: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Naton | Nayot | Nazar | Nazarene | Nazareth | Nazirite | Nea | Neah | Neapolis | Neariah | Nebai
Daftar Isi
ENSIKLOPEDIA: NAZAR

Nazirite

Dalam versi-versi Alkitab:

kenazirannya: TB
nazar: FAYH
nazir: TB TL
orang nazir: BIS TB TL
seorang nazir: BIS TB TL

NAZAR [ensiklopedia]

Istilah 'nazar' dalam pemikiran bangsa Sem mungkin berasal dari nama satu dewa. Kalau memang benar demikian, maka hal itu mengilustrasikan fakta pemakaian 'nazar' dalam Alkitab yg selalu menyebut nama Allah, dan memberikan tafsiran baru untuk bagian-bagian Alkitab seperti Yer 32:35: ay itu tidak berarti 'mengorbankan anak-anak kepada Molokh' seperti TBI, tapi 'mengorbankan anak-anak sebagai molekh, yaitu sebagai persembahan yg merupakan penggenapan suatu nazar. Mengenai Hak 11:30 dab, *YEFTA.

Nazar bisa berupa kehendak melaksanakan suatu tindakan (Kej 28:20) atau menjauhkan diri dari suatu tindakan (Mzm 132:2 dab) untuk memperoleh belas kasihan Allah (Bil 21:1-3), atau dalam hal menyatakan kegairahan atau penyerahan diri kepada Allah (Mzm 22:25). Bernazar atau tidak bernazar bukanlah dosa. Tapi bila suatu nazar dikaulkan -- biasanya nazar diucapkan dengan suara nyaring (Ul 23:23) -- ikatannya sama kudusnya dengan sumpah (Ul 23:21-23). Karena itu janganlah bernazar tanpa memikirkannya sungguh-sungguh (Ams 20:25); sebab orang yg bernazar, misalnya mengucapkan nazar hendak mempersembahkan sesuatu (Yos 8:35; Yer 33:18), dan kemudian bila tiba saatnya, maka dia bebas dari ikatan nazarnya tadi, hanya bila ia melaksanakan penyerahan persembahan itu (Pedersen). Melaksanakan tuntutan nazar itu adalah kebahagiaan bagi orang yg bernazar (Ayb 22: 27), dan demikianlah bentuk kebahagiaan Israel kelak (Nah 1:15). Namun mempersembahkan ternak yg cacat menggantikan ternak yg sudah dinazarkan adalah perbuatan dosa dan mendatangkan kutuk Allah (Mat 1:14).

Apa yg sudah menjadi milik Allah (mis anak sulung, buah bungaran, persepuluhan, Im 27:26), atau suatu kekejian bagi Allah (Ul 33:18), tidak boleh dinazarkan atau dikuduskan bagi Allah. Tapi karena anak sulung bisa ditebus (Im 27; Bil 3:44 dab), wajarlah kalau Hana menyerahkan Samuel kepada Yahweh sebagai pemenuhan nazar (1 Sam 1:11). Nazar itu sendiri pada dirinya tidaklah mengandung suatu apa pun (Mzm 51:16 dab) dan dapat diucapkan oleh pengkhianat (2 Sam 15:7 dab) atau seorang sundal yg berpura-pura saleh (Ams 7:14). Karena itu dalam PB nazar yg disebut 'korban' dari seorang yg sok saleh beragama dicela oleh Yesus (Mrk 7:11). Nazar (euche) Paulus dalam Kis 18:18 (bnd Kis 21:23) pastilah nazar yg bersifat sementara dari seorang nazir, cetusan hati yg sungguh dan tulus sesuai kepercayaan lama Ibrani (Kis 18:18; bnd 21:23).

KEPUSTAKAAN. A. R Johnson, Sacral Kingship in Ancient Israel, 1955, hlm 40 catatan; J Pedersen, Israel, Its Life and Culture, 4, 1959, hlm 265-266, 324-330. EEE/MHS/HAO




TIP #31: Tutup popup dengan arahkan mouse keluar dari popup. Tutup sticky dengan menekan ikon . [SEMUA]
dibuat dalam 0.11 detik
dipersembahkan oleh YLSA