Daftar Isi
KECIL: Tubuh Kristus
BROWNING: TUBUH KRISTUS
ENSIKLOPEDIA: TUBUH KRISTUS

Tubuh Kristus

Tubuh Kristus [kecil]

TB- Sebutan untuk jemaat Yesus Kristus yang merupakan kesatuan. Dalam tubuh Kristus yang satu itu diam satu Roh (Ef 1:23; 4:4). Kristus adalah kepala tubuh-Nya (Kol 1:18).

TUBUH KRISTUS [browning]

Pada abad pertama ungkapan ini bukannya tidak dikenal, melainkan kata 'tubuh' tidak lazim digunakan untuk sekumpulan manusia, seperti dilakukan Paulus dalam frasanya yang penting, 'Kamu adalah tubuh Kristus' (mis. 1Kor. 12:27). Mungkin ia tertarik pada gagasan ini, karena kata-kata dalam *Ekaristi (Perjamuan Kudus). Kesatuan roti (yang disebut tubuh Kristus) yang dibagi bersama untuk seluruh *jemaat, tentu saja menjadi alasan pengenaan sebutan 'tubuh Kristus' kepada jemaat. Terdapat ketidaksepakatan mengenai penafsiran frasa tersebut -- apakah Gereja benar-benar tubuh Kristus, atau secara metaforis? Apakah Gereja merupakan peringatan tubuh Kristus? Ataukah dalam kenyataannya, dalam berbagai hal (namun secara kias, bukan secara harfiah), Gereja sama dengan lembaga, yang hidup, mati dan bangkit di Palestina? Seluruh kaum Protestan memilih penafsiran metaforis. Umat Katolik berpegang bahwa Gereja dipersatukan dengan Kristus secara sakramental dan mistis. Gereja adalah alat, yang dengannya Tuhan surgawi melanjutkan apa yang telah dimulai-Nya di dunia ini. Dia adalah kepala, dan Gereja adalah tubuh-Nya. Bagi kaum Protestan, Gereja sama sekali bukan perluasan *inkarnasi, bukan pula perluasan *penebusan Kristus, yang terjadi sekali untuk selamanya. Kepala dan tubuh dipisahkan satu sama lain. Kaum Protestan menunjukkan bahwa kesalahan besar telah dilakukan oleh para pejabat gerejawi, yang telah menyamakan keputusan mereka dengan keputusan Kristus sendiri. Sekalipun kepala dan tubuh dapat dipisahkan satu sama lain, tetapi toh saling membutuhkan. Paulus dalam perjalanan ke *Damsyik (Kis. 9:4) mendengar Yesus mendakwanya,'Saulus, Saulus, mengapakah engkau menganiaya Aku?' Yaitu, ketika Paulus menganiaya umat Kristen. Jadi, ada hubungan yang sangat erat antara Kristus dengan jemaat, dan di sini 'tubuh' lebih dari sekadar metafora. Kemungkinan kata 'tubuh' harus dijelaskan seperti gambaran pengantin perempuan dan pengantin laki-laki dalam Ef. 5. Keduanya saling membutuhkan, namun tidak identik.

TUBUH KRISTUS [ensiklopedia]

Ungkapan ini dalam PB digunakan dengan trimakna.1. Tubuh manusiawi dari Yesus Kristus. Ini ditekankan dalam PB oleh para penulisnya sebagai benar-benar riil menghadapi doketisme (menyangkal bahwa Yesus Kristus datang dalam daging adalah 'dari antikristus' 1 Yoh 4:2, 3). Realitas tubuh Kristus adalah bukti bahwa Ia benar-benar manusia sejati. Bahwa Sang Anak harus mengenakan tubuh manusiawi memang maha penting bagi keselamatan (bnd Ibr 2:14 dst) dan teristimewa bagi pendamaian (Ibr 10:20). Bahwa tubuh itu menjadi lain (bukan dilepaskan) pada kebangkitan-Nya adalah jaminan dan contoh dari kebangkitan tubuh orang percaya (1 Kor 15; Flp 3:21).

2. Roti perjamuan terakhir. Tentang ini Kristus berfirman, 'Inilah tubuh-Ku' (diceritakan dlm Mat 26; Mrk 14; Luk 22; 1 Kor 11; bnd 1 Kor 10:16). Kata-kata ini dalam sejarah ditafsirkan dalam dua arti: 'Itu melambangkan korban-Ku', dan 'Inilah Aku sendiri'.

3. Ungkapan yg persis dipakai Paulus dalam 1 Kor 10:16; 12:27 dan mengacu kepada sekelompok orang percaya -- bnd 'satu tubuh dalam Kristus' (Rm 12:5) dan 'tubuh' dalam ay-ay tentang suatu gereja atau Gereja, yaitu 1 Kor 10:17; 12:12; Ef 1:23 (tapi lih C. F. D Moule, Colossians, hlm 168); 2:16; 4:4, 12, 16, 23; Kol 1:18, 24; 2:19; 3:15. Perhatikanlah bahwa ungkapannya adalah 'tubuh Kristus', bukan 'dari orang-orang Kristen', dan mengandung arti dapat kelihatan, berjemaah dan eskatologis.

Istilah 'tubuh Kristus' dalam Surat-surat Kor dan Rm mendefinisikan kesatuan antar anggota jemaah; dalam Ef dan Kol seluruh gereja nampak, dan ia berbicara tentang Kristus sebagai Kepala dari tubuh.

Asal dari lukisan Paulus ini telah dicari di: (i) pengambilan bagian secara kelompok dalam roti perjamuan, menyatakan tubuh yg telah dipecah-pecahkan (demikian Rawlinson, Thornton); (ii) konsepsi-konsepsi Stoa (W. L Knox, T. W Manson); (iii) Kristus dianggap satu dengan orang Kristen (mis Kis 9:4-5; Kol 1:24).

Yg menjadi masalah dalam tafsiran ialah menentukan berapa besarnya unsur kiasan dalam ungkapan ini. Bila dinalar secara harfiah, maka gereja dapat dianggap kelanjutan dari inkarnasi; kalau kiasan, maka orang percaya diajar bahwa kesatuan gereja tergantung pada Kristus. Penjabaran gambaran ini dalam 1 Kor pada satu pihak, dan dalam Kol, Ef pada lain pihak nampaknya meniadakan kemungkinan bahwa gambaran ini tidak berarti kiasan.

KEPUSTAKAAN. Arndt; J. A. T Robinson, The Body, 1953; E Best, One Body in Christ, 1955; E Schweizer, TDNT 7, hlm 1067-1094; H. G Schutz, S Wibbing, J. A Motyer, NIDNTT 1, hlm 229-242. MRWF/S/HAO




TIP #35: Beritahu teman untuk menjadi rekan pelayanan dengan gunakan Alkitab SABDA™ di situs Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 0.06 detik
dipersembahkan oleh YLSA