: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
21 Februari 1998

Singkaplah Dosa

Topik : -

Nats : Janganlah turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan yang tidak berbuahkan apa-apa, tetapi sebaliknya telanjangilah perbuatan-perbuatan itu (Efesus 5:11)
Bacaan : Efesus 5:8-14

Seorang yang mengaku Kristen mengalami kecanduan pornografi. Ia datang kepada saya untuk meminta pertolongan, tetapi saat ia tahu bahwa saya tidak pernah bergumul dengan masalah tersebut ia berpikir bahwa saya tidak cukup mampu untuk menolongnya. Saya meyakinkannya bahwa saya tidak membutuhkan pengalaman langsung mengenai dosa untuk dapat mengalahkannya.

Saya minta ia membaca Efesus 5:8-21. Kemudian kami membahas "kebaikan, kebenaran dan kejujuran" dalam ayat 9 dan tanda-tanda dari kehidupan yang dipenuhi Roh Kudus seperti yang dijelaskan pada ayat 18-21. Tak lama kemudian, tamu saya berlutut mengakui dosanya dan meminta Allah untuk menyucikannya.

Pada ayat 11 Rasul Paulus berkata bahwa kita tidak boleh "mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan yang tidak berbuahkan apa-apa, tetapi sebaliknya telanjangilah perbuatan-perbuatan itu." Tetapi kemudian ia berkata bahwa ini adalah dosa yang "memalukan" untuk dibicarakan (ayat 12). Yudas bahkan memperingatkan bahwa untuk menolong orang lain keluar dari dosa kita dapat terperangkap di dalam dosa (Yudas 22-24).

Jadi, bagaimana kita menelanjangi dosa? Kita harus memusatkan perhatian pada Yesus sang "terang dunia" (Yohanes 8:12), dan meminta Dia memberikan kemampuan untuk "bercahaya di antara mereka" (Filipi 2:15).

Hanya dalam cahaya murni Kristus, kegelapan dosa ditelanjangi dan panggung akan disiapkan bagi pertobatan yang membawa pembebasan [HVL]


Lord, keep us from entanglements
That choke Your Spirit's work within,
So we can then reflect Your light
Into a world that's dark with sin. --Sper



TIP #31: Tutup popup dengan arahkan mouse keluar dari popup. Tutup sticky dengan menekan ikon . [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA