Daftar Isi
GAMBAR: Barabas Yesus Barabas
GREEK: 912 barabbav Barabbas
YOPPI: 912
BARCLAY: 912
HAAG: Barabas
KECIL: Barabas
BIOTOKOH PB: BARABAS
BROWNING: BARABAS
ENSIKLOPEDIA: BARABAS

Barabbas

Dalam versi-versi Alkitab:

Bar-Abba: SBDR
Bar-Abbas: BABA
Barabas: BIS ENDE FAYH KL1870 SBDR TB WBTCDR
Barabbas: KL1863 SBDR TL
Bar`aba: LDKDR
Bar`abakah: LDKDR
Yesus Barabas: TB
anak Abba atau bapak. Mar 15:7.

Gambar

Barabas: selebihnya..
Topik: Portraits of Barabbas
Yesus Barabas: selebihnya..
Topik: Portraits of Barabbas

Yunani

Strongs #912: barabbav Barabbas

Barabbas = "son of a father or master"

1) the captive robber whom the Jews begged Pilate to release
instead of Christ

912 Barabbas bar-ab-bas'

of Chaldee origin (1347 and 5); son of Abba; Bar-abbas, an Israelite: KJV -- Barabbas.
see HEBREW for 01347
see HEBREW for 05

[Yoppi]

Strongs #0912:

Barabas

[Barclay]

Strongs #912:

a [maskulin] Barabas

Barabas [haag]

Barabas. (Bhs. Aram: anak Bapa).

Seorang penjahat atau pengacau. Dalam rangka hari raya Paska, Pilatus menyuruh agar orang-orang Yahudi memilih untuk membebaskan dia atau Yesus (Mark 15:6:15a dsj; Yoh 18:39-40).

Barabas [kecil]

KS.- [PB] Mat 27:16-26; Mr 15:7-15; Luk 23:18; Yoh 18:40

BARABAS [biotokoh pb]

Disebut pertamaMat 27:16
Namanya disebut11 X
Kitab yang menyebutMatius, Markus, Lukas, Yohanes dan Kisah Para Rasul.
PekerjaanPenjahat .
Terakhir disebutKis 3:14
Fakta pentingKriminal ini dipilih oleh pemimpin-pemimpin Yahudi untuk dibebaskan menggantikan Yesus yang tak bersalah.
Ringkasan
  1. I. Barabas seorang narapidana.
    1. A. Seorang anarkis atau pemberontak; Mark 15:7 ; Luk 23:19
    2. B. Seorang pembunuh; Mark 15:7 ; Luk 23:19
    3. C. Seorang perampok Yoh 18:40
  2. II. Barabas seorang yang diampuni
    1. A. Panggilan oleh Pilatus, Mat 27:17,20-21.
    2. B. Ketidakadilan oleh Pilatus, Mat 27:26.

BARABAS [browning]

Kata Aram yang berarti 'anak (laki-laki) bapak'. Semua Injil menyebut Barabas sebagai seorang narapidana, yang ditahan oleh penguasa Romawi pada waktu pengadilan Yesus. Ia adalah seorang pemberontak nasionalis (Mrk. 15:7), namun kemudian dibebaskan. Injil-injil Markus dan Matius melaporkan adanya kebiasaan untuk membebaskan seorang tahanan pada hari *Paskah (Injil Yohanes menyebut hal ini sebagai adat Yahudi yang diterima *Pilatus, Yoh. 18:39), namun tidak ada bukti lain mengenai ketetapan seperti itu. Beberapa manuskrip Mat. 27:16 dyb. menyebutnya sebagai Yesus Barabas (seperti NRSV) -- karena itu, pertanyaan Pilatus adalah: Yesus yang manakah yang kamu kehendaki kubebaskan bagimu? Orang banyak menuntut *penyaliban Yesus, yang disebut *Mesias, dan membebaskan Barabas.

BARABAS [ensiklopedia]

Penjahat (Yoh 18:40) yg ditahan karena pemberontakan politik disertai pembunuhan (Mrk 15:7; Luk 23:18 dst). Ucapan Markus mungkin menunjuk pada suatu peristiwa terkenal, dan kata sifat 'terkenal' (Mat 27:16) memberi kesan bahwa ia pahlawan rakyat. Para imam mungkin memanfaatkan tuntutan pendukung Barabas (bnd Mrk 15:8) untuk membebaskannya, sewaktu imam-imam itu ditantang Pilatus memilih dibebaskan: Yesus atau Barabas (Mat 27:20; Mrk 15:11); dan Barabas sampai batas tertentu menjadi nara contoh yg memperoleh kebebasan mutlak dari hukuman, sebagai dampak guna dari penggantian penanggung atau pemikul hukuman.

Nama 'Barabas' berarti 'putra (bin) Aba'. Nama 'Yesus Barabas' yg terdapat dalam Mat 27:15-17, muncul dalam beberapa naskah. Origenes mencatat bahwa bacaan itu sudah 'lama' pada zamannya. Jika ini benar adalah nama lengkap Barabas, maka tawaran Pilatus: 'Yesus Barabas' ataukah 'Yesus Kristus' menjadi terasa lebih pedas. Tapi masih belum pasti bahwa demikianlah namanya.

Baik Mrk maupun Yoh memberi kesaksian tentang hak istimewa melepaskan seorang tawanan pada musim Paskah. Tapi mengenai hak istimewa itu, sumbernya di luar Alkitab belum kita punyai. Blinzer menghubungkan hak ini dengan Misynah Pesahim 8.6, yg berkata bahwa Domba Paskah dapat disembah 'demi seorang yg dijanjikan akan dikeluarkan dari penjara'.

KEPUSTAKAAN. Deissmann dalam G. K. A Bell dan A Deissmann, red: Mysterium Christi, hlm 12 dst (lawannya: M. J Lagrange, S Matthieu, hlm 520 dab); H. A Rigg, JBL 64, 1945, hlm 417 dst (roman dgn catatan); C. E. B Cranfield, St Mark, hlm 449 dst; J Blinzler, The Trial of Jesus, 1959, hlm 218 dst; F. F Bruce, New Testament History, 1971, hlm 203 dst. AFW/RS




TIP #07: Klik ikon untuk mendengarkan pasal yang sedang Anda tampilkan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.07 detik
dipersembahkan oleh YLSA