Daftar Isi
GAMBAR: Gad
BIOTOKOH PL: GAD
BROWNING: GAD
ENSIKLOPEDIA: GAD

Gadites

Dalam versi-versi Alkitab:

bani Gad: TB TL
Gad: BIS
orang Gad: TB TL
orang Gadi: TL
suku Gad: BIS FAYH TB TL

Gambar

Gad: selebihnya..
Topik: Portraits of Gad, Son of Jacob; Portraits of Gad, the Prophet

GAD [biotokoh pl]

Arti nama:KEBERUNTUNGAN, AHLI PERAMAL
Disebut pertama1 Samuel 22:5
Namanya disebut13 kali
Kitab yang menyebut4 buku : 1 Samuel, 2 Samuel, 1 Tawarikh, 2 Tawarikh
PekerjaanNabi - 1 Samuel 22:5
Terakhir disebut2 Tawarikh 29:25
Fakta pentingIA MELAYANI DAUD SELAMA WABAH OLEH MALAIKAT MAUT (1 Tawarikh 21)

GAD [browning]

Salah satu anak *Yakub yang dianggap sebagai leluhur suku Gad, yang mendiami wilayah sebelah timur Sungai *Yordan (Bil. 32:20-32). Mereka telah menikmati reputasinya sebagai prajurit (1Taw. 12:8, 14), tetapi tak dapat melepaskan diri dari tahanan Asyur pada 734 sM, ketika suku ini lenyap dari sejarah (1Taw 5:26). Dalam beberapa terjemahan Yes. 65:11 (mis.NRSV) 'Gad' dianggap sebagai dewa keberuntungan.

GAD [ensiklopedia]

('nasib baik').

1. Anak ke-7 dari Yakub, anak pertama dari Zilpa budak perempuan Lea (Kej 30:10, 11). Ketika Yakub dan keluarganya memasuki Mesir, Gad sendiri telah mempunyai 7 anak laki-laki (Kej 46:16); Yakub 'meramalkan' bahwa keturunan Gad akan menghadapi kehidupan yg penuh gangguan, tapi ia juga meramalkan bahwa mereka akan dapat mengatasinya (Kej 49:19). Gad muncul lagi dalam berkat-berkat Musa (Ul 33:20, 21).

2. Suku bangsa Israel keturunan Gad, dan daerah yg didudukinya. Suku ini pada masa Musa mempunyai 7 kaum (Bil 26:15-18), diperintah dan diwakili oleh satu orang yaitu Elyasaf (Bil 1:14; 2:14; 7:42; 10:20), dan menyediakan seorang pengintai untuk menyelidiki tanah Kanaan (Bil 13:15). Ketika Israel mencapai dataran-dataran Moab, suku-suku Ruben, Gad dan sebagian dari Manasye, mengusahakan izin menetap di Transyordan, yg mereka inginkan sebagai bagian mereka dari tanah perjanjian. Pada hemat mereka daerah Gilead cocok bagi kebutuhan hidup mereka. Musa menyetujuinya dengan syarat, mereka harus lebih dahulu membantu sesamanya Israel memperoleh permukiman di wilayah barat tanah Palestina (Bil 32). Setelah kesepakatan dicapai, suku Gad dan Ruben bersama-sama dan secepatnya memperbaiki kota-kota (termasuk Atarot) dan mengatur kawanan domba mereka untuk menunjang kebutuhan hidup keluarga mereka (Bil 32:34-38; bnd ay 26, 27). Itulah kesibukan mereka sementara menunggu komando menolong saudara-saudara mereka -- suatu janji yg mereka setia memegangnya (Yos 22:1-8).

Kemudian menyusul peristiwa Mezbah Kesaksian (Yos 22:9-34). Sebagai wilayah suku, maka Ruben dan Gad memperoleh Sihon, bekas kerajaan bangsa Amori. Ruben memperoleh daerah Aroer, letaknya di tepi S Amon, meluas ke garis batas di utara melintasi muara Yordan ke arah timur ke daerah Hesybon (Yos 13:15-23). Gad memperoleh wilayah di bagian utara garis ini, yakni seluruh wilayah selatan Gilead dari lembah Yordan ke arah timur, sejauh selatan ke utara wilayah atas S Yabok (berbatasan dgn Amon), dan secara umum di utara sejauh timur ke barat yg meliputi daerah di bagian bawah S Yabok, tapi dengan dua perluasan: pertama, seluruh lembah di sisi timur Yordan (dahulunya kepunyaan Sihon), di antara Laut Mati dan Laut Galilea (atau Kinerot), dan kedua, di seberang sudut timur laut Yabok, termasuk wilayah Mahanaim dan wilayah yg luas dan subur di tepian timur dari utara Gilead mengarah ke utara meliputi Jebel Kafkafa ke Ramot-Gilead yg letaknya strategis (Tell Ramith, modern), 32 km di utara Yerash (bnd Yos 13:24-28). Dari wilayah suku Gad, Hesybon dikecualikan dan ditetapkan sebagai kota orang Lewi (Yos 21:38, 39); akan tambah jelas membaca Yos 13:16, 17 di mana 'batas (daerah Ruben) adalah Aroer ... dan seluruh dataran di Medeba hingga Hesybon...' (perbaikan hanya menambahkan satu huruf, lokatif-h). Dibon dll adalah kota-kota yg letaknya di antara batas-batas ini, dan Hesybon mungkin adalah daerah kekuasaan paling selatan dari Gad.

Suku Gad pada masa Hakim-hakim ikut berperan menanggulangi kemelut yg dihadapi orang Israel yg bermukim di wilayah Transyordan (mis Hak 10-12). Pada masa Saul, bukit Gilead yg penuh pepohonan, direlakan oleh suku Gad menjadi tempat perlindungan (1 Sam 13:7), dan mereka menggabungkan diri dengan Daud sekalipun Daud dalam masa pelarian, dan mendukung pencalonan Daud menjadi raja (1 Taw 12:1, 8-15, 37, 38). Orang-orang Gad terus berperan dan menjadi orang-orang penting dalam urusan administrasi Daud (2 Sam 23:36; 24:5; 1 Taw 26:32). Di salah satu prasasti Moab, kr 840/830 sM, raja Mesha mencatat bahwa orang-orang Gad sudah lama mendiami negeri Atarot. Kemudian pada masa pemerintahan Yehu sebagai raja Israel, raja Hazael dari Damaskus menyerang dan menguasai seluruh Gilead, termasuk Gad (2 Raj 10:32, 33). Dalam abad 8 sM sampai diangkutnya orang Israel penghuni Transyordan ke pembuangan oleh Tiglat-Pileser III (2 Raj 15:29; 1 Taw 5:25, 26), suku Gad ternyata sudah bermukim sampai di arah timur laut memasuki Basan (1 Taw 5:11-17). Kemudian sekali lagi orang Amon menyerbu Gad (Yer 49:1-6). Menurut penglihatan Yehezkiel, pembagian daerah menjadi daerah suku, suku Gad ditentukan menempati daerah paling selatan (48:27-28). Lih D Baly, Geography of the Bible2, 1974, hlm 210 dst, 221 dst, 227-232.

3. Seorang nabi atau pelihat pada zaman Saul dan Daud; ia menasihati Daud untuk meninggalkan Moab dan pergi ke Yehuda (1 Sam 22:5). Di kemudian hari, Allah melalui Gad menawarkan kepada Daud satu pilihan dari antara tiga kemungkinan hukuman setelah Daud mengadakan sensus penduduk, dan kemudian menyuruh Daud membangun sebuah mezbah di tempat pengirikan milik Arauna (2 Sam 24:10 dst; 1 Taw 21). Gad membantu Daud dan Natan mengatur lagu-lagu untuk dibawakan di Bait Allah (2 Taw 29:25), dan menulis sejarah tentang pemerintahan Daud (1 Taw 29:29).

4. Suatu dewa yg disembah orang Kanaan sebagai dewa keberuntungan, yg kepadanya mereka 'menyajikan hidangan' (Yes 65:11). KAK/JMP




TIP #12: Klik ikon untuk membuka halaman teks alkitab saja. [SEMUA]
dibuat dalam 0.07 detik
dipersembahkan oleh YLSA