jingkrak, atau berdiri tegak hanya dengan sedikit perintah dari si penunggang. Itulah kekuatan dengan kontrol yang sempurna. Dan, itu juga menjelaskan konsep kekristenan mengenai kelemahlembutan.

Saat kita berserah di bawah pengendalian Allah, berarti kita mengikuti teladan Yesus saat berada di dunia. Dia menyerahkan kuasa-Nya kepada kehendak Bapa (Yohanes 5:30; 6:38; Ibrani 10:9).

Ya, dalam kelemahlembutan terdapat kekuatan yang besar. Yaitu kuasa Roh Allah yang bekerja melalui kita saat kita berserah kepada-Nya --DCE


O Lord, control our willful hearts
And help us always see
That gracious, loving, gentle, kind
Is what we ought to be. --Sper



TIP #28: Arahkan mouse pada tautan catatan yang terdapat pada teks alkitab untuk melihat catatan ayat tersebut dalam popup. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA