: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Uri | Uria | Uriah | Uriel | Urim | Urim dan Tumim | Urmia | Uruk | Uskup | Utai | Utama
Daftar Isi
HAAG: Urim Dan Tumim
KECIL: Urim dan Tumim
PEDOMAN: Urim dan Tumim
BROWNING: URIM DAN TUMIM
ENSIKLOPEDIA: URIM DAN TUMIM

Urim dan Tumim

( urim = "terang", tumim = "sempurna" ). Apakah benda-benda itu tidak diketahui orang, hanya dipakai hiasan dada imam besar, dimana ada batu-batu permata. Kel 28:15-30. Dalam Ula 33:8-9, dipakai sebagai lambang kemuliaan yang luar biasa dari orang Lewi. Jika andaikata tidak ada tanda bukti keimamatan itu, maka urim dan tumim itulah tetap memperlihatkan haknya, untuk bisa memohonkan sesuatu kepada Allah, dan jawaban diberikan berdasarkan adanya kedua perkara tersebut.

Urim Dan Tumim [haag]

Urim Dan Tumim. (Arti kata itu tidak jelas).

~UT adalah sebuah orakel undi. Lewat ~UT imam-imam (Ul 33:8) atau Imam Agung (Kel 28:30; Im 8:8; Bil 27:21) menanyai Allah. Kebanyakan para ekseget beranggapan, bahwa ~UT merupakan dua buah batang kecil (bdk.: Bil 17:17) atau dua buah batu kecil dengan bentuk yang sama. ~UT itu dibedakan lewat warna atau huruf yang digoreskan padanya, sehingga mereka dapat memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan alternatif (1Sam 14:41) atau membuang undi (Yos 7:13; Hak 20:18 dst. dll.). Pada saat-saat tertentu sama sekali tidak ada jawaban (1Sam 14:36-37). ~UT tidak digunakan lagi pada saat setelah kematian Daud, tetapi jelas sudah tidak dipakai sebelum pembuangan (Ezr 2:63; Neh 7:65).

Urim dan Tumim [kecil]

TB- Dua batu undian yang ada dalam tutup dada pernyataan keputusan pada baju efod --> 19947 yang dipakai imam (Kel 28:30). Dipergunakan untuk mencari tahu kehendak Allah (Bil 27:21; 1Sam 14:41; 28:6).

BIS- Dua benda kecil yang dipakai oleh imam-imam Israel untuk mengetahui kehendak Allah.

KS.- [PL] Kel 28:28-30; Im 8:8; Bil 27:21; Ul 33:8-10; 1Sam 14:41; 28:6; Ezr 2:63; Neh 7:65

Urim dan Tumim [pedoman]

  1. 1. Ditaruh pada tutup dada pernyataan keputusan yang dipakai oleh
  2. imam besar.
    Kel 28:30; Im 8:8
  3. 2. Tuhan Allah ditanya dengan memakai - .
  4. Bil 27:21
  5. 3. Contoh-contoh menanyai Tuhan dengan memakai - .
  6. Hak 1:1; 20:18,28; 1Sam 23:9-11; 30:7,8
  7. 4. Kadang-kadang tidak dijawab oleh - sebab dosa yang bertanya.
  8. 1Sam 28:6
  9. 5. Tidak ada dalam rumah Tuhan yang kedua.
  10. Ezr 2:63; Neh 7:65
  11. 6. Menggambarkan terang dan kesempurnaan Kristus, Imam Besar yang
  12. sebenarnya.
    Ul 33:8; Yoh 1:4,9,17; Kol 2:3

URIM DAN TUMIM [browning]

Suatu alat yang dipercaya oleh para pemimpin Israel dapat memberikan petunjuk ilahi (Ul. 33:8). Sejak masa pembuangan bangsa Israel, alat ini tidak dipergunakan lagi. Alat ini mungkin terdiri dari batu koral; mungkin dua batu (satu putih dan satu hitam) yang dibawa oleh imam dalam jubah mereka dan dilemparkan ke lantai untuk mendapatkan jawaban (1Sam. 14:41).

URIM DAN TUMIM [ensiklopedia]

Urim dan Tumim ditaruh pada tutup dada Imam Besar (Kel 28:30; Im 8:8), yaitu suatu kantong yg diikatkan pada baju efod, dan kadang-kadang baju efod dengan kantong ini, serentak disebut 'baju efod'. Melalui Urim dan Tumim imam dapat menerangkan kehendak Allah kepada pemimpin (Bil 27:21), maupun kepada umat (Ul 33:8, 10). Bil 27:21 menempatkan juga Urim dan Tumim menonjol dalam sejarah Israel. Sering dikemukakan bahwa Urim dan Tumim tidak disebut antara awal Zaman Kerajaan dan Zaman sesudah Pembuangan. Kehadiran para nabi agaknya membuat Urim dan Tumim tidak perlu lagi. Musa, yg memberi peraturan dalam Bil 27:21 untuk zaman yg segera menyusul sesudah kematiannya, menyerahkan pemimpin umat itu pada bimbingan Urim dan Tumim, dan tatkala zaman nubuat jelas sudah berlalu, para pemimpin umat mendambakan bentuk bimbingan ini diberlakukan kembali (Ezr 2:63; Neh 7:65).

Waktu Abyatar lari meninggalkan Daud, ia membawa efod di tangannya (1 Sam 23:6). Efod yg dimaksud di sini haruslah baju efod milik Imam Besar disertai tutup dada, tempat Urim dan Tumim terikat, sebab baju efod dari kain lenan yg biasa dipakai para imam, tidak perlu sebutan khusus seperti itu. Waktu Daud meminta bimbingan (1 Sam 23:9-12) ia mengajukan pertanyaan langsung guna memperoleh jawaban ya atau tidak. Hal ini mengisyaratkan bahwa peri Urim dan Tumim berbentuk undian, apakah dengan dituangkan dari kantongnya (bnd Ams 16:33) atau diambil oleh imam menurut cara tertentu. 1 Sam 14 agak serupa: bnd 1 Sam 14:3 dan 1 Sam 14:41 dengan 23:6, 9; perhatikan gelar Allah yg sama, 1 Sam 14:41; 23:10, yg mengisyaratkan rumusan biasa.

Naskah Ibrani dari 1 Sam 14:41 tidak jelas, dan jika kita memakai LXX, maka terbaca sbb: 'Jika kesalahan ini terdapat pada saya atau pada Yonatan anak saya, berikanlah kiranya Urim, dan jika pada umat-Mu Israel, berikanlah Tumim'. Andaikata bacaan itu betul, inilah cara khusus mengundi yg jelas sama dengan yg disebut tadi. Tapi manusia tak dapat memaksa Allah berbicara: 'Allah tidak menjawab dia dengan Urim' (1 Sam 28:6).

Bagaimanakah jalannya undian ini? Kel 28:30 yg menyatakan benda-benda itu ditaruh dalam kantong, menolak keterangan lama bahwa bila menjawab suatu pertanyaan, maka cahaya supra alami memancar dari mutiara tutup dada itu (Jos., Ant. 3. 8). Tapi ada saran yg masuk akal bahwa Urim dan Tumim itu adalah dua benda ceper: satu sisi dari keduanya disebut Urim, yg asal katanya 'arar, artinya 'mengutuk'. Jika dua-duanya menunjukkan sisi ini, maka jawabnya adalah negatif; sisi yang lain disebut Tumim, dari tamam, artinya 'sempurna', dan jika dua-duanya Tumim maka artinya adalah 'ya'. Jika yg muncul satu Urim dan satu lagi Tumim, maka itu berarti 'tidak ada jawaban'. Terjemahan Urim sebagai 'cahaya', dengan asal kata 'or, terang, tidak mempertentangkan Tumim secara tajam.

KEPUSTAKAAN. H. H Rowley, The Faith of Israel, 1956, hlm 28 dsb; VT, 12, 1962, hlm 164 dsb; S. R Driver, Notes... on Samuel, 1913, hlm 117; J. Mauchline, I II Samuel, 1971. JAM/MHS/HAO




TIP #17: Gunakan Pencarian Universal untuk mencari pasal, ayat, referensi, kata atau nomor strong. [SEMUA]
dibuat dalam 0.04 detik
dipersembahkan oleh YLSA