Dalam versi-versi Alkitab:
Mikha: BIS FAYH TB TLMilkha: TL
Gambar
MIKHA (a) [biotokoh pl]
Arti nama | : | SIAPAKAH YANG SEPERTI ALLAH ? |
Disebut pertama | : | Hakim-hakim 17:1 |
Namanya disebut | : | 21 kali |
Kitab yang menyebut | : | 1 buku Hakim-hakim |
Terakhir disebut | : | Hakim-hakim 18:31 |
Fakta penting | : | IA MEMBUAT PATUNG DAN MENGUPAH SEORANG IMAM UNTUK MELAYANI (HAKIM-HAKIM 17:7-11). |
MIKHA (b) [biotokoh pl]
Arti nama | : | SIAPAKAH SEPERTI ALLAH ? |
Disebut pertama | : | Yeremia 26:18 |
Namanya disebut | : | 2 kali |
Kitab yang menyebut | : | 2 buku : Yeremia dan Mikha |
Pekerjaan | : | Nabi - Yeremia 26:18 |
Tempat kelahiran | : | Moresyet - Mikha 1:1 |
Terakhir disebut | : | Mikha 1:1 |
Fakta penting | : | IA MENUBUATKAN TEMPAT KELAHIRAN MESIAS DI BETLEHEM MIKHA 5:2, MATIUS 2:6). |
MIKHA (c) [biotokoh pl]
Arti nama | : | SIAPAKAH SEPERTI ALLAH ? |
Ayah | : | Imla - 1 Raja-raja 22:8 |
Disebut pertama | : | 1 Raja-raja 22:8 |
Namanya disebut | : | 18 kali |
Kitab yang menyebut | : | 2 buku : 1 Raja-raja dan 2 Tawarikh |
Terakhir disebut | : | 2 Tawarikh 18:27 |
Fakta penting | : | IA SEORANG NABI YANG TAKUT AKAN ALLAH DAN DIPENJARA, YANG MENGATAKAN BAHWA AKHAB AKAN MATI DI DALAM PENJARA (1 Raja-raja 22:19-27). |
MIKHA [ensiklopedia]
('siapakah seperti Yahweh'?). Nama Ibrani, nama umum, mempunyai berbagai ejaan. Di antara sekian banyak orang yg memakai nama ini, tiga paling terkenal.
1. Mikha orang Moresyet, sang nabi (*MIKHA, KITAB).
2. Mikha dari pegunungan Efraim, yg kisahnya diceritakan dalam Hak 17 dan 18. Maksudnya barangkali untuk menerangkan asal mulanya kuil yg ada di Dan dan secara sambilan menceritakan perpindahan suku Dan ke daerah milik pusaka mereka yg baru.
3. Mikha bin Yimla, seorang nabi di Israel pada zaman raja Ahab (1 Raj 22:4-28; 2 Taw 18:3-27). Tak ada yg kita ketahui tentang dia, selain percakapannya dengan raja Ahab. Tapi dapat disimpulkan bahwa dia sudah bernubuat sebelumnya, dan bahwa Ahab sudah tahu tentang nubuatnya yg tidak menyenangkan. Barangkali dia diambil dari tahanan untuk dibawa menghadap raja Ahab, dan mungkin ada benarnya tradisi Yosefus yg mengatakan, bahwa dialah nabi yg tak dikenal dalam 1 Raj 20:35-43. JBTr/MHS/HAO