17 Oktober 2003

Gereja yang Kokoh

Topik : Kekuasaan / Kekuatan

Nats : Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya (Matius 16:18)
Bacaan : Matius 16:13-20

Seorang pemimpin sebuah jaringan pertokoan yang besar dan sukses membuat sebuah pernyataan mengejutkan tentang masa depan perusahaannya. Ia mengatakan bahwa seratus tahun dari sekarang, perusahaannya akan mengalami kemajuan yang begitu pesat atau justru akan mati.

Hal serupa terjadi pada setiap organisasi duniawi. Pemimpin datang dan pergi, selera konsumen berubah, metode produksi berkembang. Akibatnya, perusahaan-perusahaan harus berubah. Jika tidak, mereka tidak akan bertahan.

Menurut Yesus, gereja-Nya tidak akan mengalami hal yang demikian. Mungkin akan ada beberapa organisasi gereja yang berakhir, namun "alam maut" tidak akan pernah menang melawan gereja yang dibangun oleh Yesus. Saat Dia berkata "jemaat-Ku" (Matius 16:18), yang Dia maksudkan adalah semua orang percaya -- baik dahulu, sekarang, dan di masa yang akan datang. Paulus menyebut kelompok yang besar ini "tubuh Kristus" (1 Korintus 12:27).

Saat kita mempercayai Yesus, kita menjadi anggota tubuh-Nya, yaitu gereja. Dan saat Yesus menyebut "alam maut", Dia mengacu pada kematian, karena alam maut adalah tempat kediaman orang-orang yang telah meninggal dunia. Satu demi satu orang percaya mati dan berjalan melalui "gerbang-gerbang" itu, namun hal ini tidak mengubah ataupun memperkecil gereja. Mereka hanya bergabung dengan para pemenang di "Yerusalem surgawi" (Ibrani 12:22-24).

Terpujilah Allah, karena gereja tak dapat dihancurkan! --Herb Vander Lugt



TIP #18: Centang "Hanya dalam TB" pada Pencarian Universal untuk pencarian teks alkitab hanya dalam versi TB [SEMUA]
dibuat dalam 0.04 detik
dipersembahkan oleh YLSA