: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Jahzeiah | Jahzerah | Jahziel | Jair | Jairite | Jairus | Jakeh | Jakim | Jala | Jalam | Jalan
Daftar Isi
GAMBAR: Yairus
GREEK: 2383 Iaeirov Iaeiros Iairov Iairos
BARCLAY: 2383
KECIL: Yairus
TOKOH: Yairus
BIOTOKOH PB: YAIRUS
BROWNING: YAIRUS
ENSIKLOPEDIA: YAIRUS

Jairus

Dalam versi-versi Alkitab:

Jairoes: KL1863 KL1870
Jairus: ENDE
Ja`irus: LDKDR
Ya'ir: BABA
Yairus: BIS FAYH SBDR TB TL WBTCDR
kata Gerika untuk Yair. Mar 5:22.

Gambar

Yairus: selebihnya..
Topik: At the House of Jairus; Jairus Implores Christ's Help

Yunani

Strongs #2383: Iaeirov Iaeiros Iairov Iairos

Jairus = "whom God enlightens"

1) a ruler of a synagogue, probably near the western shore of the Sea
of Galilee

2383 Iaeiros ee-ah'-i-ros

of Hebrew origin (2971); Jairus (i.e. Jair), an Israelite: KJV -- Jairus.
see HEBREW for 02971

[Barclay]

Strongs #2383:

ou [maskulin] Yairus (Mrk 5.22; Luk 8.41)

Yairus [kecil]

KS.- [PB] Mr 5:22; Luk 8:41

Yairus [tokoh]

Yairus

Kepala rumah ibadat; anaknya dibangkitkan oleh Yesus (Mat 9:18-26; Mr 5:22-43; Luk 8:41-56).

YAIRUS [biotokoh pb]

Disebut pertamaMark 5:22
Namanya disebut2 X
Kitab yang menyebutMarkus dan Lukas
PekerjaanKepala rumah ibadat.
Terakhir disebutLuk 8:41
Fakta pentingAnak perempuannya yang sudah mati telah hidup kembali.
Ringkasan
  1. I. Penderitaan Yairus. Mark 5:22-24,35-43; Luk 8:41,42,49-56
    1. A. Keadaan anak perempuannya.
      1. 1. Yairus melapor kepada Yesus.
      2. Seorang kepala rumah ibadat, tersungkur di depan kaki Yesus di hadapan orang banyak: Mark 5:22-23a
      3. 2. Permohonannya kepada Yesus. Mark 5:23b
    2. B. Anak perempuannya mati.
      1. 1. Keadaannya bertambah buruk. Mark 5:35
      2. 2. Yesus berkata: "Jangan takut percaya saja" Mark 5:36
  2. II. Kekaguman Yairus.
  3. Anaknya telah dibangunkan dari kematian oleh Yesus. Luk 8:54-56.

YAIRUS [browning]

Pemimpin *sinagoga (Mrk. 5:22) di *Galilea (*Kapernaum?), Yang meminta Yesus untuk menyembuhkan anak perempuannya. Yesus berbuat lebih dari yang dimintanya; Ia membangkitkan anak itu, yang menurut orang-orang yang melihatnya, telah mati. Cerita mengenai *mukjizat ini disela dengan cerita mengenai penyembuhan seorang perempuan yang menderita pendarahan yang memalukan, yang telah menghabiskan seluruh hartanya untuk memperoleh penyembuhan yang tidak ada hasilnya itu (Luk. 8:43). Kedua mukjizat itu memiliki kesamaan, yaitu *karunia atas *iman kepada Yesus dan pernyataan eksplisit mengenai 'dua belas' -- usia gadis itu 12 tahun; perempuan itu telah menderita selama 12 tahun. Para pembaca Injil mungkin menangkap isyarat bahwa Yesus adalah Tuhan Gereja, Israel yang baru (Israel lama terdiri dari 12 suku); yang menawarkan pengharapan masa depan, yaitu kehidupan mereka yang setelah dibangkitkan.

YAIRUS [ensiklopedia]

Kepala rumah ibadat atau sinagoge, yg putrinya disembuhkan oleh Kristus (Mrk 5:21-43; Luk 8:41-56; bnd Mat 9:18-26). Mungkin nama itu berasal dari kata Ibrani ya'ir, 'Yahweh menerangi' (bnd Yair, Hak 10:3). Namanya disebut oleh Markus dan Lukas, tapi tidak oleh Matius. Tugasnya ialah memimpin ibadah di sinagoge, menentukan orang untuk memimpin doa, membaca Alkitab dan mengkhotbahkannya. Biasanya hanya ada satu orang arkhisunagogos pada tiap sinagoge (Matius menyebutnya arkhon, yg di sini artinya sama).

Yairus menjumpai Yesus sesudah Yesus menyeberangi Danau Galilea dari Dekapolis dan sampai dekat Kapernaum. Putrinya yg berumur 12 thn hampir mati, dan ia meminta Yesus datang menyembuhkannya. Di tengah jalan menuju rumah Yairus, Yesus menyembuhkan seorang ibu yg sakit pendarahan. Lalu tibalah pembawa berita bahwa putri Yairus sudah mati. Kebanyakan yg hadir di situ menganggap tidak perlu lagi menyusahkan Yesus. Dan dalam hati mereka mengejek mendengar pernyataan-Nya bahwa anak itu tidak mati, melainkan tidur. Sesudah semua orang disuruh pergi kecuali Petrus, Yakobus, Yohanes, Yairus dan istrinya, Yesus memegang tangan anak itu dan hidup kembali. Yesus menyuruh anak itu diberi makan, dan supaya peristiwa itu dirahasiakan.

Dari sudut sastra sangat menarik jika diperhatikan, betapa Matius menjalin cerita itu sedemikian rupa, sehingga memberi kesan anak itu sudah mati waktu Yairus mula-mula menjumpai Yesus. Dan perlu dicatat bahwa ungkapan Aram telita qum(i) tetap dipakai Markus. REN/MHS/HAO




TIP #20: Untuk penyelidikan lebih dalam, silakan baca artikel-artikel terkait melalui Tab Artikel. [SEMUA]
dibuat dalam 0.08 detik
dipersembahkan oleh YLSA