Daftar Isi
GREEK: 3198 Melcisedek Melchisedek
HEBREW: 4442 qdu-yklm Malkiy-Tsedeq
BARCLAY: 3198
HAAG: Melkisedek
KECIL: Melkisedek
LAMBANG: Melkisedek
BROWNING: MELKISEDEK
ENSIKLOPEDIA: MELKISEDEK

Melkisedek

raja kebenaran. Kej 14:18; Ibr 5:6.

Yunani

Strongs #3198: Melcisedek Melchisedek

Melchizedek = "king of righteousness"

1) the king of Salem and priest of the most high God, who
lived in the days of Abraham

3198 Melchisedek mel-khis-ed-ek'

of Hebrew origin (4442); Melchisedek (i.e. Malkitsedek), a
patriarch:-Melchisedec.
see HEBREW for 04442

Ibrani

Strongs #04442: qdu-yklm Malkiy-Tsedeq

Melchizedek = "my king is Sedek"

1) king of Salem and priest of the Most High God to whom Abram paid
tithe after the battle he fought to free Lot; 'the order of
Melchizedek' the order of the priesthood to which Christ belongs

4442 Malkiy-Tsedeq mal-kee-tseh'-dek

from 4428 and 6664; king of right; Malki-Tsedek, an early
king in Palestine:-Melchizedek.
see HEBREW for 04428
see HEBREW for 06664

[Barclay]

Strongs #3198:

[maskulin] Melkisedek

Melkisedek [haag]

Melkisedek.

(Bhs. Ibr.: raja adalah [Dewa] Sedek atau [Dewa] Melek itu adil).

  1. (1) Di dalam PL disebutkan sebanyak dua kali. Menurut Kej 14:18 ia adalah seorang raja dari Salem (=Yerusalem) dan Imam dari --> El-Elyon (Allah yang tertinggi). Penampilan ~M dipakai untuk menghubungkan tradisi Abraham dengan Yerusalem dan untuk mendasari persembahan --> sepersepuluh hasil kepada imamat Yerusalem. Episode kurban ~M (roti dan anggur) barangkali adalah sebuah legenda ibadat dari bait kudus Yerusalem, yang dirubah menjadi tradisi Isr. pada zaman Daud. Mengenai para raja Isr. maupun semua raja di daerah Timur tengah, nampaknya mereka sekaligus dipandang menjadi imam pengganti imamat para Israel di Yerusalem. Hal itu nampak dalam teks yang kedua, yaitu ucapan Allah pada Mazm 110:4. --> Zadok.
  2. (2) Di dalam PB. Surat Ibr (Ibr 5:6,10; 6:20; 7:1-28 passim) mengartikan putusan Allah itu secara kristologis. Paralel antara Yesus - ~M ditarik sedemikian luasnya, sehingga ~M menjadi pralambang sempurna untuk Yesus. Dengan demikian dipandang telah terbukti keagungan imamat Yesus di atas imamat Lewi, sebab imamat mereka di dalam Abraham membayar sepersepuluh hasil kepada ~M.

Melkisedek [kecil]

TB- Seorang raja dari Salem (= Yerusalem). Namanya berarti "raja keadilan". Dialah imam Allah yang Mahatinggi, yang pernah memberkati Abraham (Kej 14:18-20). Raja Israel disebut "imam menurut peraturan Melkisedek" (Mazm 110:4). Gelar itu diterapkan kepada Yesus Kristus sehingga Ia menjadi Imam yang lebih tinggi dari pada Lewi atau Harun (Ibr 7:1-28).

KS.- [PL] Kej 14:18-20; Mazm 110:4
[PB] Ibr 5:6,10; 6:20; 7:1-11,15-17

Melkisedek [lambang]

Imam Besar yang kepadanya Abram memberikan persembahan. TIPE Kristus sebagai Imam Besar di atas semua imam besar lainnya. Lebih lengkapnya lihat Kitab Ibr ps 7. Kej 14:18; Mzm 110:4; Ibr 5:6, 10; 6:20; 7:1-21.

MELKISEDEK [browning]

Raja Salem (Yerusalem). Setelah *Abraham mengalahkan Kedorlaomer, ia disongsong oleh Melkisedek (Kej. 14:17 dst.), dan Abraham memberikan kepadanya sepersepuluh dari rampasan yang ia peroleh. Melkisedek yang digambarkan sebagai seorang 'Imam Allah yang Mahatinggi', yang membawa *roti dan *anggur, kemudian menjadi suatu model yang sangat berarti dalam tradisi Ibrani dan Kristen. Daud mewarisi dinasti Melkisedek (Mzm. 110:4) dan Kristus mewarisi warisan imam besarnya, yang melebihi keimaman Lewi (Ibr. 5:6 dst.; 6:19-7:28). Kira-kira sejak 100 M persembahan roti dan anggur dari Melkisedek dipandang sebagai pralambang *Ekaristi Kristen.

MELKISEDEK [ensiklopedia]

Ibrani malki-tsedeq, artinya'Sedek ialah raja (ku)' atau, seperti dalam Ibr 7:2 'raja kebenaran'. Dia raja Salem (mungkin kola Yerusalem) dan imam 'Allah Yg Mahatinggi' ('el 'elyon), yg menyongsong Abram sekembalinya dari perang melawan Kedorlaomer dan sekutu-sekutunya. Melkisedek memberi Abram roti dan anggur, memberkati dia dalam Nama Allah Yg Mahatinggi, dan menerima dari Abram sepersepuluh rampasan dari tangan musuh (lih Kej 14:18 dab). Kemudian Abram menolak tawaran raja Sodom, bahwa semua bagian rampasan perang itu menjadi milik Abram kecuali dari tawanan yg sudah dilepaskan, lalu bersumpah demi Allah Yg Mahatinggi bahwa tidak akan dibiarkannya satu orang pun membanggakan dini dengan berkata, bahwa dialah yg membuat Abram kaya (ay 22; di situ NM [=MT] menambahkan Yahweh di muka el 'elyon, dan dgn itu ditekankan bahwa kedua nama itu menunjuk kepada Allah yg sama). Peristiwa ini barangkali terjadi pada pertengahan Zaman Perunggu (*ABRAHAM). Nama Melkisedek mungkin bisa dibandingkan dengan nama raja Yerusalem di kemudian hari, yaitu Adoni-Zedek (Yos 10:1 dab).

Dalam Mzm 110:4 seorang raja keturunan Daud ditetapkan dengan sumpah Allah menjadi 'imam untuk selama-lamanya menurut Melkisedek'. Latar belakang penetapan ini terdapat dalam hal penaklukan Yerusalem oleh Daud kr thn 1000 sM, dan berdasarkan ini Daud dan keturunannya menjadi ahli waris atas jabatan imam raja dari Melkisedek. Raja yg ditetapkan dengan cara demikian disebut oleh Yesus dan orang-orang sezaman-Nya sebagai Mesias, anak Daud (Mrk 12:35). Jika Yesus ialah Mesias, anak Daud, Dia harus menjadi 'imam untuk selama-lamanya menurut Melkisedek'. Kesimpulan yg tak terelakkan ini diambil oleh penulis Ibr, yg mengembangkan temanya tentang keimaman Tuhan Yesus di sorga berdasarkan Mzm 110:4, dengan penjelasan dari Kej 14:18 dab; di situ Melkisedek tampil dan menghilang tiba-tiba tanpa keterangan tentang kelahirannya atau kematiannya, asal nenek moyangnya atau keturunannya, dalam suatu cara yg menjelaskan bahwa kedudukannya lebih tinggi dari Abram, dan tanpa disebut-sebut dari keimaman keturunan Harun sebagai keturunan Abram. Maka dengan itu ditetapkan bahwa keimaman Kristus lebih tinggi dari keimaman Lewi zaman PL (Ibr 5:6-11; 6:20-7:28).

Suatu naskah (yg robek) dari Gua 11 di Qumran (11 QMelch.) menggambarkan Melkisedek sebagai Hakim yg ditentukan Allah di pengadilan sorgawi, atas dasar Mzm 77 dab; 82:1 dab (bnd A. S van den Woude, 'Melchisedech als himmlische Erlosengestalt', OTS, 14, 1965, hlm 354 dst).

KEPUSTAKAAN. Tafsiran Kejadian, Mazmur, Ibrani; F. F Bruce, The Epistle to the Hebrews, NIC, 1964, hlm 94 dst, 133 dsb; H. H Rowley, Festschrift fur A Bertholet, (red. W Baumgartner dll) 1950, hlm 461 dst; A. R Johnson, Sacral Kingship in Ancient Israel, 1955; O Cullmann, The Christology of the NT, 1959, hlm 83 dst; J. A Fitzmyer, Essays on the Semitic Background of the NT, 1971, h(m 221-269; F. L Horton, The Melchizedek Tradition, 1976; B. A Demarest, A History of Interpretation of Hebrew 7:1-10 from the Reformation to the Present, 1976. FFB/MHS/HAO

[+] Bhs. Inggris



TIP #21: Untuk mempelajari Sejarah/Latar Belakang kitab/pasal Alkitab, gunakan Boks Temuan pada Tampilan Alkitab. [SEMUA]
dibuat dalam 0.04 detik
dipersembahkan oleh YLSA