Mandi [haag]
Mandi.
~M di daerah Timur-Tengah kuno dipandang sebagai sebuah kejadian yang biasa terjadi. Orang mandi di sungai (2Raj 5:10), di sumber air (Im 15:13); di atas atap rumah (2Sam 11:2) atau di kebun (Dan 13:15). Tempat permandian umum baru timbul pada zaman Romawi (Yoh 5:2; --> Betesda). Pada waktu itu dikenal pula sumber-sumber penyembuhan seperti yang ada pada Laut Mati, pada kota Tiberias dan Gadara. Mengenai permandian rituil atau permandian kultis lihat --> Kumran; Tahir.
MANDI [browning]
Udara panas Palestina menyebabkan mandi perlu sering dilakukan. Dalam periode PB pemerintah Romawi membangun tempat-tempat pemandian umum. Menyediakan air bagi para tamu yang baru saja tiba untuk mencuci kaki mereka sudah merupakan kebiasaan lama (Hak. 19:21). Di *Samaria telah digali sebuah bak berbentuk oval untuk keperluan itu. Pembasuhan merupakan sarana upacara pembersihan (mis. *Harun dan anak-anaknya dalam Kel. 29:4) dan untuk pentahiran setelah sembuh dari sakit *kusta (mis. Im. 14:8-9), serta merupakan simbol kesucian moral yang sungguh-sungguh (mis. Yer. 4:14), atau kemenangan atas suatu pembalasan (mis. Mzm. 58:11).
MANDI [ensiklopedia]
(Ibrani rakhats, 'mencuci, menggosok', Yunani louo, nipto (dibedakan dlm Yoh 13:10). Panas dan debu di negeri-negeri Timur mengharuskan mandi untuk kesehatan dan kesegaran. Tentang putri Firaun mandi di S Nil (Kel 2:5) adalah biasa bagi bangsa yg imam-imamnya -- menurut Herodotus (2:27) -- mandi empat kah sehari. Seorang tuan rumah wajib memberikan air untuk mencuci kaki musafir yg baru saja datang (Kej 18:4; 19:2; 1 Sam 25:41; bnd Yoh 13:1-10). Batsyeba sedang mandi waktu Daud melihatnya pertama kali (2 Sam 11:2); kata-kata Naomi kepada Rut (Rut 3:3) memberi kesan bahwa orang harus mandi dulu sebelum menghadap atasannya; dan ada hunjukan yg samar-samar tentang mandi dalam 1 Raj 22:38.
Kebersihan badan memang dipentingkan berdasarkan perintah-perintah dalam hukum, dan kebanyakan hunjukan tentang mandi dalam Alkitab berhubungan dengan suatu upacara. Ada sebutan tentang mandi yg berhubungan dengan tujuan penyembuhan (2 Raj 5:14; bnd Yoh 9:11) tapi di sini harus didampingi kepercayaan.
Yosefus menyebut sumber air panas di Tiberias, Gadara, dll pada permulaan zaman Kristen (Ant., 17.171; 18.36), juga tempat permandian umum (19.336), tapi tidak ada bukti yg pasti tentang yg terakhir ini di Palestina sebelum zaman Yunani-Roma. JDD/RS/HAO