Daftar Isi
HEBREW: 2674 rwux Chatsowr 2675 htdx rwux Chatsowr Chadattah
BROWNING: HAZOR
ENSIKLOPEDIA: HAZOR

Hazor

Dalam versi-versi Alkitab:

Hazor: BIS FAYH TB TL
puri (=rumah kepunyaan kaum bangsawan dalam abad pertengahan) Yos 11:1.
NETBible Maps:
Map1 D2
Map2 D3
Map3 A2
Map4 C1
OT2 C3
OT3 E1
OT4 C3
OT5 C3
Indo1 C3
Indo2 D2
Indo3 C2
Indo4 B3

Peta Google: Hazor (1) (33° 1´, 35° 34´); Hazor (2) (30° 41´, 34° 29´); Hazor (3) (31° 9´, 35° 3´); Hazor (4) (31° 49´, 35° 12´); Hazor-Hadata (31° 9´, 35° 3´);
OpenBible: (Flickr/Panoramio) Hazor (1)Hazor (4)

Ibrani

Strongs #02674: rwux Chatsowr

Hazor = "castle"

1) a royal city of northern Palestine allotted to Naphtali
2) one of the cities of Judah in the extreme south
3) a town north of Jerusalem in which the Benjamites resided after
the return from exile
4) a site in Arabia

2674 Chatsowr khaw-tsore'

a collective form of 2691; village; Chatsor, the name (thus simply) of two places in Palestine and of one in Arabia: KJV -- Hazor.
see HEBREW for 02691

Strongs #02675: htdx rwux Chatsowr Chadattah

Hazor-Hadattah = "new Hazor"

1) a city in the south of Judah; Jos 15:25

2675 Chatsowr Chadattah khaw-tsore' khad-at-taw'

from 2674 and a Aramaizing form of the feminine of 2319 (compare 2323); new Chatsor, a place in Palestine: KJV -- Hazor, Hadattah (as if two places).
see HEBREW for 02674
see HEBREW for 02323

HAZOR [browning]

Sebuah kota penting di sebelah utara Tasik *Galilea, yang dalam penggalian-penggalian arkheologis telah memberi informasi-informasi berharga. Menurut Kitab Yosua (11) dan Hakim-hakim (4) kota ini diambil alih oleh umat Israel. Oleh *Salomo diperkuat dengan benteng (1Raj. 9:15), namun pada abad ke-8 sM direbut oleh bangsa *Asyur (2Raj. 15:29).

HAZOR [ensiklopedia]

(Ibrani khatsor). Nama suatu tempat, mungkin artinya 'perkampungan', digunakan sebagai nama dari beberapa tempat dalam PL, dan yg terpenting di antaranya adalah sebuah kota yg dibentengi terletak di wilayah Naftali (Yos 19:36).

I. Dalam PL

Kota Hazor terletak di sebelah utara Palestina. Pada waktu ditaklukkan berada di bawah pemerintahan Yabin (disebut 'raja Hazor', melekh-khatsor, Yos 11:1) yg membentuk persekutuan untuk melawan Yosua. Orang Israel memenangkan peperangan ini. Yabin dibunuh, dan Hazor hancur dibakar (Yos 11:1-13; 12:19). Hazor adalah satu-satunya kota yg dibakar, karena mungkin pada waktu itu Hazor adalah kota paling utama (Yos 11:10). Tapi kemudian, dan kendati pemusnahan ini -- raja Hazor yg kemudian yg disebut 'raja Kanaan' (melekh-kena'an, Hak 4:2, 24) mengancam Israel pada zaman Debora. Meskipun panglima tentaranya, Sisera, mempunyai 900 kereta perang, namun Israel di bawah pimpinan Barak dapat mengalahkannya dan melenyapkan Yabin (Hak 4; 1 Sam 12:9). Sekitar 2 abad kemudian, bersama-sama dengan Yerusalem, Megido dan Gezer, Hazor diperkuat dengan benteng oleh Salomo dalan' rangka mengatur kerajaannya (1 Raj 9:15). Tapi pada abad 8 dalam zaman Pekah, raja Israel, Tiglat-Pileser III dari Asyur menghancurkan Hazor dan mengangkut sisa penduduknya ke pembuangan di Asyur (2 Raj 15:29).

II. Penggalian

Lokasi Hazor disinyalir oleh J. L Porter thn 1875. Pada thn 1926 Professor J Garstang mulai menyelidiki gundukan tanah Tell el-Qedah yg tak terurus lagi, kr 8 km di sebelah barat daya danau Huleh di Galilea. Dia mengadakan penggalian percobaan pada thn 1928, tapi penggalian utama yg pertama berlangsung dari thn 1955 s/d 1958 dan 1968 s/d 1969 oleh tim ekspedisi Israel dipimpin Dr Yigael Yadin. Tempat itu berada di lereng bukit menghadap ke timur laut, merupakan suatu kota yg luasnya kr 100.000 ml terletak di ujung selatan. Berhadapan dengan tempat ini di bagian utara ada permukiman yg cukup luas, kr 0,6 km2 dengan benteng terbuat dari tanah, di sebelah baratnya atau di atas bukit. Tempat utama didirikan pada milenium 3, sedangkan perluasan kota bagian bawah pada permulaan milenium 2, mungkin oleh Hyksos. Meskipun Garstang menganggap kota bagian bawah sebagai tangsi yg dikelilingi oleh pagar yg kuat dan tinggi terbuat dari tanah, dan digunakan untuk kuda dan kereta-kereta perang, tapi penggalian menyingkapkan bahwa seluruh tempat ini telah terisi dengan bangunan kota, yg pasti dapat menampung 40.000 jiwa.

Hunjukkan lebih lanjut mengenai pentingnya kota ini pada masa itu, terungkap oleh penemuan sebuah kendi yg terbuat dari tanah liat dengan goresan prasasti Akad (yg paling tua yg dikenal di Palestina). Meskipun dikerjakan secara kasar tapi prasasti tersebut masih dapat dibaca sebagai Isy-me-ilam, nama pribadi Akad, mungkin nama seorang saudagar Mesopotamia. Hanya sekitar 5 abad kota bagian bawah ini dihuni dan pada abad 13 dihancurkan, sesudah itu tidak pernah didiami lagi. Penghancuran ini dihubungkan dengan Yosua oleh para penggali tersebut. Di antara puing-puing kota yg telah dihancurkan itu, ditemukan sebuah tempat ibadah Kanaan dan kuil kecil. Sementara kota bagian bawah adalah tandus, pertapakan Hazor ditempati kembali oleh orang Kanaan dan kemudian oleh orang Israel. Tersingkapkan pula tembok dan pintu gerbang kota dari zaman Salomo, yg cocok sekali dengan penemuan di Megido dan Gezer (bnd 1 Raj 9:15). Bukti-bukti dari masa Israel yg kemudian, termasuk sebuah bangunan umum dengan tiang pada masa Ahab, sebuah benteng berisi lapisan abu yg tebal yg di dalamnya ada pecahan tempayan anggur yg memuat nama Pekah (pqkh), dan tanda-tanda kehancuran yg hebat lainnya mungkin berhubungan dengan Tiglat-Pileser III, yg merebut kota Hazor pada thn 732 sM (2 Raj 15:29).

III. Dalam naskah-naskah non-alkitabiah

Hazor pertama kali disebut dalam Naskah Kutukan Mesir abad 19 sM, sebagai kota Kanaan yg nampaknya berbahaya bagi kerajaan Mesir. Dalam arsip Mari, dari kuartal pertama milenium 2 kota itu muncul dan tertera sebagai ha-tsu-ra. Tidak berapa lama kemudian dalam naskah Babel Hazor disebut sebagai pusat politik yg penting pada jalur Mesopotamia, mungkin sampai ke Mesir. Dalam suatu tablet pemerintahnya disebut sebagai 'raja' (syarrum), sebutan yg biasanya tidak diterapkan kepada pemerintah kota (bnd Yos 11:1). Kedudukan Hazor sebagai penting dinyatakan lebih -- jauh dengan disebutnya utusan-utusan dari Babel yg datang mengunjunginya. Nama seorang rajanya disebut sebagai Ibni-Adad, suatu bentuk bh Akad yg memberi kesan adanya pengaruh Babel. Tapi Hazor punya hubungan juga dengan wilayah utara dan barat, seperti nyata dalam persembahan dari raja tersebut kepada Ugarit dan Crete (Kaptara). Hazor disebut dalam daftar-daftar daerah kerajaan yg dibuat oleh raja-raja Mesir, Tutmosis III, Amenhotep II, dan Seti I pada abad 15 dan 14 sM. Kemudian Hazor disebut dalam Surat-surat Amarna abad 14, dan pemerintahnya masih disebut sebagai raja (syar ha-zu-ra). Akhirnya pada abad berikutnya kota Hazor disebut dalam papirus Mesir (Anastasi I) dengan konteks militer. Jadi tulisan dan penggalian-penggalian tersebut menguatkan kesaksian Alkitab tentang pentingnya tempat Hazor itu.

IV. Tempat-tempat lainnya dengan nama yg sama

1. Sebuah tempat di sebelah selatan Yehuda (Yos 15:23), pertapakannya tidak diketahui.

2. (khatsor khadatta) 'Hazor baru' (Yos 15:25), sebuah tempat juga di sebelah selatan Yehuda dan pertapakannya juga tidak diketahui.

3. Nama lain dari Keriot-Hezron (Yos 15:25) di sebelah selatan Yehuda, pertapakannya tidak diketahui tapi mungkin sama dengan nomor (2).

4. Sebuah tempat di daerah bani Benyamin (Neh 11:33), mungkin Khirbet Hazzur modern.

5. Suatu daerah yg diduduki oleh suku-suku bangsa Arab yg hidup mengembara, yg disebut oleh Yeremia (Yer 49:28, 30, 33).

KEPUSTAKAAN. Y Yadin dll, Hazor 1, 1958, Hazor 2, 1960, Hazor 3-4, 1961; Y Yadin, Hazor (Kuliah Schweich, 1970), 1972; lih juga A Malamat, JBL, 79, 1960, hlm 12-19; EX Vogel, HUCA 42, 1971, hlm 35-36. TCM/JMP




TIP #07: Klik ikon untuk mendengarkan pasal yang sedang Anda tampilkan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.07 detik
dipersembahkan oleh YLSA